Cara Instan Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Ini bisa disebabkan oleh kondisi kulit seperti ketombe, alergi, atau karena kondisi rambut yang kotor.

oleh Ana Fauziyah diperbarui 01 Agu 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2018, 06:00 WIB
Kulit Kepala
Ilustrasi Foto Kulit Kepala (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kulit kepala yang gatal bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja. Ini bisa disebabkan oleh kondisi kulit seperti ketombe, alergi, atau karena kondisi rambut yang kotor. Kulit kepala yang gatal juga bisa disebabkan karena reaksi dari produk atau perubahan cuaca.

Jika kulit kepala Anda tiba-tiba meradang dan merah, berikut beberapa cara mengatasinya secara instan seperti dilansir dari Female Network, Sabtu (28/7/2018).

1. Ganti shampoo Anda

Kulit kepala seperti kulit di wajah Anda. Artinya, menggunakan sampo yang mengandung terlalu banyak pembersih sangat tidak dianjurkan. Jagalah kulit kepala Anda agar kelembabannya seimbang dengan memakai bahan-bahan yang berfungsi melembabkan seperti madu dan lidah buaya. Sampo yang mengandung bahan-bahan tersebut akan menyingkirkan sensasi gatal karena membantu melembabkan kulit kepala dan mengelupaskan sel-sel kulit mati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Cuci rambut dengan air dingin

Kulit Kepala
Ilustrasi Foto Kulit Kepala (iStockphoto)

                                                                                       Mencuci rambut dengan air dingin akan menghentikan rasa gatal dalam sekejap. Plus, cara ini akan membuat kulit kepala Anda terasa bersih.

3. Bilas dengan cuka

Cuka mempunyai sifat antibakteri dan antiperadangan sehingga mampu mencegah gatal di kulit kepala. Cuka juga bisa menghilangkan kotoran, minyak, dan serpihan kulit mati di kulit kepala Anda.

4. Pakailah masker rambut

Gunakan masker rambut yang tepat untuk mengelupas ketombe dan kotoran dari kulit kepala Anda.

 


5. Cobalah perawatan kulit kepala

Produk perawatan kuit mengandung bahan-bahan ampuh yang langsung masuk ke kulit kepala Anda dan membersihkannya dari bakteri atau kotoran. Pakailah produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya, peppermint, dan minyak pohon teh untuk mengurangi iritasi dan kemerahan.

6. Berikan minyak pohon teh

Minyak pohon teh tidak hanya digunakan untuk mengusir jerawat, namun juga bisa untuk mengatasi rasa gatal di kulit. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air, celupkan bola kapas ke dalamnya, dan dengan lembut aplikasikan pada kulit kepala Anda sebelum tidur. Formula lembut ini akan membantu mencegah kulit kepala terlalu kering yang bisa menyebabkan gatal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya