Area Payudara Kerap Gatal? Ini penyebabnya.

Apakah Anda pernah mengalami tiba-tiba area payudara yang terasa gatal? Ternyata ini penyebabnya.

oleh Karla Farhana diperbarui 20 Sep 2018, 08:23 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2018, 08:23 WIB
Payudara (iStock)
Ilustrasi payudara (iStockphoto)

Jakarta Pada tubuh perempuan ada beberapa area yang membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra. Salah satunya adalah payudara. Beberapa kejanggalan seperti timbulnya rasa sakit, nyeri, perubahan warna dan munculnya pembengkakan pada payudara bisa saja terjadi.

Semua tanda tersebut juga bisa saja mengindikasikan adanya infeksi atau juga timbulnya tumor dan kanker. Namun, rasa gatal juga kerap dirasakan banyak perempuan. Pada saat masih remaja, rasa gatal pada payudara konon katanya merupakan tanda kalau payudara akan tumbuh lebih besar di masa pubertas. 

Namun, apa artinya rasa gatal ini kalau terjadi setelah masa pubertas? Dilansir dari Health Line, rasa gatal pada payudara bisa saja menandakan banyak hal. Misalnya masalah kulit sepeerti ekzema, dermatitis, atau juga masalah lain.

Perempuan yang sedang hamil juga kerap merasakannya, karena payudara yang membengkak dan kulit sekitar meregang juga bisa menimbulkan rasa gatal.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi peringatan dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter apabila rasa gatal kerap hadir. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab payudara terasa gatal

Merawat Payudara
Ilustrasi Foto Merawat Payudara (Istockphoto)

Ada beberapa penyebab lain yang membuat payudara terasa gatal, selain gangguan kesehatan kulit. Seperti, iritasi lantaran bahan bra tidak menyerap keringat atau kasar. 

Self menulis, ada juga penyebab-penyebab yang harus menjadi warning bagi kesehatan payudara. Misalnya, infeksi jamur pada area bawah payudara yang disebabkan kulit lembap dan kotor. 

Atau pada kasus-kasus tertentu, meskipun jarang, juga bisa karena kanker. Inflamasi, Self menulis, yang terjadi lantaran kanker payudara yang agresif dan menjalar ke lapisan kulit bisa menimbulkan rasa gatal. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya