Deretan Makanan Pembakar Lemak untuk Turunkan Berat Badan (Bagian 1)

Ternyata, sederet makanan ini dapat membakar lemak dan dapat melancarkan tekad untuk menurunkan berat badan, makanan apa saja?

oleh Putu Elmira diperbarui 16 Jan 2019, 04:02 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2019, 04:02 WIB
Deretan Makanan Pembakar Lemak untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)
Ternyata, sederet makanan ini dapat membakar lemak dan dapat melancarkan tekad untuk menurunkan berat badan, makanan apa saja? (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan biasanya menjadi salah satu poin yang masuk dalam resolusi tahun baru banyak orang. Namun untuk mewujudkannya, ada ragam upaya yang harus dilakukan seperti olahraga dan juga diet ketat.

Mengatur pola dan porsi makan tentu tidak kalah penting dalam proses menurunkan berat badan. Di sisi lain, tahukah Anda ada makanan-makanan yang baik dalam membakar lemak.

Penasaran apa saja sederet makanan pembakar lemak tersebut? Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir laman Now To Love, Selasa, (15/1/2019) berikut ini.

1. Cabai

Pasti banyak pertanyaan mengapa cabai menjadi salah satu makanan pembakar lemak yang baik. Sensasi panas yang dirasakan usai mengonsumsi makanan pedas semuanya tergantung pada capsaicin, yakni komponen cabai yang memiliki sifat meningkatkan metabolisme.

2. Teh Hijau

Teh hijau hampir tak mengandung kalori dan mengandung banyak catechin atau katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, tidak heran teh hijau menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan berat badan ideal.

3. Yoghurt

Sebuah penelitian di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi yoghurt sebelum makan mungkin merupakan strategi yang layak untuk meningkatkan metabolisme pasca-makan.

4. Protein Whey

Whey sendiri merupakan cairan yang tertinggal selama prosses pengendapan pembuatan keju. Menambahkan sedikit protein whey pada smoothie dapat memengaruhi pelepasan hormon cholecystokinin yang mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang usai makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun
Ilustrasi minyak zaitun (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Minyak zaitu mengandung senyawa aromatik yang dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ini pula mencegah gula yang sering menyebabkan meningkatnya makan camilan.

6. Selai Kacang

Selai kacang relatif tinggi kalori, mentega kacang juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa selai kacang berperan dalam meningkatkan laju metabolisme Anda.

7. Ikan

Semua jenis ikan bagus untuk menurunkan berat badan. Sebut saja tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mematikan gen lemak perut.

8. Kunyit

Studi menunjukkan kunyit dapat membantu penurunan berat badan dengan menghalangi sel-sel lemak dari pembentukan dan pengembangan. Selain itu, kunyit bisa membuat sel-sel Anda lebih baik dalam metabolisme energi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya