Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Sangat Praktis dan Hemat

Untuk menghemat uang kamu bisa mengecat rambut sendiri di rumah.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 05 Mar 2019, 13:10 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2019, 13:10 WIB
Benarkah Cat Rambut Warna Gelap Bisa Picu Kanker Payudara?
Benarkah Cat Rambut Warna Gelap Bisa Picu Kanker Payudara?

Liputan6.com, Jakarta Mengubah penampilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Ya, warna rambut bisa membuat penampilan seseorang menjadi semakin terlihat menarik. Tak hanya memberikan tampilan yang baru, mewarnai rambut juga bisa menimbulkan perasaan lebih percaya diri dan menimbulkan mood yang lebih baik.

Nah, tempat yang pas untuk membantu kamu dalam mewarnai rambut adalah salon. Salon menjadi tempat yang pertama dituju ketika kamu ingin mewarnai rambut. Tempat ini dipilih karena kamu tidak ingin gagal dalam mewarnai rambut. Bahkan kamu rela membayar mahal agar mendapatkan hasil maksimal.

Sebenarnya kamu bisa mewarnai rambut lebih efektif dan tentu saja lebih murah jika mencobanya sendiri di rumah. Melalui langkah-langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon. Hanya saja kamu perlu memperhatiakn beberapa hal penting untuk mendapatkan warna rambut seperti yang kamu inginkan.

Nah, kali ini Liputan6.com, Selasa (5/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait hal yang perlu diperhatikan saat sebelum mewarnai rambut sendiri dan cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang bisa kamu coba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perhatikan Hal Ini Sebelum Mewarnai Rambut di Rumah

Ilustrasi Rambut
Ilustrasi rambut (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri. Telah dikutip dari Purewow, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri.

1. Pilih warna yang tepat

Kamu bisa menggunakan warna dengan 2 hingga 3 tingkat lebih terang atau lebih gelap. Hal ini akan membuat warna rambut kamu tetap cocok dengan warna kulit. Jadi jangan hanya mengikuti tren di media sosial, ya.

2. Mendapatkan warna rambut yang terang

Kalau kamu memilih warna yang terang, kamu perlu menggunakan 2 kotak cat rambut. Hal ini untuk memastikan semua helai tertutupi dengan sempurna.

3. Menjaga warna rambut

Tak jarang, mewarnai rambut cenderung mudah pudar dan membuat kamu jadi sering mewarnai kembali rambut. Agar tahan lama, ini ada beberapa triknya.

Saat kamu tidur, gunakan sarung bantal yang halus. Saat kamu mandi, gunakan shower cap dan jangan terlalu sering keramas, agar warnanya tidak cepat pudar. Untuk kegiatan luar ruangan, kamu bisa menutupi rambut dengan topi atau scarf.

4. Pertama kali mewarnai rambut sendiri

Hal yang perlu diperhatikan buat kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut sendiri adalah cara menyisir rambutnya. Jangan terlalu kasar ketika menyisir rambut, agar tidak merusak batang rambut.

Saat mulai mewarnai rambut, sebaiknya kamu menggunakan kain pelapis. Jadi saat baju kamu terkena cat rambut, kamu akan lebih mudah menggantinya. Selain itu, selama proses mewarnai rambut, lebih baik jepit rambut menjadi beberapa bagian. Sehingga kamu tahu bagian mana yang belum diwarnai.

 


Cara Mewarnai Rambut Sendiri

Perawatan Rambut
Ilustrasi perawatan rambut (via: boldsky.com.

1. Pilih produk cat rambut yang tepat

Cara mewarnai rambut pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mewarnainya sendiri adalah dengan memilih produk pewarna rambut yang tepat. Pilih produk dengan formula yang tidak mudah tumpah, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah saat dilakukan sendiri di rumah.

2. Siapkan perlengkapan

Selanjutnya, cara mewarnai rambut sendiri kamu perlu menyiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk mewarnai rambut sendiri. Mulai dari produk pewarna rambut pilihan, mangkuk non-logam sebagai wadah pewarna, brush atau sikat untuk mengaplikasikan pewarna rambut, beberapa jepit rambut, sarung tangan dan handuk yang dikenakan di bagian pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes. Jika peralatannya sudah lengkap, kamu bisa mulai melakukan ritual mewarnai rambut ini.

3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Teknik yang tepat sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi pewarna rambut agar lebih merata.

4. Cara mengaplikasikan cat rambut

Campurkan pewarna rambut dalam sebuah wadah dan gunakan brush khusus. Fokus pada satu bagian rambut dan mulailah proses aplikasinya hingga merata. Jangan lupakan bagian ujung rambut yang sering terlewatkan. Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarnaan lebih merata dan hasilnya maksimal.

5. Tips membersihkan pewarna rambut di pelipis

Mewarnai rambut sendiri di rumah bisa lebih praktis jika memilih produk pewarna rambut yang memiliki formula non drip. Jadi, tidak gampang menetes di pelipis. Ya, karena mewarnai rambut sendiri di rumah memang rentan berantakan.

Nah, kamu bisa mensiasati masalah ini dengan membersihkan sisa pewarna rambut di kulit dengan handuk yang diberi air hangat dan sabun cair. Usapkan dengan lembut di pelipis hingga sisa pewarna yang menempel hilang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya