Tinggal Seatap dengan Mertua, Ini Tips Hidup Damai dan Bahagia Tanpa Drama

Kesampingkan dulu tentang munculnya konflik dengan mertua dan ikuti empat hal ini.

oleh stella maris pada 31 Mei 2019, 00:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:41 WIB
Tinggal bersama mertua
Hidup bersama mertua tak selamanya horor.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan yang sudah menikah, idealnya hidup mandiri dan tinggal di rumah milik sendiri. Namun karena berbagai alasan, beberapa pasangan memutuskan untuk tinggal bersama orang tua.

Bagi mereka yang berstatus menantu, tinggal bersama mertua disebut-sebut bisa memicu masalah. Alasannya pun beragam, mulai dari perbedaan gaya hidup hingga pemikiran yang sering kali memicu konflik.

Tapi sekarang kesampingkan dulu tentang munculnya konflik dengan mertua. Pasalnya kamu bisa tinggal seatap dengan mertua dan hidup dengan damai dan bahagia tanpa drama. Yuk simak tipsnya berikut ini:

1. Tetapkan Batasan

Seatap dengan mertua menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan baru. Nah, ada baiknya sebelum memutuskan tinggal bersama mertua, pastikan kamu dan pasangan bicarakan tentang batasan yang berkaitan dengan aturan dasar berumah tangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Harmonis
Rumah tangga tetap bisa harmonis.

Misalnya, berbagi pekerjaan rumah seperti menyiapkan makanan, menyapu, atau mengepel. Jangan lupa, pastikan kamu dan pasangan juga membantu orangtua (mertua) dalam hal pengelolaan biaya rumah tangga, ya.

Batasan ini juga berlaku bagi kalian yang akan keluar rumah. Pastikan selalu meminta izin setiap kali keluar rumah. Hal ini akan membuat mertua merasa dihormati dan dihargai.

2. Privasi

 

Keluarga bahagia
Hidup damai dan bahagia tanpa drama.

Ruang Privasi adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan, loh. Pastikan kamu dan pasangan punya area yang tidak sembarang orang masuk, termasuk mertua atau keluarga sendiri, misalnya kamar tidur. Kalau pun mertua ingin masuk ke kamar, sampaikan agar mereka mengetuk pintu lebih dulu.

3. Hindari Berargumen

Mertua
Menghindari berargumen.

Hidup dengan orangtua tentu memiliki banyak kenangan dan kebiasaan lama. Tak heran bila pasanganmu bergelut dengan pola kebiasan sama, layaknya masih melajang. Namun jika terjadi perdebatan antara orangtua dengan pasangan, ada baiknya kamu tidak ikut campur. Jika terjadi konflik, lebih baik kamu menahan diri atau masuk ke kamar. Dengan demikian kamu akan lebih paham mengenai ritme berumah tangga dan hidup harmonis.

4. Bahagiakan Mertua

Setiap menantu pasti ingin membahagiakan mertua layakanya orangtuanya sendiri. Agar hidup nyaman dan hubungan tetap harmonis antara menantu dan mertua, kamu bisa membahagiakan mereka dengan memberikan hadiah tak terlupakan pada momen yang tepat. Mulai dari memberikan hadiah favoritnya hingga memanfaatkan momen Hari Raya Idulfitri yang sebentar lagi akan datang.

Hadiah untuk mertua
Membahagiakan orangtua dengan caramu sendiri.

Manfaatkan momen Hari Raya Idulfitri tahun ini dengan mempercantik rumah mertuamu. Seperti mengganti warna cat dinding rumah mertuamu untuk menciptakan suasana berbeda dan memberikan kesan 'baru' loh. Bingung memilih warna yang pasti disukai mertua? Nah di lebaran tahun ini Nippon Paint mengeluarkan trend warna Lebaran yaitu Hijau Bolu Pandan dengan kode warna Spring Vigor NP BGG 1681. Selain memberika nuansa segar, warna ini dapat menceriakan suasana rumah, khususnya saat berkumpul bersama keluarga saat Hari Raya Idulfitri. Ayo intip inspirasi warna Hijau Bolu Pandan  yang pastinya akan menjadi hadiah lebaran terkeren untuk mertuamu di sini.

Nippon Paint
Warna Hijau Bolu Pandan dari Nippon Paint menciptakan nuansa baru saat Idulfitri di rumah mertua.

Ayo ciptakan senyum bahagia mertua di Hari Raya Idulfitri. Pastikan hadiah istimewa yang kamu berikan dapat bermanfaat dan pastinya dapat membangun hubungan kamu dan mertua menjadi lebih akrab dan dekat, ya. Nah terkait hadiah istimewa untuk mertua di momen lebaran, kamu bisa menonton usaha dari Mas Kulin untuk membahagiakan mertuanya. Yuk nonton perjuangan Mas Kulin selengkapnya di sini!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya