Kemenparekraf Ungkap 3 Jenama Kecantikan Lokal Paling Bersinar 2021

Menurut Kemenparekraf, produk-produk dari jenama lokal banyak diminati karena menggunakan bahan alami.

oleh Henry diperbarui 22 Des 2021, 03:02 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 03:02 WIB
3 Produk Kecantikan Lokal yang Paling Banyak Dicari Konsumen Indonesia via Online
Ilustrasi kosmetik lokal. (dok. Tusik Only/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan sejumlah brand atau jenama kosmetik lokal untuk meluncurkan produk terbaru mereka. Hal itu mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Beberapa jenama kecantikan lokal sepanjang tahun ini meluncurkan berbagai macam produk, mulai dari foundation, lipstik, blush on, eye shadow, sampai lip tint.  Selain membuat kulit glowing, jenama-jenama tersebut menurut Kemenparekraf mampu bersinar pada 2021.

"Hal ini terlihat dari tingginya angka penjualan lokal, maupun sederet prestasi yang ditorehkan di dalam dan luar negeri," tulis akun Instagram resmi Kemenparekraf dalam unggahan pada 20 Desember 2021.

Produk-produk dari jenama lokal banyak diminati karena menggunakan bahan alami, bahkan sebagian berasal dari negeri kita sendiri. Selain itu, tersedianya variasi produk bagi bermacam permasalahan kulit juga bikin jatuh hati.

Ada tiga pilihan jenama kecantikan lokal yang jadi pilihan Kemenparekraf, yaitu Somethinc, Avoskin dan N'Pure. "Selain jenama yang disebutkan, tentunya masih banyak jenama-jenama lokal lain yang menemani kita. Nah, coba tulis jenama lokal perawatan wajah favorit #SobatParekraf di kolom komentar," tulis akun Kemenparekraf.

Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Ada yang pilihannya sama , ada juga yang menyebutkan jenama lain, bahkan jenama yang sudah sangat lama kiprahnya di dunia kecantikan.

"Wardah @wardahbeauty dari dulu tak tergantikan😍👏," komentar seorang warganet.  "@viva.cosmetics selalu dihati dan tidak mengecewakan, harganya pun sangat terjangkau min. 🔥❤️," timpal warganet lainnya.

"Mustika Ratu. Berbasis bahan alami Indonesia, warisan pusaka. Semoga penerus Ibu Mooryati Sudibyo bisa mengembangkan usaha beliau yang sudah dirintis dgn kesabaran, cinta dan dedikasi," tulis warganet lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajang Penghargaan

Kemenparekraf Ungkap 3 Jenama Kecantikan Lokal Paling Bersinar 2021
Kemenparekraf Ungkap 3 Jenama Kecantikan Lokal Paling Bersinar 2021. (dok.Instagram @kemenparekraf.ri/https://www.instagram.com/p/CXtCsLOJVd1/Henry)

Upaya lain untuk mendukung eksistensi jenama lokal ini adalah dengan penyelenggaraan ajang penghargaan dengan beragam keuntungan dan hadiah. Seperti yang digelar oleh Tokopedia melalui Tokopedia Beauty Awards 2021.

Sebelum mengumumkan pemenang pada Desemberini, ada dua periode voting oleh masyarakat, yakni Periode 1 mulai 25 Oktober--14 November 2021 dan Periode 2 mulai 15--30 November 2021.

Akhir tahun lalu, Sociolla selaku perusahaan beauty-tech juga mengumumkan 24 dari 120 produk kecantikan dan perawatan yang paling diminati sepanjang 2020. Hasil didapat melalui voting para pecinta produk kecantikan di ajang Sociolla Award 2020 yang dilakukan di sociolla.com pada periode 2 November--6 Desember 2020.

Dari 24 kategori yang tersedia, 12 di antaranya disabet oleh produk lokal. Hal tersebut mencerminkan bahwa kualitas label lokal tak kalah dari brand-brand asing yang berseliweran di pasaran Indonesia.  


Serum Terbaik

Produk Kosmetik
Ilustrasi Produk Kosmetik Credit: unsplash.com/Element5

Apa saja produk lokal yang digemari para konsumen Indonesia?  Kalau dipilah antara produk perawatan dan produk kecantikan, jumlah label lokal yang meraih predikat terbaik masih didominasi produk kecantikan.

Namun, hasil survei Sociolla hampir serupa dengan hasil analisis Tokopedia, yakni serum dan sejenisnya menjadi produk lokal yang paling diminati konsumen Indonesia. Untuk serum terbaik, misalnya, konsumen memilih produk keluaran ElsheSkin yang mengandung bahan aktif niacinamide, hyaluronic acid, gluconoactone, dan ektrak licorice.

Sementara, esens dan toner terbaik disabet produk keluaran label Avoskin. Selanjutnya, produk serum mata keluaran Lacoco didapuk menjadi produk perawatan mata terbaik versi konsumen.

Dari kategori produk kecantikan, label Dear Me Beauty menyabet dua kategori yakni pemulas bibir dan eyeliner terbaik. Sementara, ESQA menyabet eye-shadow dan blush on terbaik. Sedangkan, produk pensil alis terbaik, foundation, dan setting spray berturut-turut didapat oleh label Luxcrime, Makeup Forever, dan Studio Tropik.


5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya