Sandiaga Uno Promosi Paket Nonton MotoGP Mandalika 2022 Hanya Rp1,5 Juta, Warganet Minta Lebih

Apa yang membuat warganet belum puas dengan tawaran paket nonton MotoGP Mandalika 2022 yang diajukan Sandiaga Uno?

oleh Putu Elmira diperbarui 15 Mar 2022, 11:06 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2022, 09:09 WIB
Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Hadirnya MotoGP di Sirkuit Mandalika membuka peluang untuk Indonesia menjadi tuan rumah balapan internasional lainnya. Sebab, area Sirkuit Mandalika masih banyak spot yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas lainnya. (AFP/Bay Ismoyo)

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP Mandalika 2022 segera digelar pada 18--20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Promosi terus digencarkan untuk menyukseskan ajang kuda besi bertaraf dunia ini.

Salah satunya datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mengumumkan adanya paket nonton MotoGP Mandalika seharga Rp1,5 juta. Biaya tersebut dikatakan sudah termasuk akomodasi, transportasi, konsumsi, dan tiket MotoGP.

Kabar ini disampaikan Sandi melalui unggahan di akun Instagram pribadi pada Selasa (15/3/2022) sekaligus menandai akun Instagram Pesona Indonesia. Ia menyebut program ini diinisiasi atas kerja sama Sandiaga dengan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat.

"Harapannya, kebijakan ini jadi sinyal kebangkitan ekonomi, pemulihan usaha para pelaku parekraf di Gili Tramena, dan membuka lapangan kerja yang lebih luas," tulis Sandi dalam kolom keterangan.

Sandiaga melanjutkan, "Wah, mantep banget nih Sob, enggak perlu ribet mikirin akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama nonton MotoGP Mandalika nanti! Hayoo, siapa yang tertarik beli?"

Rincian paket hemat nonton MotoGP Mandalika ini terdiri atas penginapan Rp200 ribu--Rp350 ribu per malam di Gili Tramena. Biaya yang calon pengunjung dikeluarkan untuk akomodasi tersebut sudah termasuk sarapan.

Berlanjut dengan ongkos bus sebesar Rp20 ribu dan private boat Rp135 ribu per orang dan tiket MotoGP kisaran harga Rp115 ribu--Rp575 ribu (GA). Total kisaran harga paket ini bahkan kurang dari Rp1,5 juta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Tuntut Lebih

Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Sandi menyampaikan pernyataan terkait paket nonton MotoGP Mandalika tersebut pada unggahan selanjutnya. Ia mengungkapkan ini adalah bentuk kebijakan yang sangat tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat untuk penggemar MotoGP yang tengah mempersiapkan kunjungannya.

"Saya berharap program ini dapat menjadi sinyal kebangkitan ekonomi, memulihkan usaha para pelaku parekraf di Gili Tramena, dan membuka lapangan kerja yang luas," tambah Sandiaga.

Namun, warganet tetap belum puas dengan paket tersebut. Sejumlah akun mempermasalahkan harga tiket pesawat menuju Lombok yang selangit dan berharap ada penyesuaian harga.

"Liat harga 1.5jt udah tertarik.... Abis liat tiket pesawatnya... Ndak jadi😢 nonton di TV ... Endorse / subsidi tiket donk pak😂.... Pengen bgt nton langsung," komentar salah seorang warganet.

"Kalo 1.5 sudah sama tiket pesawat baru gas pak Mentri," imbuh yang lain.


Glamping Kelana

Opsi Akomodasi Wisatawan MotoGP 2022, Paket Glamping hingga Sarhunta di Gili Tramena
Opsi akomodasi wisatawan MotoGP 2022, dari paket glamping sampai sahurta di Gili Tramena. (dok. Kemenparekraf)

Opsi akomodasi wisatawan MotoGP Mandalika 2022 juga dihadirkan lewat Glamping Kelana. Glamorous camping itu berada di kawasan Mandalika, tepatnya di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu, 20 Februari 2022, tersedia dua paket yang ditawarkan Glamping Kelana, yakni paket pertama, tamu akan mendapat pengalaman menginap di tenda dan fasilitas lainnya dengan harga mulai Rp250 ribu.

Paket kedua, yaitu glamping yang meliputi sarana transportasi dari Bandara ke Glamping Kelana, penginapan, dan menikmati fasilitas yang ada dengan harga sekitar Rp600 ribu. Ini menjadi langkah alternatif dalam menghadapi melonjaknya permintaan dan antusiasme terhadap MotoGP Mandalika.

Lokasi glamping dilengkapi beragam fasilitas, sebut saja toilet portabel, musala, dan panggung mini yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan produk-produk ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar. Penempatan lokasi glamping sesuai dengan tren pariwisata di Indonesia pascapandemi Covid-19, yakni wisata berbasis alam menjadi pilihan utama bagi wisatawan.


Sarhunta Gili Trameno

Opsi Akomodasi Wisatawan MotoGP 2022, Paket Glamping hingga Sarhunta di Gili Tramena
Opsi akomodasi wisatawan MotoGP 2022, dari paket glamping sampai sahurta di Gili Tramena. (dok. Kemenparekraf)

Ada pula opsi akomodasi lainnya, yaitu 98 Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Gili Trameno, Nusa Tenggara Barat. Sahurta ini terdiri atas 19 unit di Gili Trawangan, 42 unit di Gili Meno, dan 38 unit di Gili Air dengan kisaran harganya Rp200 ribu--Rp350 ribu per malam, sudah termasuk sarapan.

Sandiaga berharap Sarhunta ini dapat menjadi sinyal kebangkitan ekonomi dan juga kepulihan pariwisata. Selain itu, upaya ini diharapkan mampu meningkatkan peluang usaha, lapangan kerja, penghasilan masyarakat, dan kesejahteraan warga Gili Tramena.


Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

Motogp
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya