Akankah Pangeran Harry Muncul di Balkon Istana Buckingham Saat Penobatan Raja Charles III?

Setelah spekulasi berminggu-minggu, Istana Buckingham mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan awal pekan ini. Pihaknya menyebut bahwa Pangeran Harry akan menghadiri penobatan ayahnya, tetapi Meghan Markle akan tetap di California bersama anak-anak mereka, Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

oleh Putu Elmira diperbarui 17 Apr 2023, 22:21 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 22:02 WIB
Pangeran Harry
Pangeran Harry, Duke of Sussex dari Inggris saat meninggalkan Royal Courts of Justice, Pengadilan Tinggi Inggris, di pusat kota London pada 28 Maret 2023. (DANIEL LEAL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III dan Permaisuri Camilla diperkirakan akan muncul di balkon Istana Buckingham setelah upacara penobatan pada 6 Mei 2023. Keduanya kemungkinan akan bergabung dengan anggota keluarga mereka, termasuk Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Dikutip dari Hello Magazine, Minggu (16/4/2023), setelah spekulasi berminggu-minggu, Istana Buckingham mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan awal pekan ini. Pihaknya menyebut bahwa Pangeran Harry akan menghadiri penobatan ayahnya, tetapi Meghan Markle akan tetap di California bersama anak-anak mereka, Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

Tidak diketahui apakah Pangeran Harry akan berperan pada hari itu atau apakah dia juga akan bergabung dengan keluarganya di balkon. Untuk Platinum Jubilee, mendiang Ratu mendikte bahwa hanya anggota keluarga kerajaan yang bekerja yang akan muncul di balkon terkenal, mengesampingkan Harry dan Meghan.

Setelah perayaan kontes, raja hanya ditemani oleh Charles dan Camilla, William, Kate, George, Charlotte dan Louis untuk penampilan balkon dadakan. Satu-satunya keluarga Sussex tampil di depan umum selama Platinum Jubilee, menghadiri Layanan Thanksgiving di Katedral St Paul.

Meskipun, kala itu Meghan Markle terlihat selama interaksi manis dengan Savannah dan Isla Phillips dan Mia dan Lena Tindall di Trooping the Colour. Perjalanan bersama terakhir Harry dan Meghan ke Inggris terjadi pada September ketika mereka menghadiri One Young World Summit di Manchester.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menerima Undangan Penobatan Raja Charles III

Meghan Markle dan Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry di One World Observatory pada 23 September 2021 di New York City. (ROY ROCHLIN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Namun, mereka memperpanjang kunjungan mereka setelah kematian nenek Duke, Ratu Elizabeth II. Pasangan itu bergabung dengan William dan Kate di jalan-jalan di Windsor untuk melihat bunga penghormatan, serta menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu.

Sejak mundur dari tugas kerajaan pada 2020, Duke dan Duchess of Sussex telah berbicara tentang kehidupan di balik tembok istana dan hubungan sulit mereka dengan pers. Harry telah berbagi perincian tentang hubungannya yang penuh dengan ayah dan kakak laki-lakinya dalam serial dokumenter Netflix pasangan itu dan memoarnya, Spare, yang diterbitkan pada Januari 2023.

Sebelumnya, pada 5 Maret 2023, The Sunday Times melaporkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle menerima undangan penobatan, meski keputusan mereka untuk hadir tidak diungkap. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara pasangan itu mengatakan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa Duke baru-baru ini menerima korespondensi email dari kantor Yang Mulia mengenai penobatan."

"Keputusan segera tentang apakah Duke dan Duchess akan hadir atau tidak akan diungkapkan oleh kami di kali ini," imbuhnya.

 


Kehadiran Pangeran Harry

Pangeran Harry dan Andrew Dilarang Pakai Seragam Militer dalam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II
Pangeran Harry mengenakan seragam militer di Westminter Abbey pada 7 November 2019. (dok.Tolga AKMEN / AFP)

Pada Februari 2023, sumber yang dekat dengan Harry dan Meghan memberi tahu People bahwa undangan ke acara bersejarah itu belum diperpanjang. Namun, orang dalam istana mengatakan bahwa pasangan itu akan diundang ke penobatan ayahnya.

Mengomentari penobatan dalam wawancara pada Januari 2023 dengan Tom Bradby dari ITV di memoarnya Spare, Harry berkata, "Ada banyak hal yang bisa terjadi antara sekarang dan nanti. Tapi, Anda tahu, pintu selalu terbuka. Bola ada di lapangan mereka. Banyak yang harus didiskusikan, dan saya sangat berharap mereka bersedia untuk duduk dan membicarakannya."

Menyusul kemeriahan seputar memoar Pangeran Harry, Raja Charles dikatakan sangat ingin situasi "tenang" saat penobatannya. Sebuah sumber yang dekat dengan rumah tangga kerajaan mengatakan, "Ini adalah kesempatan yang sangat penting bagi Charles, dan ia ingin putranya hadir di penobatan untuk menyaksikannya."

"Ia ingin Harry kembali ke keluarga. Jika mereka tidak menyelesaikan masalah ini, itu akan selalu jadi bagian dari pemerintahan Raja dan bagaimana ia telah meninggalkan keluarganya terputus-putus. Ia memiliki reputasi sebagai orangtua yang 'jauh,' dan akan sangat buruk baginya jika citra itu berlanjut," sambungnya.


Pangeran George Akan Ditugaskan Bawa Pedang Pelindung di Penobatan Raja Charles III

Pangeran George Akan Ditugaskan Bawa Pedang Pelindung di Penobatan Raja Charles III
Pangeran George berjalan di belakang Raja Charles III seusai kebaktian Natal di Sandringham, 25 Desember 2023. (dok. Daniel LEAL / AFP)

Terungkap peran spesifik Pangeran George di hari penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Putra sulung Pangeran William dan Kate Middleton itu akan membawa pedang upacara di hari penobatan yang menyimbolkan perlindungan bagi Charles dari segala potensi ancaman.

Dikutip dari Mirror, Jumat, 14 April 2023, sementara perencanaan prosesi penobatan terus didetailkan dan daftar tamu terus diperbarui, Pangeran George sudah dipastikan akan bertugas sebagai Page of Honour. Ia tidak akan bertugas sendirian, tetapi total ada empat Page of Honour yang bertugas membawa pedang sambil mengenakan mantel merah, celana putih, dan stoking. 

George akan menjadi yang termuda di rombongan pendamping Raja Charles. Tiga lainnya adalah anak-anak teman Raja Charles III, yakni Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache. George akan mengenakan pakaian yang sangat berbeda dari seragam sekolah regulernya dan cocok untuk menggambarkan posisinya sebagai pewaris takhta Inggris kedua.

Melansir The Sun, Rabu, 5 April 2023, Ratu Camilla juga akan didampingi empat Page of Honour dalam prosesi penobatan itu. Mereka adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya