Daftar 25 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia di 2023 Versi AirlineRatings.com, Ada dari Indonesia?

Nama maskapai terbaik dunia kembali dirilis. Kini, daftar maskapai terbaik dunia di 2023 versi lembaga pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com menyatakan ada 25 maskapai yang masuk dalam urutan.

oleh Putu Elmira diperbarui 01 Jun 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi pesawat Air New Zealand (AFP Photo)
Ilustrasi pesawat Air New Zealand (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Nama maskapai terbaik dunia kembali dirilis. Kini, daftar maskapai penerbangan terbaik dunia di 2023 versi lembaga pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com menyatakan ada 25 maskapai yang masuk dalam urutan.

Dikutip dari CNN, Rabu, 31 Mei 2023, maskapai yang berhasil menduduki puncak adalah Air New Zealand. Maskapai penerbangan yang berbasis di Selandia Baru ini mendapat ulasan baik dari sisi tempat tidur SkyNest AirNZ yang menarik.

Inovasi tersebut akan diluncurkan pada 2024 sebagai salah satu faktor utama yang menentukan tempat nomor satu. "Maskapai ini selalu berinovasi dan tidak puas melepas produk dan kursi yang sudah jadi, tetapi menjadi yang lebih baik,"kata Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com, kepada CNN Travel, memuji studio desain khusus Air New Zealand dan hasilnya.

"Fokus pada kesejahteraan dan kenyamanan wisatawan ekonomi inilah yang membuat para juri terkesan," lanjutnya. AirlineRatings.com juga memuji keselamatan operasional, kepemimpinan lingkungan, dan motivasi staf Air New Zealand.

Setelah beberapa tahun mengurangi perjalanan udara setelah pandemi Covid-19, para pelancong kembali mengudara pada 2022 ke kekacauan maskapai yang signifikan, yakni membatalkan penerbangan, kehilangan bagasi, dan staf yang kewalahan. Hasilnya, kata Thomas, adalah tahun yang "menarik", karena "sebagian besar maskapai penerbangan mengalami penurunan persetujuan penumpang karena industri berjuang untuk mengudara."

Juri masih belum tahu apakah tahun ini lanskap perjalanan udara akan lebih stabil. Menariknya, meski Air New Zealand menjadi yang teratas untuk 2023, Thomas mengatakan hasilnya mendekati lima besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Qantas hingga Etihad

Qantas
Qantas (Foto: AFP / PETER PARKS)

Qatar Airways, yang memuncaki peringkat AirlineRatings.com tahun lalu, berada di nomor dua tahun ini, juga memenangkan penghargaan Kelas Bisnis Terbaik, Katering Terbaik, dan Keunggulan dalam Perjalanan Jarak Jauh - Timur Tengah.

Etihad Airways dari Abu Dhabi menempati urutan ke-3 dalam daftar AirlineRatings.com pada 2023. Korean Air, yang juga memenangkan penghargaan Excellence in Long Haul Travel - North Asia berada di urutan keempat.

Singapore Airlines, dinobatkan sebagai yang teratas dalam penghargaan Best First Class dan Excellence in Long Haul Travel - penghargaan Asia Tenggara, menempati posisi kelima secara keseluruhan. Untuk menghasilkan peringkatnya, AirlineRatings.com memeriksa audit keamanan dan pemerintah utama, serta melihat usia armada maskapai, ulasan penumpang, profitabilitas, peringkat investasi, penawaran produk, dan hubungan staf.

Sayangnya, tak ada maskapai penerbangan berbendera Indonesai dalam daftar tahun ini. Sejak penghargaan diluncurkan pada 2014, Thomas mengatakan penilaian dan kategori telah berubah "untuk mencerminkan dinamika industri dan harapan pelanggan yang terus berubah."


Daftar Lengkap

Etihad Airways maskapai penerbangan nasional milik Uni Emirat Arab (AP)
Etihad Airways maskapai penerbangan nasional milik Uni Emirat Arab (AP)

Daftar 25 maskapai penerbangan terbaik di 2023 versi AirlineRatings.com:

  1. Air New Zealand
  2. Qatar Airways
  3. Etihad Airways
  4. Korean Air
  5. Singapore Airlines
  6. Qantas
  7. Virgin Australia/Virgin Atlantic
  8. EVA Air
  9. Cathay Pacific Airways
  10. Emirates
  11. Lufthansa / Swiss
  12. SAS
  13. TAP Portugal
  14. All Nippon Airways
  15. Delta Air Lines
  16. Air Canada
  17. British Airways
  18. Jet Blue
  19. JAL
  20. Vietnam Airlines
  21. Turkish Airlines
  22. Hawaiian
  23. KLM
  24. Alaska Airlines
  25. United Airlines.

Air New Zealand juga menjadi berita utama minggu ini karena alasan lain. Mulai sekarang hingga 2 Juli 2023, Otoritas Penerbangan Sipil Selandia Baru meminta maskapai penerbangan nasionalnya untuk menimbang penumpang yang berangkat dengan penerbangan internasional dari Bandara Internasional Auckland hingga 2 Juli 2023 yang dilakukan dalam rangka survei.

Program tersebut dijelaskan sebagai cara mengumpulkan data tentang beban berat dan distribusi pesawat, sebut maskapai penerbangan tersebut. "Kami menimbang semua yang ada di pesawat, mulai dari kargo hingga makanan di dalam pesawat, hingga bagasi," kata Alastair James, spesialis peningkatan kontrol muatan maskapai itu, dilansir dari CNN, Rabu, 31 Mei 2023.


Air New Zealand

Ilustrasi Air New Zealand
Ilustrasi Air New Zealand (Dok.Pixabay)

Ia menyambung, "Untuk pelanggan, kru, dan bagasi kabin, kami menggunakan bobot rata-rata, yang kami dapatkan dari melakukan survei ini."

Menggarisbawahi bahwa berat badan adalah hal pribadi yang tidak ingin diungkap semua orang, demi melindungi privasi individu, maskapai mengatakan telah membuat data anonim. Pelancong akan diminta berdiri di atas timbangan digital saat mereka check-in untuk penerbangan.

Informasi tentang berat badan mereka kemudian diserahkan ke data survei, tapi tidak dapat dilihat di layar agen. Mereka juga akan menempatkan barang bawaan penumpang pesawat pada timbangan lain untuk pengukuran terpisah.

"Kami tahu menginjak timbangan bisa jadi menakutkan. Kami ingin meyakinkan pelanggan kami bahwa tidak ada tampilan yang terlihat di mana pun. Tidak ada yang bisa melihat berat badan Anda, bahkan kami pun tidak," kata James lagi.

Ini bukan pertama kalinya Air NZ meminta penumpang menimbang berat badan mereka sebelum menaiki pesawat. Penumpang domestik mengikuti survei serupa pada 2021, tapi survei untuk pelancong internasional ditunda karena pandemi.

Di antara orang-orang yang mungkin diminta untuk ikut serta dalam survei ini adalah mereka yang bepergian dengan penerbangan langsung dari Auckland ke Bandara JFK Kota New York. Rute andalan 17 jam diluncurkan musim gugur lalu sebagai inti dari strategi pasca-pandemi Air NZ. Itu juga salah satu penerbangan terpanjang di dunia.

 

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya