Asal-usul Girlfriend Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Agustus

Hari apakah tanggal 1 Agustus? Hari tersebut diperingati sebagai Girlfriend Day yang tak cuma dijadikan sebagai hari untuk mengungkapkan kasih sayang pada kekasih, sebab istilah 'girlfriend' juga dimaknai sebagai teman perempuan.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Agu 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 14:00 WIB
Pengertian Hidup Rukun
Ilustrasi Persahabatan Credit: pexels.com/Priscilla

Liputan6.com, Jakarta - Hari apa tanggal 1 Agustus? Ternyata hari ini diperingati sebagai Girlfriend DayMasyarakat Indonesia mungkin tak familiar peringatan ini. Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, budaya memperingati Girlfriend Day populer di Amerika Serikat. 

Peringatan Girlfriend Day ini tak cuma dijadikan sebagai hari untuk mengungkapkan kasih sayang pada kekasih, sebab istilah 'girlfriend' juga dimaknai sebagai teman perempuan. Girlfriend Day tidak sama dengan Boyfriend Day. Peringatan Girlfriend Day secara umum ditujukan untuk mengajak seluruh wanita berkumpul dan merayakan ikatan persahabatan dengan semangat 'mendukung sesama perempuan'. 

Mengutip dari laman National Today, Selasa (1/8/2023), tak diketahui secara pasti siapa yang menciptakan Girlfriend Day setiap 1 Agustus. Menurut banyak klaim, peringatan itu berasal dari seorang perempuan bernama Mistress Susan.

Dia dikatakan membuat dan merayakan tanggal tersebut pada 2004 sebagai kesempatan bagi teman wanita untuk saling berterima kasih. Ucapan terima kasih tersebut tak terbatas hanya kepada sahabat wanita, tapi bagi wanita tercinta di sekeliling kita, baik itu kekasih, ibu, maupun adik dan kakak. 

Bagi para pria, momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengajak kekasih mereka pergi makan malam romantis, menonton film, atau ke spa kelas atas. Sementara itu, bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman perempuan, bisa diisi dengan merencanakan liburan bersama, menghabiskan waktu di salon dengan pedikur manikur, pergi berbelanja, atau menginap di rumah salah seorang teman.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gerakan yang Mirip Girldfriend Day

Ilustrasi sahabat, teman, curhat, kepercayaan
Ilustrasi sahabat, teman, curhat, kepercayaan. (Photo by Melissa Askew on Unsplash)

Sebelum Mistress Susan mempopulerkan Girlfriend Day pada 2004, ada begitu banyak gerakan serupa di Amerika. Salah satu yang terkenal Edinburgh Seven yaitu sekelompok teman wanita yang berjuang untuk menjadi wanita pertama yang bersekolah di sekolah kedokteran di Inggris pada 1860-an.

Meskipun belajar kedokteran di Universitas Edinburgh, mereka dilarang lulus dan menjadi dokter. Tekad mereka menempatkan hak-hak perempuan dalam agenda nasional dan menghasilkan undang-undang pada 1876 yang memungkinkan perempuan belajar kedokteran di universitas. Edinburgh Seven telah membuka jalan bagi para dokter wanita di masa depan.

Sekitar waktu yang sama, Susan B Anthony dan Elizabeth Cady Stanton menjalin persahabatan revolusioner. Keduanya adalah pendiri gerakan hak-hak perempuan di Amerika Serikat dan pelopor yang mendorong hak pilih perempuan kulit putih.

Mereka awalnya bertemu pada 1851 dan pada 1869 membentuk Asosiasi Hak Pilih Wanita Nasional. Mungkin kisah bagaimana para perempuan ini berjuang dan menyemangati perempuan lainnya tak diperingati seperti Girldfriend Day, tapi semua semangat ini amat berarti bagi perempuan masa kini. 


Ucapan Girldfriend Day untuk Kekasih

Ilustrasi pasangan, kekasih, pacar
Ilustrasi pasangan, kekasih, pacar. (Photo Copyright by Freepik)

Tak hanya berterima kasih kepada sesama wanita, Anda juga bisa memberikan hadiah serta kata ucapan dan lainnya sebagai bentuk kepedulian atas kehadirannya. Mungkin tak sedikit yang bingung ingin menyampaikan ucapan apa untuk kekasih dan juga teman perempuan kalian.

Berikut ini deretan inspirasi ucapan Girlfriend Day yang bisa Anda bagikan kepada pacar hingga teman wanita Anda:

1. With you in my life, my life is complete in every sense…. When you are around, I feel like the happiest soul…. Sending my love on National Girlfriend’s Day to you.

(Dengan Anda dalam hidup saya, hidup saya lengkap dalam segala hal…. Ketika Anda berada di sekitar, saya merasa seperti jiwa yang paling bahagia.... Mengirim cintaku pada Girlfriend Day untukmu)

2. There is only one person who can inspire me and give me strength to move ahead in life and that is you my love…. I love you and I wish you Happy National Girlfriend’s Day.

(Hanya ada satu orang yang dapat menginspirasi saya dan memberi saya kekuatan untuk maju dalam hidup dan itu adalah kamu cintaku…. Aku mencintaimu dan aku mengucapkan Selamat Hari Pacar Nasional.) 

3. I always feel the luckiest man in the world because I have been blessed with the most amazing girlfriend who loves me unconditionally…. Happy National Girlfriend’s Day to you my love.

(Aku selalu merasa jadi pria paling beruntung di dunia karena memiliki wanita luar biasa yang mencintaiku tanpa syarat… Happy National Girlfriend’s Day untuk mu cintaku)

 


Ucapan Girlfriend Day untuk Sahabat

Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan
Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan. (Photo by Hannah Busing on Unsplash)

1. "Friendship is the hardest thing in the world to explain. It's not something you learn in school. But if you haven't learned the meaning of friendship, you really haven't learned anything." – Muhammad Ali

(Persahabatan merupakan hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang kamu pelajari di sekolah. Tapi jika kamu belum belajar arti persahabatan, kamu benar-benar tidak mempelajari apa pun.)

2. "The most beautiful discovery true friends make is that they can grow separately without growing apart." – Elisabeth Foley

(Penemuan terindah yang dilakukan teman sejati adalah bahwa mereka dapat tumbuh secara terpisah tanpa terpisah)

3. "If you live to be 100, I hope I live to be 100 minus 1 day, so I never have to live without you." – Winnie the Pooh

(Jika kamu hidup sampai 100 tahun, kuharap aku hidup sampai 100 minus 1 hari, jadi aku tak pernah merasakan hidup tanpamu.) 

4. "What is a friend? A single soul dwelling in two bodies." Aristotle

(Apa itu sahabat? Satu jiwa yang tinggal dalam dua tubuh) 

 

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya