Perjalanan Pria Bukittinggi dari Pekerja Sosial Jadi Social Media Influencer

Romi AW adalah sosok pria kelahiran Bukititnggi yang bekerja sebagai pekerja sosial. Ia juga mulai mengembangkan kreatifitasnya di media sosial sebagai Influencer.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Agu 2023, 12:20 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2023, 00:12 WIB
Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer
Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Romi Agung Wiratama atau dikenal juga dengan sebutan Romi AW (dibaca Romi Awee) adalah sosok pria kelahiran Bukititnggi, Sumatera Barat yang bekerja sebagai staff NGO (Non-Government Organization) atau pekerja sosial. Ia juga mulai mengembangkan kreatifitasnya di media sosial sebagai Influencer.

Pada 2015 pria berzodiak Gemini ini memutuskan untuk hijrah ke Jakarta dengan tujuan bekerja dan melanjutkan kuliahnya yang sempat terhenti, sempat menjadi mahasiswa di Universitas Riau namun Romi AW menyelesaikan pendidikannya di Universitas Terbuka di Jakarta pada 2021 dengan gelar Sarjana Ekonomi.

Pada 2020 Indonesia dan Dunia dilanda pandemi, hal ini mengharuskan semua perkantoran melaksanakan sistem yang namanya WFH (Work from Home), hal tersebut mendorong orang untuk beraktifitas di rumah sajah.

Untuk membunuh kebosanan akhirnya Romi AW berinisiatif untuk merekam video review yang tadinya hanya akan dia jadikan sebagai hobi saja di media sosial pribadinya.

Tapi berangkat dari hal tersebut dan konsistensi yang dijalani Romi AW selama kurang lebih dua tahun belakangan ini akhirnya membuahkan hasil yang tidak main-main. Ia tercatat sebagai salah satu Influencer di Indonesia dengan jumlah follower lebih dari 80ribu di akun Instagram @romiaw dan lebih dari 20ribu follower di akun tiktok @langitsenjakita.

Berawal dari Hobi kini Romi AW menekuninya secara profesional “Setelah saya menekuni dan bergelut dengan dunia social media, saya mendapatkan peluang disini untuk menghasilkan uang yang lebih besar apalagi jika kita sudah punya nama dan pengikut yang banyak dan secara professional.

 


Promosi Usaha dan Produk Orang Lain

Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer
Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer.  foto: istimewa

Saya bisa katakan saya seorang lifestyle influencer, saya membantu mempromosikan produk atau brand yang bekerjasama dengan saya, Biasanya juga termasuk untuk visit store atau restoran”.

Aktif di Instagram dan Tiktok Mulai dari konten lifestyle, beauty product dan Culinary, Romi AW sudah bekerjasama dengan ratusan brand lokal dan International di Indonesia di antaranya dengan brand dan produk Honda, Planet Ban, The body shop, ERHA, Nivea, Kopi Kenangan, Moon Chicken, Croco by monsieur spoon, Traveloka, Mens top, Nippon Paint dan masih banyak lainnya.

"Selain membantu mempromosikan usaha dan produk orang lain, hal yang saya suka dari pekerjaan ini adalah bisa bertemu banyak orang termasuk manager brand atau bahkan owner dari produk yang saya review”, Romi AW.

 


Membantu Brand Lokal

Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer
Perjalanan Pria Bukittinggi dari Social Worker Jadi Social Media Influencer. foto: istimewa

Mimpinya tidak berhenti disitu saja tetapi banyak harapan di tahun-tahun berikutnya. Diirnya ingin bisa lebih dikenal lagi oleh banyak orang, membantu lebih banyak brand lokal dan UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

Lalu makin banyak kerjasama dengan brand-brand besar lainnya untuk bergabung dalam TVC (Television Comercial) atau kerjasama dengan TV Nasional dalam cakupan promosi brand atau produk yang lebih luas.

Selama ini banyak pengalaman yang didapat, seperti bisa kerja sambil liburan. “Biasanya sebelum liburan aku atau timku coba kontak beberapa brand buat menawarkan kerjasama. Jadi kalau ada brand approve untuk tempat yang bakal kita kunjungi, kita akan visit ke resto/review produk mereka. Menarik banget kan dalam 1 waktu bisa kerja, liburan dan dibayar oleh brand,” tuturnya.

 

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya