Rayakan HUT ke-78 RI dengan Belanja Produk UMKM Lokal di Indonesia Marketpelago 2023

Tahun kedua gelaran Indonesia Marketpelago mengambil tema "Bangga Kreasi Nusantara." Ada apa saja?

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 11 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2023, 18:00 WIB
Indonesia Marketpelago
Jumpa pers Indonesia Marketpelago di Gading Serpong, Tangerang, 10 Agustus 2023. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Menumbuhkan rasa nasionalisme di momen HUT ke-78 RI bisa dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya dengan memilki kebangaan dalam membeli dan memakai produk UMKM Lokal.

Berlatar belakang hal tersebut, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) melalui sub-brand Farmers Market dan Ranch Market menggelar Indonesia Marketpelago. Tahun kedua gelaran ini mengambil tema "Bangga Kreasi Nusantara."

"Sesuai namanya, diambil dari kata archipelago atau kepulauan. Seperti kita tahu, Indonesia ini negara kepulauan yang memiliki beraneka ragam suku dan kebudayaan, serta di dalamnya produk dan kuliner. Jadi, kita ambil sedikit dari sekian banyak keragaman itu untuk dikenal luas," tutur Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) saat jumpa pers di Farmers Market Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, Kamis, 10 Agustus 2023.

Keragaman Indonesia pun disajikan dengan memberikan ruang pada produk UMKM asli Indonesia untuk menjajakan produknya di jaringan Ranch Market dan Farmers Market. Produk lokal yang diperjualbelikan, termasuk buah-buahan, seperti pepaya, pisang mangga, jeruk, dan buah naga.

Juga, ada sayuran hasil panen petani lokal. Boga bahari, daging, ikan, dan produk kebutuhan harian lain pun ada. Selama bulan Agustus, kedua ritel itu mengaku bakal terus mempromosikan produk lokal.

"Kami sadar, dengan semangat 'Bangga Kreasi Nusantara,' saat ini produk lokal sudah sangat bisa bersaing dengan produk impor yang memang juga kami sediakan," kata Maria.


Pasar Akhir Pekan

Ilustrasi Supermarket
Ilustrasi supermarket. (dok. Unsplash.com/Mehrad Vosoughi @mehrad_vosoughi)

Menurut Maria, Indonesia Marketpelago 2023 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, ia menyebut, lebih banyak aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung yang langsung berkunjung ke toko.

"Selain tadi ada ragam produk lokal, juga ada Cultural Weekend Experience: Pasar Akhir Pekan. Acara ini digelar di gerai pilihan di area Jakarta dan Bogor, mulai 11 Agustus hingga 3 September 2023 setiap akhir pekan," kata Maria.

Pada 11 sampai 13 Agustus 2023, Pasar Akhir Pekan akan dilaksanakan di Farmer Market Summarecon Mall Serpong. Berlanjut 18 hingga 20 Agustus 2023, acara ini bergeser ke Jakarta atau tepatnya di Ranch Market Pondok Indah.

"Lalu, 25 sampai 27 Agustus (2023) di Botani Squere Bogor, dan terakhir, 1 hingga 3 September berada di Lippo Mall Puri," ujar Maria.

Bentuknya pun dibuat seperti mini pop up booth yang menyerupai pondokan seperti pasar tradisional di pedesaan. Dengan demikian, pembeli bisa merasakan sensasi seperti berbelanja di pasar tradisional, namun tetap sejuk karena berada di dalam mal.

 


Ada Jajanan Jadul

Indonesia Marketpelago
Jumpa pers Indonesia Marketpelago di Gading Serpong, Tangerang, 10 Agustus 2023. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Di Pasar Akhir Pekan, penyelenggara acara menyediakan satu booth yang menyediakan berbagai macam jajanan jadul. Jajanan ini dulunya biasa dijumpai saat masa sekolah dasar atau saat ikut ibu berbelanja ke pasar semasa kecil.

"Konsumen juga bisa membeli aneka pernak pernik, jajanan jadul yang unik dan menarik," kata Maria.

Di antaranya ada Kwaci Gadjah, cokelat chiyo-chiyo, milk chocolate, cola candy, permen karet yosan, mie lidi, mie sakura, dan cokelat koin. Tidak ketinggalan, ada juga permainan tradisional monopoli jadul, balon tiup, kletekan, serta kerajinan cangkir jadul.

Semua bisa dibeli seharga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp100 ribu per buah. Memastikan sorotan untuk produk UMKM lokal juga dibarengi dengan kurasi yang ketat, kata Maria.

"Sebelum kami jual secara massal, produk-produk tersebut kami kurasi dari sisi kualitas dan keamanannya demi menjaga kepuasan pelanggan kami," ia menyebut. UMKM harus mengikuti standar, seperti terjamin kebersihannya, tercantum tanggal kedaluwarsa, serta kemasan bagus dan layak.  


Memberdayakan Produk UMKM Lokal

Pasarina by Ranch Market
Pasarina by Ranch Market. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Maria berkata, "Kami lumayan banyak lho barang-barang lokal. Sekarang itu UMKM barang-barangnya sudah bagus-bagus. Mereka (memasarkan produk secara) individual atau melewati organisasi. (Kami) juga memberdayakan UMKM lokal lokasi toko kami berada."

Saat jumpa pers tahun lalu, Indonesia Marketpelago disebut sebagai salah satu bentuk apresiasi pada talenta yang berjasa dalam pertumbuhan industri nasional. "(Pada 2022), kami meluncurkan salah satu brand di bawah konsep Ranch Market, yaitu Pasarina yang merupakan supermarket premium pertama, menjual berbagai produk lokal Indonesia dengan proses kurasi," tambahnya. 

Pasarina by Ranch Market sendiri merupakan supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse. Karena itu, pelanggan bisa mengantisipasi pengalaman luring dan daring yang melebur selaras.

Memasuki gerai, pengunjung dipersilakan memanfaatkan aplikasi TRUST Live untuk menikmati pengalaman berbelanja yang sama sekali baru. Setidaknya ada tiga fitur utama dari aplikasi yang dimaksud.

Pertama, Guidebot, robot dengan teknologi Augmented Reality yang akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan. Kedua, terdapat QR Code yang akan memberi informasi produk secara interaktif lewat Augmented Reality.

Ketiga, Gamification yang memungkinkan pengunjung "berburu harta karun" dengan mengikuti berbagai petunjuk virtual untuk membawa pulang hadiah menarik, seperti produk gratis maupun diskon.

Tips belanja anti boncos
Tips belanja anti boncos. (Infografis)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya