Konservasi Penyu dan Pantai Kebo, Destinasi Wisata Edukasi Menarik di Trenggalek

Untuk kamu yang mencari destinasi wisata edukatif dan ingin menyenangkan anak-anak, bisa mengunjungi dua destinasi wisata yang ada di Trenggalek, Jawa Timur.

oleh Rizky Ramadhan pada 13 Des 2023, 13:28 WIB
Diperbarui 13 Des 2023, 13:29 WIB
Konservasi Penyu Masaran (Foto: Istimewa)
Konservasi Penyu di Desa Masaran (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Liburan bersama keluarga menjadi momen yang selalu ditunggu - tunggu, apalagi kalau sudah masuk masa liburan. Untuk kamu yang mencari destinasi wisata edukatif dan ingin menyenangkan anak-anak, bisa mengunjungi dua destinasi wisata yang ada di Trenggalek, Jawa Timur.

Ada Konservasi Penyu yang terletak di Pantai Gemawing, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan dan Pantai Kebo di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan.

Konservasi Penyu yang berlokasi di Desa Gemawing ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 dan menjadi destinasi wisata menarik di Trenggalek. Keberadaannya turut memberi dampak positif bagi warga setempat, sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Di kawasan Konservasi Penyu ini ada banyak sekali penyu yang lucu dan menggemaskan. Cocok banget buat kamu yang menyukai hewan yang dapat hidup di darat dan laut.


Budidaya Penyu

Dalam membudidayakan penyu, terdapat trik dan teknik khusus. Pengelola Konservasi Penyu, Bahrudin mengatakan bahwa pasir yang digunakan untuk budidaya penyu merupakan pasir alami dari pantai sebagai tempat penetasan telur. 

“Ini pasirnya asli dari laut. Kalau tidak asli, penyu tidak mau menetas,” kata Bahrudin.

Setiap tahunnya, pengelola Konservasi Penyu berhasil membudidayakan ribuan penyu. Dalam tahun ini saja, terdapat 2340 penyu kecil (tukik) yang dilepaskan ke laut.


Kerja Bakti Rutin Bersih-bersih Pantai

Guna menjaga keindahan dan kebersihan Pantai Gemawing. Masyarakat setempat juga rutin mengadakan kerja bakti, gotong-royong membersihkan pantai setiap satu bulan sekali. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung kelestarian ekosistem penyu.


Kerbau di Pantai Kebo

Pantai Kebo di Trenggalek (Foto: Istimewa)
Pantai Kebo di Trenggalek (Foto: Istimewa)

Destinasi wisata selanjutnya yang tak kalah seru dan mengedukasi ini adalah Pantai Kebo yang terletak di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. 

Kerbau di Pantai Kebo, Trenggalek (Foto: Istimewa)
Kerbau di Pantai Kebo, Trenggalek (Foto: Istimewa)

Di Pantai Kebo terdapat sejumlah kerbau yang dipelihara, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain menikmati keindahan pantainya, di sana juga bisa melihat lebih dekat hewan kerbau yang sesekali dibiarkan bebas berkeliaran dan makan rumput.

Selain itu, anak - anak juga bisa bermain air di pantai dan pasir, sambil menikmati suasana khas pantai ditemani es kelapa muda yang menyegarkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya