Raja Charles III Pulang dari Rumah Sakit Usai Perawatan Pembesaran Prostat, Kapan Bisa Bertugas Lagi?

Raja Charles III meninggalkan rumah sakit pada Senin, 29 Januari 2024 waktu setempat setelah sempat dirawat selama beberapa hari. Ia didampingi istrinya, Ratu Camilla, dan sempat melambai ke kamera sambil tersenyum sebelum masuk ke dalam mobilnya.

oleh Henry diperbarui 31 Jan 2024, 07:19 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2024, 15:06 WIB
Raja Chales Pulang dari Rumah Sakit Usai Perawatan Pembesaran Prostat, Kapan Bisa Bertugas Lagi?
Raja Chales Pulang dari Rumah Sakit Usai Perawatan Pembesaran Prostat, Kapan Bisa Bertugas Lagi?  foto: Instagram @royaltywithme

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles III telah keluar dari rumah sakit dan kembali ke rumah usia menjalani perawatan intensif, demikian dikonfirmasi oleh Istana Buckingham sebagaimana disiarkan laman BBC, Selasa (30/1/2024). Raja Inggris itu sebelumnya menjalani prosedur rutin untuk pembesaran prostat di The London Clinic akhir pekan lalu.

Raja Charles meninggalkan rumah sakit pada Senin, 29 Januari 2024, waktu setempat, setelah sempat dirawat selama beberapa hari. Ia didampingi istrinya, Ratu Camilla, dan sempat melambai ke kamera sambil tersenyum sebelum masuk ke dalam mobilnya.

Istana Buckingham mengatakan Raja harus menunda pertemuan publiknya untuk pemulihan pribadi. Belum diketahui berapa lama Raja Charles akan mulai bertugas lagi atau di mana ia akan menghabiskan waktu untuk masa pemulihan.

Perawatan medis belum cukup signifikan sehingga tidak memerlukan perubahan konstitusi untuk peran raja sebagai kepala negara. Konsultan ahli bedah urologi Rick Popert mengatakan pasien yang telah menjalani prosedur perbaikan untuk pembesaran prostat dapat merasakan sedikit ketidaknyamanan.

"Operasi apa pun adalah cedera dan cedera memerlukan waktu setidaknya empat sampai enam minggu untuk sembuh," ungkap Popert yang menjadi konsultan di The London Clinic, Guy’s and St Thomas’ NHS Foundation Trust, dan London Bridge Hospital.

"Penting untuk mengambil tindakan dengan hati-hati dalam beberapa minggu pertama, tapi saya berharap pasien bisa bergerak sepenuhnya namun harus menghindari angkat berat atau olahraga berat," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkembangan Kesehatan

Senyum Pertama Raja Charles III di Tengah Skandal Buku Pangeran Harry
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Kabar baik sebelumnya juga datang dari Istana Kensington. Mereka mengumumkan bahwa Putri Wales Kate Middleton telah kembali ke rumah di Kastil Windsor usai menjalani perawatan selama kurang lebih 12 hari atau hampir dua pekan di rumah sakit. Perawatan tersebut harus dilalui istri Pangeran Wales William setelah menjalani operasi pada bagian perutnya.

"Putri Wales telah kembali ke rumah untuk melanjutkan proses pemulihannya usai operasi. Perkembangan kesehatannya sangat baik," ungkap pernyataan juru bicara pihak Istana Kensington pada Senin, 29 Januari 2024, dikutip dari laman Page Six, Senin, 29 Januari 2024.

Pernyataan itu juga menyebutkan, keluarga Pangeran dan Putri, mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh tim rumah sakit dari The London Clinic tempat wanita 42 tahun itu dirawat. Keluarga Wales juga bersyukur atas doa dan harapan terbaik yang diterima mereka dari seluruh dunia untuk kesembuhan Kate Middleton.

Meski sudah bisa pulang, Kate belum akan kembali menjalani tugas-tugas kerajaan dalam waktu dekat sebelum kondisinya benar-benar pulih dan siap kembali tampil di depan publik. Sementara Pangeran William baru akan kembali menjalani tugasnya saat kondisi istrinya dianggap sudah semakin membaik. Selain itu belum diketahui penyakit apa yang sebenarnya dialami Kate tapi kabarnya tidak berkaitan dengan kanker.


Operasi Perut Kate Middleton

Kate Middleton
Perempuan cantik berambut cokelat ini menyempurnakan penampilannya dengan ikat pinggang kulit hitam dengan hiasan emas dan sepatu hak stiletto. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Putri Wales sebelumnya melalui minggu-minggu sibuk sebelum Istana Kensington mengumumkan bahwa ia menjalani "operasi perut yang direncanakan" di The London Clinic pada Selasa, 16 Januari 2024. Setelah itu Kate akan dirawat di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari setelah prosedur tersebut.

Kate memang belum terlihat di depan umum sejak awal tahun baru. Penampilan publik terakhirnya adalah pada Hari Natal ketika ia bersama Pangeran William dan anak-anak mereka: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, berjalan ke gereja di Sandringham, lapor People, dikutip Kamis (18/1/2024).

Selama Desember 2023, agenda publik ibu tiga anak ini cukup padat. Pada 5 Desember 2023, ia melakukan tugas ganda dengan ke rumah sakit dan menuntaskan jadwal berbeda di malam harinya. Kate memulai hari di Rumah Sakit Anak Evelina London, di mana ia meresmikan Unit Bedah Anak.

Fasilitas ini merawat anak-anak dengan kondisi kesehatan langka nan kompleks, dan Kate telah jadi pelindungnya sejak 2018. Direktur operasi dan peningkatan layanan Rumah Sakit Anak Evelina London, James O'Brien, berkata, "Ia (Kate) membuat orang merasa nyaman, sehingga pada satu titik ketika ia menyapa, saya pikir orang-orang akan mulai tos dengannya!."


Komunikasi Kate Middleton dengan Keluarga

Pangeran William dari Inggris, bersama Pangeran George (2 kiri), Kate Middleton (kanan), Pangeran Louis (tengah) dan Putri Charlotte menghadiri acara Carol Service di Westminster Abbey di London pada 8 Desember 2023. (Dok: AFP)
Pangeran William dari Inggris, bersama Pangeran George (2 kiri), Kate Middleton (kanan), Pangeran Louis (tengah) dan Putri Charlotte menghadiri acara Carol Service di Westminster Abbey di London pada 8 Desember 2023. (HENRY NICHOLLS / AFP)

"Ia mampu terhubung dengan orang-orang dan membiarkan orang jadi diri mereka sendiri yang bukan merupakan tugas mudah untuk dilakukan ketika Anda terhubung dengan siapapun," imbuhnya.

Di malam harinya, Putri Wales bergabung dengan Pangeran William, Raja Charles III, dan Ratu Camilla di Istana Buckingham untuk Resepsi Diplomatik. Acara tahunan ini untuk menyambut ratusan anggota Korps Diplomatik ke kediaman kerajaan, dan Kate berkilauan dalam tiara Ratu Mary "Lover's Knot."

Selama dirawat di rumah sakit, Kate diperkirakan tetap berkomunikasi dengan anak-anaknya melalui panggilan video, sementara Pangeran William berada di Adelaide Cottage, rumah keluarga mereka di kawasan Windsor, lapor Hello, seperti dikutip Kamis, 25 Januari 2024.

"Kate menyukai waktu FaceTime dengan anak-anak ketika bekerja di luar negeri, jadi saya yakin mereka akan terus melakukan kontak selama ia di rumah sakit, dan anak-anak akan segera menemuinya setelah ia cukup sehat," kata editor kerajaan, Emily Nash.

 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya