Video Pengantin Direkam Bareng Tim Dapur Banjir Pujian, Pencuci Piring Jadi Sorotan

Potongan video berdurasi 10 detik itu memperlihatkan pasangan pengantin yang sudah memakai busana resepsi duduk di depan enam orang yang membawa peralatan masak.

oleh Asnida Riani diperbarui 22 Mei 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2024, 04:00 WIB
Pernikahan Viral
Video pengantin direkam bareng tim dapur banjir pujian. (dok. TikTok @bungdayxx/https://www.tiktok.com/@bungdayxx/video/7370382289798319365)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu momen penting, pernikahan acap kali diabadikan baik melalui foto dan video. Lain dari kebanyakan, sepasang pengantin kedapatan direkam bersama tim dapur yang turut memastikan kelancaran resepsi pernikahan mereka.

Klip ini dibagikan akun TikTok @bungdayxx, Sabtu, 18 Mei 2024, dan jadi viral. "Gaada mereka gaada acara🙌🏻," begitu bunyi keterangan yang dibubuhkan, merujuk pada tim pendukung di dapur selama pesta pernikahan.

Potongan video berdurasi 10 detik itu memperlihatkan pasangan pengantin yang sudah memakai busana resepsi duduk di depan enam orang yang membawa peralatan masak. Serasi dengan itu, kedua mempelai memegang blender yang sepertinya berisi bumbu halus dan peniris gorengan.

Pencuri piring di paling kanan bingkai video mencuri perhatian karena dianggap "total." "Piringnya masih bersabun-sabun terus betulan digosong. Sangat mendalami peran," komentar seorang warganet yang disepakati banyak pengguna lain.

Di kolom komentar, banyak pengguna melontarkan pujian mereka atas apresiasi pada tim dapur. "Pertama kali liat dokumentasi wedding melibatkan orang dapur 🥹 ini kewreenn bangett ka 🥹🥹🥰," menurut salah satunya.

Pengguna berbeda menyambung, "Apresiasi tertinggi untuk mereka❤️." "Kakak sepupu gw kepikiran gtu sebelum naik ke pelaminan dia sma pasangannya sempetin waktu ke dapur bilang makasi ke orang-orang di dapur😊," yang lain bercerita.

"Sampe mikir, ko merka mau siii? 😭" tanya seorang warganet yang dijawab si pengunggah video, "Mereka selalu mau, bahkan mereka selalu minta difotoin di dapur. Tapi ga semua fg mau fotoin mereka ke dapur dan ga semua orang dapur mau ke depan untuk foto di pelaminan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jarang Tersorot padahal Berjasa

Ilustrasi
Ilustrasi makanan di pesta pernikahan. (dok. unsplash/Dolores Preciado)

Sebagian pengguna juga saling mengingatkan untuk melakukan hal serupa bila nanti menikah. "Harus dibiasain kayak gini," kata salah satunya. "Terkadang kita sampai lupa dengan Mereka.😇 🥺 mereka berjuang agar makanan enak dan cukup sampai acara selesai dengan dana yg pas. Terima Kasih Team Dapur," timpal yang lain.

"Aku juga nnti bakal gini, pokonya orang dapur harus kesorot, mereka pasti nnti yg terlibat banyak, yg paling cape, pokonya harussss!!!" sahut pengguna berbeda. "Mana biasanya masak-masak pernikahan itu dicicil hari-hari sebelumnya, bahkan ada yang seminggu sebelumnya. Kebayangnya capenya."

Tentu bukan kali pertama ide seputar pernikahan jadi sorotan online. Bulan lalu, visual undangan pernikahan berbeda dari biasanya mencuri perhatian warga jagat maya. Alih-alih estetis, calon pengantin dan keluarganya memilih pendekatan lebih praktis, namun berguna dengan menempelkan undangan tersebut di produk bumbu instan.

Penampakan undangan pernikahan simpel ini dibagikan akun Instagram @ustadzahmadhomsani,  19 April 2024, menulis, "Undangan di Cisauk (Kabupaten Tangerang) simpel pakai royco. Beres. Ini patut dicontoh." Undangan dalam selembar kertas kecil itu tetap memuat informasi penting, mulai dari nama kedua calon mempelai, tempat dan waktu pernikahan, sampai nama orangtua.


Undangan Pernikahan Simpel

Undangan Pernikahan
Undangan pernikahan simpel ditempel ke produk bumbu instan. (dok. tangkapan layar video Instagram @ustadzahmadhomsani/https://www.instagram.com/reel/C5-K87YRqpZ/)

Ide undangan pernikahan praktis ini mendapat pujian banyak warganet. "Di tempatku kalo buat ibu-ibu atau anak muda modelnya begini, kaya permen dua buah diklip. Kalo buat bapaknya undangan kertas jadi dapet dua," komentar seorang pengguna di video yang sudah mencatat empat juta penayangan saat artikel awal ditulis.

"Praktis, murah, berguna. Soalnya undangan mahal-mahal pun ujungnya dibuang juga," sahut yang lain. "Lebih bermanfaat ketimbang undangan kertas. Udahlah mahal ehh kadang gak sampe (sempat) dibuka."

Ada juga yang menyebut bahwa di daerah rumah mereka, undangan pernikahan biasanya diberikan bersama sesaset kopi instan. "Kayaknya tergantung kesepakatan ya, tapi coba kalau bisa jangan produk yang diboikot (terkait dukungan pada Palestina)," sebut pengguna berbeda.

"Bener juga, bagus gini kepake daripada kebuang 😂," warganet lain setuju. "Gak berlaku di daerahku deh kayaknya. Bakal dinyinyirin seumur hidup itu," timpal seorang pengguna.

Tidak hanya di undangan pernikahan, bumbu dapur sebelumnya sudah dijadikan seserahan. Ya, alih-alih hantaran berisi ragam barang mewah, pengantin perempuan asal Malaysia bernama Siti Masnida Abdul Malek memilih bumbu dapur sebagai seserahan pernikahan.


Bumbu Dapur Jadi Seserahan

Ilustrasi
Ilustrasi bumbu dapur jadi seserahan pernikahan. (dok. unsplash/Tamil Shutter Dreams)

Berbicara pada mStar, dikutip 16 Januari 2024, Nida, sapaan akrabnya, mengaku menghabiskan 50 ringgit (sekitar Rp166 ribu) untuk mengisi tujuh nampan hantaran. Bingkisan itu dibalas pengantin pria dengan membawa lima nampan, juga berisi bumbu dapur, seharga 85 ringit (sekitar Rp283 ribu).

"Keputusan memberikan bumbu dapur sebagai seserahan merupakan kesepakatan bersama dengan suami," kata perempuan berusia 34 tahun tersebut. "Karena saya tipe orang yang suka memasak, kami memilih menggunakan bumbu-bumbu kering saja karena mudah dan tidak boros. Kami tidak ingin mengikuti kebiasaan menempatkan barang-barang pribadi yang jauh lebih mahal. Kami sudah punya semuanya."

Menurut Nida, upacara pernikahan dengan suaminya, Yusri (35), juga berlangsung sederhana dan hanya dilakukan satu kali di kediamannya di Manchis, Bentong, Pahang. Seperti yang diunggah di TikTok, Nida memperlihatkan nampan hantaran berisi bawang bombai, kentang, bunga kantan, jahe, kunyit, lengkuas, dan jeruk nipis.

Kemudian, ada satu nampan seserahan pernikahan berisi satu set kecap, kerupuk, dan bubuk kari. Terdapat pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan dan ragam bumbu, minyak, serta tepung.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya