Makin Mengglobal, Kopi Kenangan Bakal Buka Gerai Pertama di Filipina dan India

Setelah sukses hadirkan cita rasa kopi Indonesia di tiga negara selama tujuh tahun, Kopi Kenangan segera buka gerai pertamanya di Filipina dan India.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Agu 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 06:30 WIB
Kopi Kenangan memberi bocoran akan membuka gerainya di Filifina dan India pada momen ulang tahun ke-7. (Dok: Liputan6.com/dyah)
Kopi Kenangan memberi bocoran akan membuka gerainya di Filifina dan India pada momen ulang tahun ke-7. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Liputan6.com, Jakarta - Kopi Kenangan mengumumkan akan memperluas ekspansi globalnya ke Filifina dan India. Hal tersebut terungkap saat perayaan ulang tahun ke-7 Kopi Kenangan dengan brand Kenangan Coffee yang telah melebarkan sayap lebih dulu di Malaysia dan Singapura.

"Sepak terjang tujuh tahun Kopi Kenangan di Indonesia telah berhasil menghadirkan lebih dari 900 gerai," kata Edward Tirtanata, Group CEO and Co-Founderof Kopi Kenangan saat media garthering pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Ia mengungkapkan bahwa Kopi Kenangan ingin menjadikan kopi Indonesia bukan sebagai komoditas, tapi sebuah brand yang dikenal secara global. Setelah ekspansi pada 2022, brand tersebut sudah memiliki 50 cabang di Malaysia dan kini memiliki tujuh gerai sejak ekspansi ke Singapura pada 2023.

Meski telah menuai sukses di dua negara tersebut, impian Edward ternyata masih menemui jalan panjang karena ingin bisa memperkenalkan Kopi Kenangan di benua lainnya. Namun untuk mencapainya, mereka juga perlu mengambil strategi dengan terlebih dulu meraih pasar di Filipina dan India. 

Menurut Edward, di kalangan generasi muda yang merupakan pelanggan utama Kopi Kenangan dan Kenangan Coffee, popularitas kopi fresh brew semakin meningkat, terutama es kopi. Dengan kesuksesan yang sudah terbukti di Malaysia dan Singapura dengan kopi gula aren khas, Kenangan Coffee juga akan mengusung signature menu tersebut di Filipina dan India. 

Gerai pertama di Filipina akan berlokasi di sebuah mal terbesar di kota Manila yang rencananya akan buka di penghujung 2024. Diketahui dari 2021 hingga 2023, penjualan kopi di Filipina tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 20 persen, sehingga potensi ini dinilai bagus.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Membuka Gerai di Filipina dan India

Kopi Kenangan memberi bocoran akan membuka gerainya di Filifina dan India pada momen ulang tahun ke-7
Kopi Kenangan memberi bocoran akan membuka gerainya di Filifina dan India pada momen ulang tahun ke-7. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Awal tahun 2025 akan menjadi langkah pertama Kopi Kenangan untuk melakukan ekspansike negara di luar Asia Tenggara, yaitu India. Konsumsi kopi di India sedang naik daun dikalangan Gen Z dan Millennials.

Pertumbuhan ini juga dicerminkan dengan pertumbuhanpenjualan chained cafes di India pada tahun 2020-2022 yang mencapai 29 persen. Edward menyebut ekspektasi pertumbuhan pasar kafe juga diprediksi akan meningkat 19-21 persen dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Melihat karakter orang India yang suka meminum chia sehari-harinya, Edward menyebut negara tersebut juga potensial karena masyarakatnya pun suka dengan tipe kopi yang kental dan creamy. "Mereka juga sangat ingin mencoba menu baru, kopi bagi mereka bukan seperti yang Americano (kopi pahit), tapi jenis sweet dan creamy seperti Kopi Kenangan," jelas Edward. 

Namun di antara semua ekspektasi itu, Kopi Kenangan tak hanya fokus pada pencapaian global. Edward menyebut bahwa perkembangan gerai di dalam negeri juga akan terus diperkuat. Pada 2027 Kopi Kenangan menargetkan untuk memiliki 2.000 gerai, di mana kini pencapaiannya baru sekitar 1.000 gerai dan akan bertambah sekitar 300 outlet per tahunnya.   

 


Perkembangan Kenangan Coffee di Malaysia dan Singapura

Selamat, Kopi Kenangan Buka Kedai Pertama di Malaysia
Pembukaan Kenangan Coffee, gerai Kopi Kenangan pertama di Malaysia, (dok. Kopi Kenangan)

Kemudian melihat perkembangannya, hampir genap dua tahun sejak ekspansi internasional Kopi Kenangan yang pertama kali ke Malaysia. Kilas balik ke hari pertama peluncuran gerai perdana Kenangan Coffee di Suria KLCC yang berhasil menjual lebih dari 1.440 gelas.

Sampai sekarang, per Juni 2024 Kenangan Coffee Malaysia sudah memiliki lebih dari 48 gerai di lima negara bagian. Tak cuma Kopi Kenangan Indonesia yang berhasil meraih performa penjualan yang baik, Kenangan Coffee Malaysia turut mencetak pertumbuhan penjualan lebih dari 360 persen di kuartal II 2024. Pertumbuhan yang pesat ini didorong pembukaan toko dan Same Store Sales Growth (SSSG) yang kuat.

Dengan performa penjualan yang menjanjikan di semester pertama 2024, Kenangan Coffee Malaysia menargetkan untuk menutup tahun 2024 dengan total 100 gerai di Malaysia. Tidak lupa dengan Kenangan Coffee Singapura yang pada hari pertama peluncurannya ditahun 2023 berhasil menjual lebih dari 1.500 gelas.

Meski belum genap berusia satu tahun, Kenangan Coffee Singapura berhasil meraih pertumbuhan margin EBITDA sebesar 17 persen dikuartal II tahun ini. Angka penjualan di kuartal II 2024 juga mengalami kenaikan sebesar 43 persen dari kuartal I 2024.  

 


Awal Mula Kesuksesan Kopi Kenangan

Kenangan Coffee sebagai merek dagang internasional dari Kopi Kenangan yang ada di Indonesia, secara resmi hadir di Singapura dengan gerai pertama berlokasi di Raffles City Shopping Centre.
Kenangan Coffee sebagai merek dagang internasional dari Kopi Kenangan yang ada di Indonesia, secara resmi hadir di Singapura dengan gerai pertama berlokasi di Raffles City Shopping Centre pada Selasa, 27 September 2023. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Kenangan Coffee Singapura saat ini memiliki tujuh gerai dan menargetkan penambahan satu gerai lagi sampai akhir 2024. "Dua tahun sejak ekspansi internasional pertama kami, Kenangan Coffee telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain utama di pasar Asia Tenggara, dengan pertumbuhan signifikan di Malaysia dan Singapura," ungkap Jordan Lung, General Management Kenangan Coffee Malaysia & Singapore di kesempatan yang sama.

"Pencapaian luar biasa ini tidak hanya mencerminkan kekuatan merek Kopi Kenangan, tapi juga memberikan keyakinan bahwa brand ini berada di jalur yang tepat untuk terus berkembang," sambung Jordan.

Kopi Kenangan mengawali perjalanannya pada 2017 dengan sebuah gerai kecil di Menara Standard Chartered yang dimodali sendiri oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Setelah berhasil mendapatkan pendanaan awal di tahun 2018, Kopi Kenangan mulai giat melakukan ekspansi gerainya di Indonesia.

Sebagai pemain utama di pasar kopi fresh-brew di Indonesia, pada 2019, merek ini berhasil mendapatkan pendanaan Seri A. Penyanyi rap Jay-Z serta petenis dunia Serena Williams turut berinvestasi di Kopi Kenangan.

INFOGRAFIS JOURNAL: Kopi dan Konsep Slow Bar yang Kekinian
INFOGRAFIS JOURNAL: Kopi dan Konsep Slow Bar yang Kekinian (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya