Makna Cukin yang Dipakai Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno Saat Daftar Pilkada Jakarta 2024

Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano mendaftar Pilkada Jakarta di hari yang sama, Rabu, 28 Agustus 2024.

oleh Asnida Riani diperbarui 30 Agu 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 04:00 WIB
Pilkada Jakarta
Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano dipakaikan cukin saat daftar Pilkada Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kendati berbeda warna, ada aksesori serupa yang dipakai Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno saat mendaftar sebagai bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) untuk Pilkada Jakarta ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu, 28 Agustus 2024. Pelengkap busana yang dimaksud adalah cukin.

Mengutip situs web Gramedia, Kamis, 29 Agustus 2024, cukin merupakan aksesori busana adat Betawi, yaitu baju sadaria. Pelengkap tersebut umumnya berupa kain sarung yang dilipat, lalu digantungkan di leher. Cukin dimaknai sebagai sarung maupun sajadah untuk salat, selain dulunya dipakai jadi alat untuk melawan penjahat yang ditemui.

Aksesori ini umumnya berwarna cerah, seperti merah dan oranye. Kini, cukin juga umum dilengkapi berbagai motif khas Betawi, mulai dari ondel-ondel sampai kerak telor. Gambar-gambar ini biasanya sesuai delapan ikon budaya Betawi yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi.

Di cukin pasangan bakal cagub dan cawagub Pilkada Jakarta, motif yang tertera adalah ondel-ondel. Menurut laman iWareBatik, ondel-ondel merupakan salah lambang khas tradisional Betawi yang menggambarkan harapan agar pemakai berhasil mencapai hidup yang lebih makmur, serta terlindungi dari nasib buruk dan bahaya.

Selain di cukin, motif ondel-ondel biasanya muncul di produk batik Betawi. Wastra tersebut diklasifikasikan sebagai batik pesisir yang banyak menggunakan warna-warna cerah untuk melambangkan kebahagiaan, semangat hidup, dan dinamisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendaftarkan Diri ke KPU Jakarta

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat memberi keterangan terkait nama pasangan Ridwan Kamil-Suswono adalah RIDO. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melansir kanal News Liputan6.com, Rabu, 28 Agustus 2024, bakal cagub Ridwan Kamil (RK) memaparkan visi dan misinya di Pilgub Jakarta 2024. Salah satunya, RK menyinggung dukungannya terhadap Persija, klub sepak bola asal Jakarta dan pendukung setianya Jakmania.

"Sepak bola tentu kita akan dukung. Kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," ujar mantan Gubernur Jawa Barat itu di KPU Jakarta, Rabu.

Selain merangkul Persija dan Jakmania, RK mengaku ingin jadi pelayan masyarakat Jakarta yang baik. Caranya, kata dia, dengan menerima seluruh opini warga. "Karena nanti kalau sudah terpilih, kami (bersama wakilnya Suswono) akan jadi pelayan masyarakat karena tujuannya adalah melayani, baik yang memilih maupun tidak memilih (dirinya sebagai cagub Jakarta)," ucap RK.

Ia bersama bakal cawagub Suswono juga menjanjikan sejumlah solusi untuk menyelesaikan masalah di Jakarta, seperti banjir, polusi, dan kemacetan. Di samping itu, RK menyebut siap jadi seorang pemimpin yang adil untuk semua.

 


Visi Misi sampai Pesan Megawati

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Ridwan Kamil dan Suswono tampil kompak mengenakan baju koko dibalut dengan kain berwarna oranye di lehernya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

RK berkata, "Kami (siap) menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru pascaJakarta tidak lagi (menjadi) ibu kota, (kami) ingin (Jakarta) melompat jadi kota global. Ia berharap dirinya bersama Suswono dapat diterima baik oleh warga Jakarta.

"Kami berdua datang dengan pengalaman. Mudah-mudahan bisa berkenan (diterima) warga Jakarta," RK menutup.

Sementara itu, terkait pendaftaran Pramono Anung - Rano Karno sebagai bakal cagub dan cawagub Jakarta, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi pesan khusus. "'Bismillah. Merdeka, merdeka, merdeka berjuang!' itu pesan Ibu Mega," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Hasto mengatakan, dukungan masyarakat terhadap pasangan Pramono Anung-Rano Karno sangat luas. Itu kemudian memberi semangat dalam mewujudkan Jakarta yang lebih berkebudaayaan, menurut dia.

"Jakarta dengan tata ruang yang begitu ramah bagi kepentingan publik, Jakarta sebagai kota global yang ditata asri dengan penuh kegembiraan, dengan penuh rasa syukur seluruh jajaran PDI Perjuangan bersama para relawan," tutur dia.


Berkas Dinyatakan Lengkap

Kenakan Pakaian Khas Betawi, Pramono Anung dan Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno resmi mendaftarkan sebagai peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Wahyu Dinata memastikan berkas bakal cagub dan cawagub yang mendaftarkan diri sudah dinyatakan lengkap. Diketahui, ada dua kandidat pasangan calon yang mendaftarkan diri pada Rabu, 28 Agustus 2024, yaitu Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.

Wahyu mengatakan, KPU Provinsi Jakarta selanjutnya akan melakukan verifikasi administrasi dengan syarat pendaftaran yang sudah dinyatakan lengkap.  "Tentu kami ke depannya akan melakukan verifikasi administrasi syarat dukungan yang sudah diserahkan mulai 29 Agustus sampai 5 September 2024," ucap Ketua KPU Jakarta.

Wahyu meminta kerja sama semua pihak. "Jadi mohon juga nanti tanggapan masyarakat diberikan pada pasangan calon yang memang sudah kami terima," tandasnya.

Pramono-Rano tiba bersama gerbong PDI Perjuangan pada Rabu, sekira pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, bersama lautan massa pendukung dan 13 partai pengusung, RK-Suswono hadir sekitar pukul 14.00 WIB di kantor KPU Jakarta.

"Walau kami hanya didukung satu partai, yaitu PDI Perjuangan, kami yakin bahwa kami akan mampu berkoalisi dengan rakyat Jakarta untuk memenangkan pertarungan yang ada," kata Pramono saat konferensi pers di KPU Provinsi DKI Jakarta, Rabu.

Infografis Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya