Cerita di Balik Nama Asli Pangeran Harry, Jadi Kode Khusus bagi Raja Charles dan Putri Diana

Nama asli Pangeran Harry disebut masih tertera di paspornya.

oleh Asnida Riani diperbarui 20 Sep 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 10:00 WIB
Pangeran Harry. (Ethan Cairns/The Canadian Press via AP)
Pangeran Harry. (Ethan Cairns/The Canadian Press via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Duke of Sussex baru saja merayakan ulang tahun ke-40 pada 15 September 2024. Meski sebagian besar kartu ucapan pasti ditujukan pada "Pangeran Harry," itu sebenarnya bukan nama aslinya.

Melansir Mirror, Kamis, 19 September 2024, ketika Harry kembali ke Inggris akhir bulan ini, ia akan membawa paspor dengan nama "Henry." Lahir pada 1984, adik Pangeran William ini dibaptis dengan nama Henry Charles Albert David.

Orangtua Harry, yang saat itu bergelar Pangeran Charles dan Putri Diana, mengatakan bahwa anak bungsu mereka akan dikenal dengan "pelesetan" nama depannya, Harry. Nama-nama kerajaan secara tradisional adalah nama yang sudah ada dalam keluarga selama beberapa generasi.

Henry adalah nama yang sangat populer pada masa Tudor, dengan salah satu contoh paling terkenal adalah Raja Henry VIII. Namun dalam kasus Harry, hanya Charles dan Diana yang sering kali memanggilnya "Henry." Nama itu jadi kode khusus bagi mantan pasangan itu ketika anak bungsu mereka "bermasalah."

"Henry" juga digunakan pada acara-acara resmi, termasuk ketika mendiang Ratu merestui Duke menikahi istrinya, Meghan Markle. Nama tengah Harry juga memiliki arti penting, karena Charles merujuk pada ayahnya dan dua raja Inggris lainnya.

Kemudian, Albert adalah nama suami Ratu Victoria, sementara David adalah julukan yang diberikan keluarganya pada Raja Edward VIII. Albert tampaknya adalah pilihan pertama Charles untuk nama anak bungsunya.

Dalam memoarnya, "Spare," Pangeran Harry menulis bahwa neneknya, Ratu Elizabeth II, sangat mengagumi Ratu Victoria. Ayahnya disebut ingin memanggilnya Albert, yang juga merupakan nama pemberian mendiang ayah Ratu, Raja George VI, tapi Putri Diana menolaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Panggilan Pangeran Harry dari Pangeran William

Pangeran Harry
Pangeran Harry Inggris saat menghadiri KTT Investasi Afrika Inggris di London, Senin 20 Januari 2020. (Liputan6/AP)

Charles dan Diana juga sebenarnya tidak setuju dengan pemberian nama untuk putra sulung mereka, Pangeran William. Charles disebut lebih menyukai nama Arthur. Namun, Diana dikabarkan menginginkan nama William yang lebih "kuat" untuk putranya.

Sama seperti Albert yang merupakan salah satu nama tengah Harry, Arthur merupakan salah satu nama tengah William. Seperti yang diungkapkan Harry dalam memoarnya, ia memiliki nama panggilan lain yang diberikan kakak laki-lakinya, yang memanggilnya Harold.

Sementara itu, drama baru telah muncul setelah Kerajaan Inggris, khususnya Raja Charles III, mengucapkan selamat ulang tahun ke-40 untuk Harry pada Minggu, 15 September 2024. Saat itu, akun Instagram, X, dan Facebook The Royal Family mengunggah foto Harry yang sedang tersenyum lebar.

Foto yang sama digunakan Kate Middleton dan Pangeran William saat mengucapkan selamat ulang tahun pada adik mereka. Mengutip People, Selasa, 17 September 2024, foto itu diambil di sela tur kerajaan ke Irlandia pada 2018, tepatnya saat ia mengunjungi Dogpatch Labs di Dublin, Juli 2018, dua bulan setelah pernikahannya dengan Meghan Markle.


Sengaja Menghilangkan Sosok Meghan Markle?

Kejutan, Pangeran Harry Dapat Ucapan Selamat Ulang Tahun ke-40 dari Kate Middleton dan Pangeran William
Pangeran Harry mendapat ucapan selamat ulang tahun dari Raja Charles III, Pangeran William, dan Kate Middleton. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/C_7ey6lMCDE/Dinny Mutiah)

Dari sudut berbeda foto tersebut, Pangeran Harry sebenarnya duduk di samping Meghan Markle. Karena itu, muncul tudingan bahwa Kerajaan Inggris sengaja menghilangkan sosok Duchess of Sussex dari foto tersebut.

Namun, pihak Istana Buckingham, menurut The Independent, membantah tudingan itu dengan menyatakan bahwa mereka tidak menyunting dan menggunakan foto sesuai format yang diterima. Foto itu menampilkan Harry mengenakan jas abu-abu dengan kemeja putih.

Foto itu diambil fotografer Jimmy Rainford yang merilis dua versi foto untuk Getty Images. Pada versi pertama dengan angle lebih lebar, pasangan Sussex tertangkap kamera sedang tersenyum bersama yang lain. Dalam bidikan terpisah, jepretan itu memperbesar Duke of Sussex, yang merupakan gambar yang digunakan bersama pesan untuk ulang tahun Harry yang ke-40.

"Asal tahu saja, Keluarga Kerajaan menghapus Meghan dari foto itu. Ini bukan 'ranting zaitun,'" tulis salah satu pengguna X. "Charles dan William sama-sama mengucapkan selamat ulang tahun kepada Harry, tapi gunakan foto yang Meghan di-crop," komentar yang lain.


Pangeran Harry Terima Warisan

Ucapan Selamat Ulang Tahun Raja Charles III untuk Pangeran Harry Dituding Tak Tulus, Sengaja Potong Meghan Markle di Foto?
Foto Pangeran Harry dan Meghan Markle saat menjalani tur Irlandia pada 2018. (dok. Nick Bradshaw / it_freelance / POOL / AFP)

Akhir pekan lalu, pasangan Wales secara mengejutkan mengucapkan selamat ulang tahun via Instagram Story untuk Pangeran Harry, Minggu, 15 September 2024. "Selamat ulang tahun ke-40 untuk Duke of Sussex," tulis mereka.

Pangeran dan Putri Wales mengunggah ulang konten yang dibagikan akun The Royal Family yang biasa membagikan kabar terbaru seputar Raja Charles III dan para anggota kerajaan yang bekerja. Itu pertama kalinya keluarga Kerajaan Inggris kembali menyampaikan selamat ulang tahun pada Harry sejak 2021.

Dengan genap berusia 40 tahun, Pangeran Harry berhak menerima warisan nenek buyutnya, ibunda Ratu Elizabeth II, Ibu Suri. Menurut The Times, Ibu Suri telah menyiapkan dana perwalian keluarga khusus untuk cicitnya pada 1994 ketika Harry baru berusia 10 tahun.

Elizabeth dilaporkan telah menyetorkan 19 juta pound sterling ke dalam dana tersebut, yang bagiannya berhak diterima Harry ketika ia berusia 40 tahun. Mendiang nenek buyut Harry diperkirakan memberikan uang tersebut dengan cara ini untuk mencegah Duke dan cicitnya yang lain membayar pajak warisan.

Mengutip Hello Magazine, Senin, 9 September 2024, meski besaran warisan yang ditetapkan untuk masing-masing cucu dirahasiakan, dilaporkan bahwa Harry mewarisi lebih banyak uang daripada William. Pasalnya, suami Kate Middleton sudah menerima warisan Kadipaten Cornwall setelah jadi Pangeran Wales.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya