Parade Desainer di Fashion Nation, Semarak Selebrasi Ulang Tahun ke-18 Senayan City

Mengangkat tema "Anniversary Celebration", Fashion Nation menampilkan karya-karya luar biasa dari 18 desainer berbakat Indonesia.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 21 Sep 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 14:30 WIB
Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024
(Dari kiri ke kanan) koleksi dari Rinda Salmun, Rama Dauhan dan IKAT Indonesia di Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Liputan6.com, Jakarta - Sederet karya desainer Tanah Air hadir dalam satu parade landasan pacu di gelaran ikonik Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024 di Main Atrium di lantai satu Senayan City. Mengangkat tema "Anniversary Celebration", Fashion Nation menampilkan karya-karya luar biasa dari 18 desainer berbakat Indonesia.

Deretan acara desainer ternama yang berpartisipasi dalam tahun ini antara lain Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji, Happa by Mel Ahyar, Hartono Gan, Hunting Fields, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, iyonono, KLE, Moral, Natalia Kiantoro, ohmmbybai, Patrick Owen, Purana, Rama Dauhan, Rinda Salmun, Savlavin, Wilsen Willim, dan Yosafat Dwi Kurniawan. Setiap desainer menampilkan koleksi terbaru mereka di bawah bimbingan ahli koreografer mode Edwan Handoko dan diiringi oleh musik yang dinamis dari Winky Wiryawan.

"Selama 18 tahun terakhir, Fashion Nation di Senayan City telah berkomitmen untuk memperkuat posisi industri fashion di Indonesia. Acara ini secara konsisten mendukung dan menjadi saksi pertumbuhan kreativitas dalam dunia fashion setiap tahunnya," ungkap

Ia menyambung bahwa kolaborasi bersama para desainer, brand, dan sponsor, saya sangat yakin bahwa Fashion Nation 2024 akan memperkenalkan elemen-elemen baru yang menawan bagi para penggemar mode di Indonesia," ujar Halina, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City saat konferensi pers sebelum pegelaran, Jumat, 20 September 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Napas Selebrasi di Setiap Koleksi

Fashion Nation's 18th Edition menjadi selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024
Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Hartono Gan, salah satu desainer yang hadir dalam konferensi pers mengungkapkan bahwa kali itu, dia menampilkan tiga karya dengan napas selebrasi. "It's all about party," tukasnya sembari mengatakan bahwa dirinya menyukai pesta.

Di landasan pacu, busana yang ia tampilkan pun sangat glamor dengan sesuatu yang berkilauan. Ada satu tampilan nuansa emas pada salah satu gaun dan blazer silver untuk pria yang berpadu celana hitam. Kemudian satu koleksinya juga berupa kemben hitam dengan material beludru yang berpadu rok ballgown warna fuchisia.

Di kesempatan yang sama desainer Rama Dauhan mengaku menyempatkan untuk ikut meramaikan selebrasi dengan membuat koleksi. Ia menampilkan koleksi gaun hitam menerawang dengan banyak patchwork dan embroidery.

"Industri ini yang sangat serius aku jalani, semua pekerjannya diatur dengan timeline dan disiplin yang sangat ketat," katanya.

"Ini untuk Senayan City i will do it," ungkap Rama lagi ketika ditanya alasan menyempatkan waktunya bergabung dan tak keberatan jika harus bekerja ekstra.  


Gandeng Indonesian Fashion Designer Council

Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)
Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Banyak tampilan koleksi lainnya yang menarik dalam parade desainer di Fashion Nation ke-18, termasuk label Happa yang digawangi oleh desainer Mel Ahyar. Ia memberikan sentuhan warna-warna bertabrakan serta sentuhan denim yang terlihat lucu untuk dikenakan sehari-hari.

Lalu ada Ikat Indonesia by Didiet Maulana yang tetap konsisten memakai wastra sebagai materia busananya. Begitu juga Purana yang eksis dengan motif batik, kali ini mengungkap busana tersebut menjadi terlihat ringan dan cocok untuk daily wear.

Sebagai informasi, gelaran ini berlangsung selama seminggu pada 20--28 September 2024. Tak ketinggalan, tahun ini pun Fashion Nation menggandeng Indonesian Fashion Designer Council (IFDC).

IFDC melantik tiga anggota baru, yaitu Adeline Esther, Yosafat Dwi Kurniawan, dan Ria Miranda ke jajarannya. Ketiga desainer ini akan merayakan pelantikan mereka dengan fashion show khusus yang menyajikan koleksi terbaru mereka. IFDC akan menyemarakkan Fashion Nation dengan Fashion Parade yang menampilkan 25 desainer yang menginterpretasikan tema "Hitam Putih'. 


Gaya Fashion Installation

Para desainer di acara Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)
Para desainer di acara Fashion Nation's 18th Edition sebagai selebrasi perayaan ulang tahun Senayan City yang ke-18 dihelat pada Jumat, 20 September 2024. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Di bawah arahan koreografer mode Panca Makmun, setiap desainer yang berpartisipasi akan menampilkan tampilan yang mengekspresikan interpretasimereka terhadap skema warna klasik ini. Para desainer yang berpartisipasi termasuk talenta-talenta ternama seperti Adeline Esther, Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan.

Ada pula Didi Budiardjo, Eddy Betty, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Monica Ivena, Priyo Oktaviano, Rama Dauhan, Ria Miranda, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, Wilsen Willim, Yogie Pratama, Yongki Budi Sutisna, dan Yosafat Dwi Kurniawan. 

Selain itu, IFDC juga kembali menggelar Gaya Fashion Installation. Tahun ini, tema yang diusung adalah 'sustainability' dengan menyorot tiga area limbah fashion: Air, Water, dan Earth. Tahun ini, 24 desainer IFDC akan menyampaikan ketiga elemen tersebut dengan menggunakan bahan daur ulang mengubahnya menjadi karya seni yang membawa pesan dan cerita yang unik.

Fashion Nation lebih dari sekadar acara mode tapi menjadi perangkai cita rasa yang bertujuan memberikan pengalaman seru dan stylish bagi semua tamu yang hadir, sambil menyoroti para desainer top dan brand berkelas dunia. Acara ini turut mendukung retail fashion dengan merangkul brand internasional serta desainer lokal, demi mengangkat status Senayan City sebagai destinasi fashion utama di Jakarta. 

 

Infografis Brand Modest Fashion Lokal
Infografis Brand Modest Fashion Lokal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya