Sophie Kirana Siap Tampil di Miss International 2024,Tidak Terbebani Kemenangan Tata di Miss Supranational dan Permata di Miss Cosmo

Sophie Kirana yang merupakan Puteri Indonesia Lingkungan 2024 akan mengikuti ajang bergengsi Miss International 2024. Kontes kecantikan ini dilaksankan mulai tanggal 29 Oktober sampai Grand Final 12 November 2024 di Jepang.

oleh Henry diperbarui 21 Okt 2024, 21:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 20:37 WIB
Sophie Kirana Siap Tampil di Miss Internatioanl 2024
Sophie Kirana Siap Tampil di Miss Internatioanl 2024.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia kembali akan menggirimkan perwakilan Indonesia yaitu Sophie Kirana, Puteri Indonesia Lingkungan 2024, untuk mengikuti ajang bergengsi Miss International 2024. Kontes kecantikan ini kan dilaksankan mulai tanggal 29 Oktober sampai Grand Final 12 November 2024 di Tokyo Dome City Hall, Jepang.

Sebelum keberangkatan ke ajang Miss International 2024, Mustika Ratu dan Yayasan Puteri menyelenggrakan konferensi pers yang berjudul “Puteri Indonesia Lingkungan 2024, Sophie Kirana Goes to Miss International 2024'.

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, menyampaikan dukungannya dan berharap Sophie dapat tampil maksimal serta menunjukkan performa terbaiknya di ajang bergengsi tersebut.

"Harapan kami, Sophie mampu meraih hasil terbaik dan membawa pulang mahkota Miss International untuk kedua kalinya bagi Indonesia. Kami optimis dengan kerja keras, dedikasi, dan persiapan yang matang, Sophie mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, " ujar Putri di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Sophie Kirana tampil dengan riasan kosmetik Beauty Queen Series by Mustika Ratu, dipadukan dengan cocktail dress yang dirancang oleh Whulyan. Sebagai bentuk kebanggaan Indonesia, Sophie juga akan membawa suvenir cantik berupa gantungan kunci khas DI Yogyakarta dan produk Mustika Ratu untuk seluruh kontestan Miss International.

Hal ini bukan hanya untuk menunjukkan dukungan kepada Sophie, tetapi juga memperkenalkan produk lokal yang berkualitas kepada dunia. Sophie akan berkompetisi dalam ajang Miss International 2024 bersama 75 peserta lainnya dari berbagai negara. Bukan hanya berjuang meraih mahkota, Sophie juga akan bertindak sebagai duta Indonesia, memperkenalkan kekayaan alam dan budaya sebagai pilar penting pariwisata serta ekonomi kreatif di tingkat internasional.

 

Memperkenalkan Keindahan Pariwisata dan Budaya Indonesia

Sophie Kirana Siap Tampil di Miss Internatioanl 2024.
Sophie Kirana Siap Tampil di Miss Internatioanl 2024. (Liputan6.com/Henry)

Partisipasi Sophie dalam ajang ini menjadi kesempatan emas untuk mengangkat citra Indonesia sebagai destinasi wisata yang memukau dan memperkenalkan keunikan serta keindahan warisan budaya yang dimiliki tanah air. Dengan mengusung misi ini, Sophie diharapkan mampu menampilkan yang terbaik dan memperlihatkan kepada dunia potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International 2024. Saya merasa sangat bersemangat dan mohon doa dan dukungan agar dapat meraih hasil terbaik dan membawa pulang mahkota Miss International," harap wanita 24 tahun ini.

Ajang Miss International terakhir kali digelar pada Oktober 2023, di mana perwakilan Indonesia, Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, berhasil meraih penghargaan Miss International Special Award dalam kategori Best in Evening Gown. Prestasi tersebut melanjutkan tradisi panjang keberhasilan Indonesia di panggung Miss International yang diwakili oleh Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu.

Hingga kini, Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu telah mengirimkan wakil Indonesia ke ajang Miss International sebanyak 15 kali. Sejumlah prestasi membanggakan telah diraih oleh para finalis, yang tidak hanya membawa nama Indonesia ke kancah dunia, tetapi juga memperkenalkan kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia.

Prestasi Indonesia di Kontes Kecantikan Internasional

Harashta Haifa Zahra
Harashta Haifa Zahra saat dinobatkan jadi Miss Supranational 2024 di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia, Sabtu 6 Juli 2024. (Dok. Diskominfo Bandung)

Prestasi tertinggi Indonesia di ajang ini diraih oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Lilliana, yang berhasil memenangkan mahkota Miss International 2017. Sebelumnya, Puteri Indonesia Lingkungan 2016, Felicia Hwang, meraih posisi Runner Up 2nd dan menerima penghargaan Miss Best Dresser.

Pada tahun 2018, Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Herlambang, sukses masuk dalam posisi 15 besar. Sementara itu, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie, berhasil meraih posisi 8 besar serta beberapa penghargaan lain, yaitu Panasonic Beauty Ambassador dan Miss People’s Choice dari Missology Choice Awards.

Dii tahun ini bahkan ada dua orang yang berhasil membuat Indonesia bangga. Ada Permata Juliastrid, Puteri Indonesia Pariwisata 2024, berhasil menyabet gelar Miss Cosmo 2024 dalam malam final yang berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2024, di Saigon Riverside Park, Vietnam.

Permata berhasil mengalahkan 58 kontestan dan berhasil masuk dalam babak Top 2 bersama negara Thailand, dan akhirnya menang dan terpilih menjadi Miss Cosmo 2024, dimana sebelumnya Permata juga memenangkan Cosmo Beauty Icon Award.

Tak Ada Beban di Miss International 2024

Sophie Kirana Puteri Indonesia Lingkungan 2024
Sophie Kirana Puteri Indonesia Lingkungan 2024. (dok. @ragam.pageant.id/Instagram/https://www.instagram.com/p/C4Qx4ncv4UM/?igsh=MXUwNWNzaGlvaW8ydg==/Putri Astrian Surahman)

Sebelumnya, Harashta Haifa Zahra atau Tata berhasil mencetak sejarah. Ia menjadi pemenang Miss Supranational 2024 sekaligus menjadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, pada Sabtu, 6 Juli 2024, waktu setempat.

Meski begitu, Sophie mengaku tidak merasa terbebani dengan kemenangan yang diraih sesa,a finalis Puteri Indonesia 2024 itu.  "Iya prestasi kak Tata di Miss Supranational dan Permata di Miss Cosmo itu luar biasa sekali. Saya salut pada nereka, tapi bukan berarti ini jadi membenani saya buat mengukir prestasi yang sama. Saya justru menganggapnya sebagai pemicu dan inspirasi untuk meraih prestasi serupa atau bahkan yang lebih baik lagi," tuturnya.

Dalam malam final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat, 8 Maret 2024 Wakil DI Yogyakarta Sophie Kirana terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2024 setelah ia dikalahkan wakil Jawa Barat Harashta Haifa Zahra di babak 2 besar.

Perjalanan Sophie sebagai salah satu pemenang ajang kontes kecantikan tertua di Indonesia pun berlanjut. Ia akan mewakili Indonesia dalam kontes kecantikan internasional, Miss International 2024 di Jepang.

 

Infografis perawatan kecantikan
Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya