Daerah-Daerah Kepulauan Deklarasikan Aspeksindo Agustus 2017

Ketua Panitia Kongres Maritim Nasional Andi Fajar Asti menyatakan, keberadaan Aspeksindo akan memberi banyak manfaat.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 06 Jul 2017, 14:49 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2017, 14:49 WIB
Miangas, Pulau Menangis yang Jadi Rebutan 3 Negara
Tanjung Jokowi di Pulau Miangas, Sulawesi Utara. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah daerah kepulauan di Indonesia sepakat membentuk Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia atau Aspeksindo.

Rencananya asosiasi ini akan dideklarasikan bersamaan dengan Kongres Maritim Nasional di Makassar, 9 hingga 11 Agustus mendatang. Presiden Jokowi dijadwalkan hadir di acara tersebut.

"Kita menerjemahkan salah satu Nawacita untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan langkah konkret. Aspeksindo adalah wadahnya," ujar Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali, penggagas lahirnya Aspeksindo melalui keterangan tertulis, Kamis (6/7/2017).

Tujuannya Aspeksindo adalah mendorong lahirnya infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir.

"Nelayan kita tak boleh hidup miskin lagi," ujar Basli Ali.

Ketua Panitia Kongres Maritim Nasional Andi Fajar Asti menyatakan, keberadaan Aspeksindo akan memberi banyak manfaat. Selain mengembangkan ekowisata juga untuk membantu menjaga kedaulatan bangsa.

"Tak kalah pentingnya adalah bagaimana asosiasi ini nantinya membantu menggali potensi laut kita dan mengurangi kesenjangan di daerah pesisir," ujar Andi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya