Puluhan Korban Keracunan Keong Sawah di Bogor Masih Dirawat

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kota Bogor belum mengetahui penyebab keracunan yang dialami 53 warga usai menyantap keong sawah.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 26 Mei 2018, 17:30 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2018, 17:30 WIB
Puluhan Korban Keracunan Keong Sawah di Bogor Masih Dirawat
Puluhan Korban Keracunan Keong Sawah di Bogor Masih Dirawat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 53 orang yang keracunan usai menyantap olahan tutut atau keong sawah saat buka puasa di Bogor, Jumat kemarin, masih dirawat di sejumlah rumah sakit hingga saat ini.

Dinas Kesehatan Kota Bogor mencatat, dari 53 orang yang keracunan tersebut, 24 orang dirawat di Puskesmas Bogor Utara, 10 dirawat di Puskesmas Tanah Sareal, 15 di RSUD Kota Bogor, 1 di RS Mulia, dan 3 orang di RS Azra. Korban sebagian besar adalah anak-anak dan ibu-ibu.

"Sisanya sebanyak 9 orang sudah dipulangkan, tapi harus rawat jalan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Rubaeah, Sabtu (26/8/2018).

Rubaeah mengatakan, puluhan warga Kampung Sawah, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara ini diketahui keracunan setelah mengalami gejala mual, pusing, muntah, demam tinggi, dan diare setelah menyantap tutut usai buka puasa.

"Mereka makan tutut ada yang hari Rabu malam dan Kamis malam. Tapi mereka mulai berobat Jumat pagi dan terus berdatangan ke puskesmas hingga Jumat malam tadi," terang dia.

Mengingat banyaknya jumlah pasien yang datang, pihak Puskesmas akhirnya merujuk mereka ke beberapa rumah sakit di Kota Bogor.

Hingga saat ini, dia belum mengetahui apakah penyebab keracunan itu berasal dari keong sawah atau bumbu olahan makanan tersebut.

Tetapi sampel makanan sudah diambil petugas kesehatan untuk diuji di laboratorium guna mengetahui penyebab warga mengalami gejala seperti keracunan. "Hasilnya baru ketahuan empat hari kemudian," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penjual Tutut Diperiksa Polisi

Puluhahn warga di Bogor keracunan usai menyantap tutut atau keong sawah (Liputan6.com/Achamd Sudarno)
Puluhahn warga di Bogor keracunan usai menyantap tutut atau keong sawah (Liputan6.com/Achamd Sudarno)

Kasubag Humas Polresta Bogor Kota AKP Yuni Astuti mengatakan, polisi masih memeriksa dua orang yaitu Juju, penjual tutut serta Diah yang memasak dan menitipkan olahan tutut kepada Juju.

"Keduanya masih dimintai keterangan penyidik terkait dugaan warga alami keracunan," kata dia.

Petugas polisi dan Dinas Kesehatan telah mengambil sampel berupa cangkang tutut dan kuah bumbu tutut tersebut.

Menurutnya, polisi akan mengambil tindakan sesuai dengan hukum jika menemukan bahwa kejadian itu sebagai tindak kriminal.

Selama bulan Ramadan, Juju biasa berjualan takjil dan tutut di kampung tersebut. Warung dadakan milik Juju kerap ramai pembeli terutama kalangan anak-anak dan ibu rumah tangga.

"Sehari dia bisa menjual olahan tutut sebanyak 80 bungkus seharga Rp 2.000 per bungkus," ungkap Yuni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya