JK Beri Penghargaan untuk Kepala Daerah Terbaik, dari TGB hingga Wali Kota Madiun

Wapres Jusuf Kalla menjelaskan, penghargaan didapat dengan cara yang tidak mudah.

oleh Yopi Makdori diperbarui 17 Jul 2019, 13:48 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2019, 13:48 WIB
Wapres Jusuf Kalla menyematkan penghargaan kepada kepala daerah di JCC, Jakarta, Rabu (17/7/2019).
Wapres Jusuf Kalla menyematkan penghargaan kepada kepala daerah di JCC, Jakarta, Rabu (17/7/2019). (Merdeka.com.com/ Intan Umbari Prihatin)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kepala daerah dan lima pemerintah daerah mendapatkan penghargaan kinerja terbaik dari pemerintah. Penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha diberikan untuk kepala daerah dan Parasamya Purnakarya Nugraha bagi lima pemerintah daerah.

Lencana tanda kehormatan disematkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hadir dalam acara pemberian penghargaan.

"Mohon berkenan Bapak Wakil Presiden menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha kepada delapan kepala daerah yang berkinerja terbaik," kata Mendagari di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan (17/7/2019).

Penghargaan tersebut, kata Tjahjo, atas hasil evaluasi kerja penyelenggara pemerintahan daerah (EKPPD Terpadu) pada tahun 2019. Penghargaan dikukuhkan dalam sebuah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26/PK/2019 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan.

Mendagri mengungkapkan, penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi kinerja-kinerja terbaik pemerintah daerah maupun kepala daerah agar mereka terus memacu inovasinya.

"Merupakan bentuk apresiasi dari pada pelaksanaan pemerintah daerah agar berinovasi lebih baik, mampu memotivasi bagi seluruh pemerintah daerah yang ada agar," kata dia.

Dalam Keppres bernomor 26 tersebut, penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur; Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat; Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Pemerintah Kota Gorontalo, Gorontalo.

Sedangkan yang mendapatkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha antara lain, Gubernur Nusa Tenggara Barat 2013-2018 Tuan Guru Muhammad Zainul Majdi, Bupati Bintan Apri Sujadi, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dan Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Tidak Mudah Dapat Penghargaan

Wapres Jusuf Kalla menyematkan penghargaan kepada kepala daerah di JCC, Jakarta, Rabu (17/7/2019).
Wapres Jusuf Kalla menyematkan penghargaan kepada kepala daerah di JCC, Jakarta, Rabu (17/7/2019). (Liputan6.com/ Yopi Makdori)

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan penganugerahan Satyalancana Karyabakti Prajanugraha kepada mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Balai Sidang JCC, Jakarta Pusat.

"Saya ingin menyampaikan, ucapan selamat dan penghargaan apresisi kepada saudara bupati, wali kota dan gubernur yang pada pagi hari ini mendapat penghargaan Sapkarya Nugraha dan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha," kata JK saat memberikan penghargaan di Balai Sidang JCC, Jakarta Pusat.

JK menjelaskan, penghargaan didapat dengan cara yang tidak mudah, kerja keras, serta mengikuti sistem dan aturan yang ada. Sebab itu penghargaan tersebut adalah upaya untuk mengurus daerah yang lebih baik.

"Apalagi yang mau pilkada pasti penting itu kan. Pasti penting, kalau Tuan Guru cukup enggak perlu lagi pilkada tinggal yang lainnya," ungkap JK.

Sebab itu, penghargaan tersebut adalah apresiasi untuk daerah. Dia mencontohkan seperti Bupati Banyuwangi yang memiliki banyak penghargaan.

"Karena itulah, penghargaan itulah bentuk apresiasi banyak daerah tentu lemarinya sudah penuh dengan segala macam penghargaan seperti Bupati Banyuwangi, pasti banyak penghargaan," lanjut JK.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya