Lampu Pohon Imitasi Dipasang di Trotoar Jelang Perayaan Natal

Pemasangan lampu pohon imitasi itu kata dia ada di lima titik.

oleh Ika Defianti diperbarui 18 Des 2019, 19:50 WIB
Diterbitkan 18 Des 2019, 19:50 WIB
Sambut Natal, Pemprov DKI Tampilkan Christmas Carol di 11 Titik
Ornamen Natal terlihat saat paduan suara Christmas Carol menghibur pengguna jalan di depan pedestrian Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Acara ini berlangsung pada tanggal 18-20 Desember 2019 mulai pukul 17.00-19.00 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Ricky Marojahan menyatakan, menjelang perayaan Natal, di trotoar Sudirman-Thamrin dipasang lampu pohon imitasi.

"Kita pasang lampu hias ornamen pencahayaan," kata Ricky saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).

Pemasangan lampu pohon imitasi itu kata dia ada di lima titik. Ricky juga membenarkan bila lampu imitasi yang digunakan yaitu pohon yang pernah viral jelang perayaan Asian Games 2018.

"Di depan FX Senayan, Terowongan Kendal dan lain-lain. Kita sih dukung saja prinsipnya," ucapnya.

Sebelumnya, pohon imitasi membuat warga Jakarta sempat heboh, pada 2018. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kala itu mengatakan, pohon imitasi tersebut milik sudin dan memang biasa dipakai ketika ada event-event tertentu. Mengingat pohon imitasi sudah dilepas, maka dikembalikan ke gudang.

Penampakan pohon imitasi berwarna merah yang terpasang di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/6). (Liputan6.com/Arya Manggala)

 

"(Pohon imitasi) kembali lagi ke gudang di Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Jadi memang ada di sana. Dan itu sudah stok lama yang selalu di setiap hari-hari besar atau hari kebangsaan maupun agama dipakai untuk penerangan dan memeriahkan hari-hari besar tersebut," kata dia Sandiaga usai upacara Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta Pusat, Jumat 1 Juni 2018.

Saat itu, Sandiaga menegaskan, pohon imitasi yang dipasang di sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat tidak memakan anggaran hingga Rp 8 miliar.

"Dampak terhadap anggaran, kita sudah periksa bahwa anggaran itu adalah yang disebut-sebut baik itu Rp 8 milliar itu salah. (Begitu pula) Rp 2,2 milliar untuk anggaran Asian Games juga salah," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jalanan Bak Eropa

Sambut Natal, Pemprov DKI Tampilkan Christmas Carol di 11 Titik
Paduan suara Christmas Carol menghibur pengguna jalan di depan pedestrian Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan Natal secara terbuka di sejumlah kawasan ruang terbuka hijau (RTH) dan protokol Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan Natal secara terbuka dengan dekorasi yang khas dan paduan suara di kawasan protokol Jakarta. Dekorasi itu dengan pemasangan pohon-pohon Natal dan paduan suara di sejumlah titik.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat menyatakan kegiatan itu guna menciptakan kebersamaan dan persaudaraan di Jakarta.

"Sebelumnya kami juga mendukung event-event keagamaan lain, dan ini menandakan Jakarta memang kota untuk semua, Jakarta kota yang berkeadilan sosial," kata Hendra dalam keterangan tertulis, Rabu (17/12/2019).

Dia menyebut, pagelaran paduan suara dan pemasang pohon agar serasa perayaan di sudut Eropa. Selain perayaan Natal, kata Hendra, Pemprov DKI Jakarta juga telah melaksanakan kegiatan keagamaan lainnya.

Seperti halnya Jakarta Muharram Festival 2019 yang diadakan bagi umat Islam dan Festival Cahaya (Deepavali) 2019/5121 Kaliyuga bagi umat Hindu – India.

"Bak perayaan Natal di sudut-sudut jalanan Eropa, sekaligus menyongsong Jakarta sebagai kota global, Pemprov DKI Jakarta mendukung gelaran Christmas in Jakarta," ucapnya.

Hendra menjelaskan, terdapat 11 titik Christmas Carol di sepanjang Jalan Sudirman – MH Thamrin dan stasiun MRT Jakarta pada 18-20 Desember 2019, mulai pukul 17.00 – 19.00 WIB. Di antaranya yakni depan Grand Hyatt, Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Sampoerna, dan FX Senayan.

Kemudian ada di depan Mayapada, Panin, Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun MRT Istora, Stasiun MRT Blok M, serta Stasiun MRT Cipete Raya.

Sedangkan untuk pohon Natal, berlokasi di Thamrin 10 dan Lapangan Banteng pada 18-31 Desember 2019.

"Pohon Natal setinggi kurang lebih 10 meter ini dibuat dari bahan daur ulang botol dan kain perca, mengangkat nuansa Nusantara," jelas Hendra.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya