Corona Merajalela, Bagaimana Stok APD di RSPI, RSUD Pasar Rebo, dan Wisma Atlet?

Dirut RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, hingga kini stok APD masih mencukupi untuk waktu satu hingga dua pekan ke depan.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Apr 2020, 15:28 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2020, 15:28 WIB
Pemkot Bogor Kembali Terapkan Drive Thru untuk Rapid Test Covid-19
Petugas Dinkes Kota Bogor mengenakan pakaian APD melakukan rapid test Covid-19 dengan sistem drive thru di pelataran Stadion GOR Pajajaran, Bogor, Selasa (31/03/2020). Penyelenggaraan drive thru yang kedua kalinya ini dilakukan kepada lebih dari dua ratus ODP Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Ribuan alat-alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) telah didistribusikan Pemerintah Indonesia ke beberapa daerah guna mengatasi virus Corona atau Covid-19.

Kendati demikian, beberapa rumah sakit dikabarkan sudah mulai kekurangan stok APD. Lalu, bagaimana stok Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, dan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet ?

Direktur Utama (Dirut) RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, hingga kini stok APD masih mencukupi untuk waktu satu hingga dua pekan ke depan.

"Cukup sampai saat ini masih cukup. Mungkin dua minggu ke depan masih ada," katanya kepada merdeka.com, Rabu (1/4/2020). 

Syahril mengaku pihaknya telah meminta kepada pemerintah untuk menyalurkan kembali APD bagi para tenaga medis. 

"Kita sudah minta lagi. Berapa banyak? Saya lupa jumlahnya dan lupa kapan mintanya. Tapi secara rutin sudah kita minta ke BNPB dan badan kesehatan ya, dan belum (ada) karena kan kita masih ada, nunggu dulu," katanya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSPI Sulianti Saroso Tiur Sani menambahkan, selain dari pemerintah pihaknya juga telah menerima donasi dari pihak swasta maupun perseorangan. Sehingga, kebutuhan APD diperkirakan masih akan tercukupi hingga beberapa minggu ke depan.

"Dalam tanda kutip masih ada barangnya, kan donasi selalu ada sampai langsung didistribusi. Masih ada kalau untuk seminggu dua minggu ke depan. Tapi kan kebutuhan suka mendadak, kalau pasiennya nambah, kebutuhan APD nya makin banyak juga kan," ujarnya.

Menurut Tiur, pihaknya telah meminta ke Kemenkes. Biasanya, lanjut Tiur, APD tiba sebanyak 1. 500 unit.

  

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Bagaimana Stok APD di Pasar Rebo?

Sementara itu, Kepala Humas dan Pemasaran RSUD Pasar Rebo, Unjuk Kita Merda mengaku, hingga kini stok APD masih mencukupi. Namun, dia tidak tahu hingga kapan APD bisa terpenuhi.

Senada dengan Tiur, kebutuhan APD tergantung akan jumlah pasien yang dirawat. Semakin banyak pasien, makin banyak pula kebutuhan APD yang digunakan.

"Sampai saat ini kita masih ada, kita juga dari donasi-donasi banyak. Saya nggak bisa pastikan karena tergantung kondisi pasien. Tapi sampai sat ini masih cukup, dengan adanya donasi kita bersyukur juga," kata Merda. 

Hal serupa juga diungkap oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan. Dia mengatakan APD di RSD Wisma Atlet hingga kini masih cukup. Namun, ia tak menjelaskan hingga kapan APD itu terpenuhi.

"Masih cukup, karena belum ada laporan kekurangan dari satgaskesh," ujar Yudo.

Menurut Yudo, saat ini pemerintah tengah membagikan 5 juta APD ke berbagai daerah.

"Dari Kemenkes ada 5 juta APD yang akan dibagi-bagi," ujar Yudo.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya