Bantuan Covid-19, Australia Sumbang 100 Ventilator untuk Indonesia

Doni mengatakan, bantuan ini sangat dibutuhkan untuk perawatan pasien [Covid-19 di Tanah Air.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Jul 2020, 13:51 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2020, 13:43 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menerima 100 ventilator noninvasif dari Pemerintah Australia.
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menerima 100 ventilator noninvasif dari Pemerintah Australia.(Dokumentasi BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menerima 100 ventilator noninvasif dari Pemerintah Australia. Doni mengatakan, bantuan ini sangat dibutuhkan untuk perawatan pasien Covid-19 di Tanah Air.

"Kami atas nama pemerintah Indonesia mengapresiasi setinggi-tingginya dan berterima kasih atas kepedulian Pemerintah Australia, ini bentuk kepedulian tinggi Pemerintah Australia untuk mendukung percepatan penanganan penyakit akibat virus SARS-CoV-2," kata Doni dalam siaran pers diterima, Jumat (24/7/2020).

Serah terima bantuan ini, diwakili oleh perwakilan Kedutaan Besar Australia, Allaster Cox. Menurut dia, peralatan medis ini akan membantu Indonesia di garis depan dan mempercepat penanganan dalam konteks medis.

"Ini sebagai bagian dari paket peralatan medis dan laboratorium kritikal senilai Rp19,4 miliar untuk mendukung respons dan pemulihan Covid-19 di Indonesia," tutur Cox.

Sebagai negara sahabat, Cox melanjutkan, bantuan Pemerintah Australia merupakan komitmen untuk bekerja dengan Indonesia dalam mendukung kecepatan respons kesehatan, kemanusiaan dan ekonomi serta kebutuhan pemulihan di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Paket respons Covid-19 Australia

Ventilator dan pasokan medis ini merupakan bagian dari paket respons Covid-19 Australia senilai Rp203,7 miliar untuk Indonesia sebagai tambahan dari pengalihan program untuk aktivitas Covid-19 senilai hampir Rp 436 miliar dari program pembangunan Indonesia yang diberikan Pemerintah Australia dengan total nilai Rp2,9 triliun.

"Seiring terus berkembangnya pandemi, kekuatan kemitraan Australia dengan Indonesia memiliki arti bahwa kita akan menghadapi tantangan kesehatan dan ekonomi bersama. Kemitraan ini akan membangun masa depan yang lebih kuat bagi kedua negara," tandas Cox.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya