Jelang Perayaan Paskah, Depok Tetapkan Status Siaga

Subandi menjelaskan, 250 personel gabungan Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok melakukan patroli pengamanan.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 30 Mar 2021, 09:30 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2021, 09:26 WIB
Anggota Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok melakukan pengecekan salah satu gereja di Kota Depok.
Anggota Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok melakukan pengecekan salah satu gereja di Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan di Kota Depok menjadi status siaga menjelang perayaan Paskah. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan seperti aksi terorisme di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok pun melakukan penebalan keamanan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami menetapkan status siaga dengan menambah jumlah personel untuk melakukan patroli," ujar Kasat Sabhara Polres Metro Depok Kompol Subandi, Selasa (30/3/2021).

Subandi menjelaskan, 250 personel gabungan Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok melakukan patroli pengamanan. Nantinya, penambahan jumlah personel akan diturunkan dari anggota tiap polsek.

"Kami terus berpatroli melakukan pengecekan gereja untuk mempersiapkan keamanan dan kondusifitas Kota Depok," kata dia.

Selain itu, lanjut Subandi, pada pelaksanaan Jumat Agung dan ibadah lain pada Paskah, akan ada pemeriksaan pengamanan yang cukup ketat. Pihaknya akan menggunakan metal detector untuk memeriksa pengunjung yang datang ke gereja.

"Nantinya ada metal detector sebagai langkah antisipasi dan sebelum pelaksanaan seluruh tempat ibadah gereja harus dipastikan aman," ucap Subandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Bukan hanya di gereja

Subandi mengungkapkan, peningkatan keamanan bukan hanya dilakukan di sejumlah gereja di Kota Depok. Polres dan Kodim 0508/Depok melakukan peningkatan pengamanan di sejumlah titik keramaian masyarakat, salah satunya pusat perbelanjaan maupun pasar.

"Kami melakukan patroli di mal dan pasar di Kota Depok karena lokasi tersebut menjadi konsentrasi kami selain pengamanan gereja," kata Subandi.

Subandi mengajak masyarakat Kota Depok untuk tidak panik dan tetap menjalankan aktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Apabila melihat hal mencurigakan dan berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, dapat melaporkan ke kantor polisi terdekat.

"Apabila ada hal yang mencurigakan, segera lapor ke kami atau polisi terdekat," pungkas Subandi. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya