Cegah Banjir Saat Musim Hujan, Pemprov DKI Jakarta Gencar Gerebek Lumpur

Pemprov DKI Jakarta terus menggencarkan program Gerebek Lumpur di Kali Sunter, Jakarta Utara guna mengantisipasi genangan atau banjir jelang musim hujan.

oleh Ika Defianti diperbarui 03 Okt 2021, 15:03 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2021, 15:03 WIB
FOTO: Aliran Kali Krukut Diperlebar
Petugas menggunakan alat berat untuk mengeruk lumpur serta memperlebar aliran Kali Krukut di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Pelebaran serta pengerukan tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran air yang kerap menimbulkan banjir setiap hujan deras. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggencarkan program Gerebek Lumpur di Kali Sunter, Jakarta Utara guna mengantisipasi genangan atau banjir jelang musim hujan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menyatakan, grebek lumpur tersebut dilakukan di segmen depan Pompa Rawa Badan sepanjang 495 meter dan depan Artha Gading sepanjang 210 meter.

"Kegiatan pengerukan ini akan memiliki dampak langsung kepada kita semua untuk pencegahan genangan pada lokasi sekitar DAS yang dikeruk," ujar Yusmada di Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Menurut dia, pengerukan itu bertujuan untuk melindungi 14 RT seluas 15.700 meter persegi yang ada di sekitar daerah aliran sungai (DAS).

Yusmada mengungkapkan, pihaknya mengerahkan tiga excavator amphibi, dua excavator long arm, dan satu unit excavator standart untuk segmen depan Pompa Rawa Badak Dinas SDA.

Lalu, kata dia, alat berat berupa dua excavator amphibi dan dua unit excavator long arm juga digunakan untuk mengeruk lumpur di segmen depan Artha Gading.

"Sehingga total alat berat ada 10 unit, serta dump truck ada 18 unit untuk kedua lokasi tersebut," ucap Yusmada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Targetkan Bisa Keruk 8.400 Meter Kubik

FOTO: Antisipasi Banjir, Lumpur Kali Ciliwung Dikeruk
Petugas Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta menggunakan alat berat saat mengeruk lumpur di Kali Ciliwung Segmen KBB, Tanah Abang, Kamis (30/9/2021). Dinas SDA DKI Jakarta terus melakukan pengerukan dan pengurasan kali, waduk, dan saluran air melalui kegiatan Gerebek Lumpur. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Yusmada menyatakan kerukan lumpur dari segmen Pompa Rawa Badak akan dibawa ke dump site yang berada di kawasan Beting, Jakarta Utara.

Sedangkan, lumpur hasil kerukan dari segmen Artha Gading bakal dibuang di dump site Ancol.

"Kami menargetkan bisa mengeruk sebanyak 17.920 meter kubik pada segmen Rawa Badak dan 8.400 meter kubik di segmen Artha Gading," jelas Yusmada.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI terus mempercepat optimalisasi sungai dan proyek lain penunjang pengendalian banjir.

"Program-program yang sudah jalan dilakukan percepatan, optimalisasi sumur resapan, waduk, pengerukan kali sungai, gerebek lumpur dan lain-lain," ujar Riza pada Kamis, 26 Agustus 2021 malam.

Dia pun mengaku Pemprov DKI terus memantau segala prediksi potensi bencana alam yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan peringatan terkait adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi menjelang akhir 2021. Sebab diprediksi, musim hujan akan datang lebih awal dari normalnya, pada akhir 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya