Gandeng 2.041 Penyuluh Antikorupsi, KPK Beri 3 Tugas Utama

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menegaskan, optimalisasi kerjasama dengan penyuluh antirasuah di Indonesia terus dilakukan.

oleh Yopi Makdori diperbarui 14 Des 2021, 21:40 WIB
Diterbitkan 14 Des 2021, 21:40 WIB
Bambang Brodjonegoro Kunjungi KPK
Menristek Bambang Brodjonegoro berjalan bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Pertemuan membahas mengenai hal terkait pendanaan penelitian riset teknologi inovasi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menegaskan, optimalisasi kerjasama dengan penyuluh antirasuah di Indonesia terus dilakukan.

Dia mengungkap, KPK memiliki 2.041 kerjasama dengan penyuluh antikorupsi untuk memberantas sikap koruptif di Indonesia.

"KPK melakukan pembinaan jaringan dengan memperbanyak penyuluh antikorupsi dan juga ahli pembangun integritas," ujar Nurul Ghufron di Kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Jakarta Selatan dalam keterangan diterima, Selasa, (14/12/2021).

Dia menjelaskan, kerja sama dengan penyuluh antikorupsi dilakukan karena pihaknya mempunyai keterbatasan. Salah satunya, dalam membangun jaringan pemberantasan korupsi di tingkat masyarakat.

"Kerja sama dengan penyuluh antikorupsi bisa membuat langkah pemberantasan rasuah yang dilakukan KPK menjadi makin kuat," ucap Ghufron.

Sebab, lanjut dia, mereka diberikan tiga tugas untuk membantu KPK sebagai penyuluh antikorupsi.

 


KPK Berikan Tiga Tugas Utama

KPK Tahan Mantan Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron memberi keterangan terkait penahanan mantan Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/5/2021). Yoory merupakan tersangka dugaan korupsi pengadaan tanah pembangunan rumah DP Rp 0,-. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Merinci tugas tersebut, pertama para penyuluh antikorupsi diharapkan dapat memberi advokasi kepada masyarakat agar kemudian mereka kalau melihat, atau mendengar, atau mengetahui tindak pidana korupsi dapat melapor ke KPK. Kedua, tugas untuk mencegah terjadi korupsi di wilayahnya masing-masing.

"Mereka semua diharap bisa memberikan contoh baru dalam memberikan pelayanan publik yang baik," harap Ghufron.

Ketiga, lanjut dia, tugas diberikan adalah dengan meningkatkan integritas masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Menurut dia, peningkatan integritas diharap bisa dimaksimalkan untuk penyuluh antikorupsi yang berlatarbelakang aparatur sipil negara (ASN).

"Mereka kami harapkan untuk membangun integritas di masing-masing lembaganya agar menjadi role model, jadi harapannya itu," Ghufron menandasi.


Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia

Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya