Deretan Pesan dan Ucapan Natal dari Sejumlah Tokoh untuk Umat Kristiani di Indonesia

Hari ini, Sabtu (25/12/2021) segenap umat Kristiani di Indonesia merayakan Hari Raya Natal. Tak hanya di Indonesia, Natal juga dirayakan seluruh umat Kristiani di dunia.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 25 Des 2021, 14:00 WIB
Diterbitkan 25 Des 2021, 14:00 WIB
20 Ide Ucapan Selamat Natal 2021, Penuh Makna dan Menyentuh Hati
Simak ucapan selamat natal 2021 berikut ini yang bisa dijadikan inspirasi. (Pexels/kevin bidwell).

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Sabtu (25/12/2021) segenap umat Kristiani di Indonesia merayakan Hari Raya Natal. Tak hanya di Indonesia, Natal juga dirayakan seluruh umat Kristiani di dunia.

Beragam pesan dan ucapan Natal pun disampaikan sejumlah tokoh. Seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Mahfud menyampaikan, Natal 2021 membawa pesan perdamaian, saling menghargai, dan menghormati. Menurut dia, Natal mempertegas keberagaman di Indonesia yang dilindungi oleh konstitusi.

"Momentum Natal ini menegaskan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilindungi konstitusi berdasarkan ideologi Pancasila. Kita hidup di dalam kebersatuan, di dalam keberagaman dan itu artinya perdamaian saling menolong, saling membantu," ujar Mahfud dikutip dari siaran persnya usai mengunjungi Gereja Katedral dan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel di Jakarta, Jumat 24 Desember 2021.

Tak hanya itu, Ketua DPR RI Puan Maharani juga mengucapkan selamat merayakan Natal untuk umat Kristiani di Indonesia. Dia mengajak masyarakat mengisi peringatan Natal dengan penuh kasih untuk memperteguh kebinekaan.

"Saya ucapkan selamat merayakan Natal tahun 2021 kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia. Isilah perayaan Natal ini dengan penuh kasih dan semangat persaudaraan," ungkap Puan, Sabtu (25/12/2021).

Berikut sederet pesan dan ucapan Natal dari sejumlah tokoh dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Uskup Agung Jakarta

Keuskupan Agung Jakarta Sampaikan Pesan Paskah 2017
Uskup KAJ Mgr. Ignatius Suharyo saat menyampaikan pesan Paskah 2017 di Wisma Katedral, Jakarta, Minggu (16/4). Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) juga membedah perilaku koruptif yang terjadi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo meminta agar semangat persaudaraan harus terus menerus dirawat baik di lingkungan keluarga, komunitas, maupun masyarakat.

Dia menekankan gerakan persaudaraan yang sudah terjalin tak boleh berakhir pada Desember atau saat momentum Natal.

"Kelahiran Yesus memang kita rayakan pada bulan Desember, tetapi gerakan-gerakan persaudaraan yang diinspirasikan oleh cinta kasih Kristus tidak boleh berakhir pada bulan Desember," ujar Ignatius Suharyo saat menyampaikan pesan Natal dalam Perayaan Natal 2021 di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (25/12/2021).

"Semangat persaudaraan di dalam arti yang seluas-luasnya, mesti terus-menerus kita rawat dan kembangkan di tengah keluarga kita, di tengah komunitas kita, di tengah masyarakat dan bangsa kita," sambungnya.

Menurut dia, persaudaraan yang sudah terjalin terkadang dapat tercoreng karena sesat berpikir, kebohongan, hingga adanya agenda-agenda tersembunyi. Ignatius Suharyo berharap momentum Natal mendorong umat Kristiani terus mencari jalan merawat dan mengembangkan persaudaraan.

"Semoga dengan cinta kasih Kristus itu, kita tidak pernah lelah mencintai kita, tidak pernah lelah mencintai komunitas kita, tidak pernah lelah mencintai gereja kita, dan tidak pernah lelah mencintai tanah air kita," tutur dia.


2. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Natal 2021.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Natal 2021. (Foto: tangkapan layar video Instagram aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Natal 2021 pada umat kristiani Ibu Kota.

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta kami mengucapkan Selamat Merayakan Hari Natal 2021," kata Anies Baswedan dikutip dari akun instagram @aniesbaswedan, Sabtu (25/12/2021).

Anies berharap, Natal tahun ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan keteduhan untuk semua.

"Semoga perayaan Natal tahun ini berlangsung dengan aman, damai, teduh, dan reflektif. Dan bisa menjadi babak baru untuk menyusun langkah di tahun baru 2022 yang kita ikhtiarkan bersama menjadi tahun yang lebih baik. lebih teduh dan lebih membahagiakan," kata Anies.

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, Anies menyatakan sudah sepantasnya bersyukur sebab pandemi berangsur terkendali.

"Kita patut bersyukur, karena peringatan tahun ini diselenggarakan ketika kondisi pandemi sudah jauh lebih terkendali. Natal tahun ini menjadi momentum penting untuk memaknai hadirnya damai, damai yang menggerakkan, memulihkan dan menyatukan," ucap dia.

Mantan Mendikbud itu mengajak semua warga antarumat beragama saling bekerjasama menjadikan Jakarta kota yang bersatu.

"Mari kita saling bergandeng tangan, berkolaborasi dan sama-sama menjadikan Jakarta sebagai simpang temu lintas umat beragama. Sebagai rumah yang mempersatukan untuk semua," pungkas Anies.


3. Wakil Ketua KPK

Calon Pimpinan KPK Nurul Ghufron Diuji Komisi III DPR
Capim KPK Nurul Ghufron menyampaikan pendapatnya saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Gufron mengaku setuju dengan adanya kewenangan KPK dalam mengeluarkan SP3. (Liputan6.com/JohanTallo)

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron berharap perayaan Hari Raya Natal 2021 menjadi momen membangkitkan kesederhanaan dan pengorbanan.

"KPK berharap perayaan Natal tahun 2021 ini meningkatkan semangat kesederhanaan dan pengorbanan sebagaimana firman Allah: 'Dia juga tidak lahir di istana, namun di dalam palungan atau tempat makan ternak'," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Ghufron, kesederhanaan merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki guna menjauhkan diri dari tindak pidana korupsi.

Dia memandang, seseorang yang tak memiliki kesederhanaan cenderung suka melakukan segala cara demi mendapat kemewahan.

"Sebab nihilnya nilai-nilai kesederhanaan dan pengorbanan mengakibatkan bangsa kita cenderung berjiwa korupsi, mencari kesenangan dan kemewahan dengan perbuatan yang merugikan orang lain," kata Ghufron.

"Semoga Natal tahun ini membangkitkan kembali nilai-nilai kesederhanaan dan pengorbanan agar Indonesia bebas korupsi," sambungnya.

Ghufron mengucapkan selamat merayakan Natal 2021 untuk seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan. Dia berharap Natal 2021 membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi umat manusia.

"Keluarga besar KPK, segenap pimpinan, Dewan Pengawas dan pegawai KPK, mengucapkan Selamat Natal untuk segenap umat Kristiani yang merayakan. Semoga kebahagiaan dan kedamaian selalu menyertai," kata Ghufron.


4. Menag dan Menkumham

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Uskup Agung Jakarta Prof Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Uskup Agung Jakarta Prof Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo. (dok Kemenag)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan Selamat Hari Raya Natal tahun 2021. Menag Yaqut mengajak umat Kristiani di Indonesia menjadikan peringatan Natal tahun ini sebagai momentum memperkuat persaudaraan.

"Selamat Natal tahun 2021. Mari terus bergerak untuk memperkuat persaudaraan," ujar Yaqut dalam keterangannya, Jumat 24 Desember 2021.

Yaqut mengapresiasi tema perayaan Natal tahun ini, 'Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan'. Menurutnya, tema tersebut relevan dengan situasi bangsa Indonesia yang majemuk.

Menurut Yaqut, tema tersebut mengandung pesan tentang pentingnya terus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Persaudaraan merupakan tema universal yang dapat merekatkan hati orang-orang beriman untuk menjaga kerukunan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi masyarakat," kata dia.

Yaqut juga mengajak umat Kristiani menyadari panggilan sebagai pribadi yang bersedia mengabdi dengan penuh hikmah.

"Perayaan Natal mengingatkan kita akan pentingnya bersikap bijak dalam menyikapi segala perbedaan. Selamat Natal Tahun 2021 dan Selamat Menyongsong Tahun Baru Tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua," jelas Yaqut.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly juga turut mengucapkan Selamat Natal melalui akun Instagram miliknya @yasonna.laoly.

Yasonna mengunggah sebuah video yang mengucapkan Selamat Natal serta harapan-harapannya di perayaan Natal 2021 ini.

"Salam sukacita Natal bagi seluruh saudara terkasih. Natal kali ini mungkin tak bisa dirayakan seperti di tahun-tahun sebelumnya, tapi keriaan dan sukacita kita atas lahirnya juruselamat tak boleh berkurang. Selamat Natal, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati kita semua," tulis Yasonna menyertai unggahan videonya, Jumat 24 Desember 2021.

Dalam unggahan videonya, Yasonna berharap agar meski Natal dirayakan di tengah pandemi Covid-19, namun semangatnya tetap ada.

Berikut ucapan dan harapan Natal lengkap Yasonna.

"Shalom, Salam damai sejahtera bagi kita semua.Saya Yasonna H Laoly atas nama keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia mengucapkan Selamat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Meski kita masih sama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19, yakinlah badai pasti berlalu dan cahaya terang akan menyinari alam semesta.

Keceriaan Natal tidak akan hilang, tapi justru harus menguatkan cinta kasih Kristus yang menggerakkan persaudaraan.

Semoga spirit itu mampu menggerakkan kita untuk menguatkan solidaritas, saling meringankan beban, dan memberi penghiburan pada saudara-saudara kita yang kesulitan.

Mari jadikan Natal sebagai momen untuk bergotong-royong dengan penuh cinta kasih sehingga Natal benar-benar membawa kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

Natal benar-benar menjadi Natal saat kita merayakannya dengan memberikan cahaya cinta kasih kepada mereka yang membutuhkannya.

Percayakan hidupmu kepada Tuhan, kamu akan menyaksikan hal-hal indah. Selamat Natal, semoga kasih setia Tuhan menyertai kita semua. Shalom," tutup Yasonna.


5. Menko Polhukam dan Menko Marves

FOTO: Pengamanan Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kiri) menyampaikan keterangan saat mengunjungi Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Sebanyak 100 personel diturunkan untuk mengamankan ibadah Natal 2021 Gereja Katedral. (merdeka.com/Imam Buhori)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan, Natal 2021 membawa pesan perdamaian, saling menghargai, dan menghormati. Menurut dia, Natal mempertegas keberagaman di Indonesia yang dilindungi oleh konstitusi.

Hal ini disampaikan Mahfud Md usai mengunjungi Gereja Katedral dan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel di Jakarta, Jumat 24 Desember 2021.

Kedatangan Mahfud disambut Ketua Komisi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Kardinal Mgr Ignatius Suharyo dan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom.

"Momentum Natal ini menegaskan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilindungi konstitusi berdasarkan ideologi Pancasila. Kita hidup di dalam kebersatuan, di dalam keberagaman dan itu artinya perdamaian saling menolong, saling membantu," ujar Mahfud dikutip dari siaran persnya, Jumat.

Menurut dia, agama apapun akan menimbulkan kebaikan apabila dilakukan dengan sebaik mungkin. Sebab, kata Mahfud, agama lahir untuk kebaikan manusia.

"Menyebarkan kebaikan, karena inti dari agama adalah kebaikan itu, serta berbuah toleransi yang ditingkatkan dalam akseptasi dalam aksi," tegasnya.

Mahfud menekankan bahwa di dalam kehidupan bangsa, bukan hanya toleransi yang perlu dibangun. Lebih dari itu, masyarakat juga harus mampu membangun akseptasi atau penerimaan.

Dia menyebut, penerimaan tersebut tak hanya memaklumi tentang perbedaan. Namun, juga menerima untuk saling bekerja sama demi kemajuan bersama.

"Itu adalah pesan semua agama, agama apa pun itu pesannya. Selamat hari Natal kepada kaum Nasrani yang merayakannya, mulai malam ini sampai besok," jelas Mahfud.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengucapkan selamat hari raya Nataldan tahun baru 2022 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ia pun tak lupa selalu mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Saya ucapkan selamat hari Natal 2021 seluruh umat Kristiani yang merayakannya dan selamat tahun baru 2022 kepada kita semua,” kata Luhut dikutip dari Instagram resmi @kemenkomarves, Sabtu (25/12/2021).

Tak dipungkiri, kata Luhut, perayaan natal dan tahun baru 2020 dua kali ini masih berjalan dengan cara yang sederhana tanpa perayaan yang berlebihan dalam sikap yang disiplin dan protokol kesehatan covid-19 yang harus harus tetap dijaga dan ditingkatkan.

“Secara signifikan selama hampir 2 tahun ini kita berjuang menghadapi covid-19, Puji Tuhan kita berhasil menurunkan angka konfirmasi positif dan tingkat kematian secara signifikan. Ini semua adalah berkat Tuhan dan upaya kita bersama dengan kita kerja keras kompak dan mampu melakukan pekerjaan secara terintegrasi,” ucapnya.

Luhut juga menyampaikan, ini ucapan syukur kita semua kepada Tuhan dimana kita semua bersama-sama bisa mengatasi atau mengurangi dampak dari covid-19 ini.

Untuk itu peduli kepada kesehatan diri sama perlu ditingkatkan serta disiplin protokol kesehatan perlu dilakukan, dan tetap harus saling mengingatkan kepada teman-teman semua agar patuh terhadap protokol kesehatan.

“Saya yakin dan seterusnya kita semua dapat terus berjuang sama-sama hadapin masa sulit ini. Jangan sombong tetap rendah hati, serta bekerjasama antara elemen menjadi Kunci keberhasilan kita dalam menghadapi ini semua selama 2 tahun ini,” ujar Menko Luhut.

Menurutnya, masyarakat Indonesia boleh berbangga tapi jangan sombong. Ia juga berharap pada kita semua jangan cepat puas karena masih panjang perjalanan dari covid-19 ini, dan masih banyak yang tidak tahu mengenai covid-19 ini.

“Kita beruntung kita salah satu juga negara dari sedikit negara yang rekapri ekonominya juga bisa berjalan cepat walaupun kita telah mengalami apa namanya serangan-serangan varian Delta dari covid-19,” pungkas Luhut.


6. Ketua DPR RI

Puan Berharap Vaksin untuk Anak 5-11 Tahun Bisa Normalkan Dunia Pendidikan
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto:Dok.DPR Ri)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat merayakan Natal untuk umat Kristiani di Indonesia. Ia mengajak masyarakat mengisi peringatan Natal dengan penuh kasih untuk memperteguh kebinekaan Indonesia.

"Saya ucapkan selamat merayakan Natal tahun 2021 kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia. Isilah perayaan Natal ini dengan penuh kasih dan semangat persaudaraan," ungkap Puan, Sabtu (25/12/2021).

Puan Maharani menyebut, keberagaman Indonesia menjadi sumber kekuatan bangsa. Dengan kekuatan seperti itu, kata Puan, Indonesia pun dapat mewujudkan kerukunan dan gotong royong antarumat beragama.

"Mari dalam semangat perayaan Natal yang penuh dengan kasih ini kita teguhkan kembali bahwa di Indonesia, kebinekaan bangsa kita harus menjadi sumber kekuatan, bukan sumber perpecahan," sambung Puan.

Puan pun memberi apresiasi untuk umat Kristiani di Indonesia yang turut bergotongroyong menjaga Indonesia dalam situasi pandemi Covid-19. Apalagi di tahun 2021 ini, sudah kedua kalinya umat Kristiani memperingati Hari Raya Natal dengan penuh keterbatasan karena pandemi belum sepenuhnya usai.

"Seluruh umat Kristiani di Indonesia telah bergotongroyong melawan pandemi Covid-19, khususnya bagi saudara-saudari yang bersabar mengikuti ibadah dari rumah. Berkat peran aktif Bapak/Ibu sekalian, Indonesia sudah menjadi seperti batu karang yang kuat dalam menghadapi terjangan ombak Covid-19," ungkap Puan.

Puan juga mengajak masyarakat untuk bekerja bersama menjaga ketenangan. Meski kini muncul varian baru Covid-19 jenis Omicron, masyarakat diminta untuk tidak panik namun tetap harus waspada dan disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Kita bekerja bersama untuk mempercepat vaksinasi, termasuk vaksin bagi anak-anak, baik untuk anak usia 12-17 tahun dan anak usia 6-11 tahun yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu," kata Puan.

Puan pun berterima kasih kepada aparat TNI/Polri yang telah memberikan pelayanan terbaiknya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perayaan Natal.

"Tak lupa saya juga berterima kasih kepada teman-teman dari berbagai elemen bangsa yang turut membantu saudara-saudara kita umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan khidmat. Mari kita jaga selalu Indonesia dalam bingkai kebinekaan," tandas Puan.


7. Wapres

Wapres Ma'ruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan ucapan selamat merayakan Natal kepada segenap umat Kristiani Indonesia. Wapres berharap momen yang penuh suka cita ini terus menjadi ajang untuk menebarkan cinta kasih dan perdamaian.

"Marilah terus jaga kerukunan, kita tingkatkan kepedulian, kita sebarkan cinta kasih dan pesan-pesan perdamaian," ucap Wapres dalam tayangan video, Jumat 24 Desember 2021.

Wapres juga menyampaikan selamat merayakan Tahun Baru 2022 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Kepada Saudara-saudaraku umat Kristiani yang merayakan Hari Natal saya ucapkan selamat, dan saya ucapkan selamat Tahun Baru 2022 untuk kita semua," tambah Wapres.

Nilai-nilai tersebut, lanjut Wapres, yang dapat menyatukan semua orang dalam ikatan persaudaraan sebangsa dan setanah air.

"Semua nilai-nilai itulah yang menyatukan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air," tegasnya.

Lebih jauh, khusus kepada umat Kristiani yang merayakan Natal bersama keluarga, sahabat, dan kerabat, Wapres berpesan agar tetap bersemangat meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Walaupun perayaan Natal tahun ini masih dilaksanakan dalam kondisi pandemi, saya berharap saudara-saudara tetap bersemangat dalam damai dan kebahagiaan," pesannya.

Kemudian, kepada suluruh bangsa Indonesia, Wapres mengajak untuk terus memohon perlindungan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar selalu diberikan kemampuan untuk melewati berbagai tantangan di tengah situasi ketidakpastian seraya terus melaksanakan protokol kesehatan.

"Karena dengan cara itulah kita saling menjaga keselamatan bersama," pungkas dia.


8. Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sambutan Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 pada 10 Desember 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2021. Jokowi menyadari bahwa Natal 2021 masih dirayakan di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

"Hampir dua tahun pandemi membekap kehidupan kita, dua tahun pula saudara-saudaraku umat Kristiani melalui Hari Natal dalam keterbatasan itu," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Sabtu (25/12/2021).

Pada 2020 lalu, umat Kristiani juga merayakan Natal dengan nuansa berbeda karena pandemi virus corona. Kendati begitu, Jokowi berharap keterbatasan tak mengurangi kegembiraan masyarakat, khususnya umat Kristiani dalam merayakan Natal 2021.

"Saya berharap pandemi tidak mengurangi kegembiraan dan keceriaan Anda semua merayakan Natal bersama orang-orang tersayang," jelas Jokowi.


Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya