Alasan Pangkas Durasi Kampanye Pemilu 2024, KPU: Cegah Pembelahan Masyarakat

Hasyim meyakini, Jokowi menginginkan durasi kampanye Pemilu 2024 bisa efisien dan berkualitas demi efektifitas di tengah keterbatasan durasi masa kampanye.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 31 Mei 2022, 13:43 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2022, 13:38 WIB
Komisi II DPR Raker dengan KPU, Bawaslu, Mendagri dan DKPP
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (batik ungu). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Hasyim Asy’ari, mengungkapkan alasan mengapa durasi kampanye Pemilu 2024 dipangkas dan hanya menjadi 90 hari.

Menurut Hasyim, pemangkasan masa kampanye dilakukan agar pembelahan kubu masyarakat yang mendukung masing-masing calon kandidat tidak terlalu berkepanjangan.

"Pertimbangan utama masa kampanye soal pembelahan sosial atau pembelahan politik yang tidak berkepanjangan dan antisipasi keamanan dan sejenisnya. Jadi, insya Allah durasi 90 hari ini tidak terlalu problematik," jelas Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Hasyim mengatakan, Presiden Joko Widodo juga mendukung langkah pemangkasan durasi kampanye Pemilu 2024. Dia meyakini, Jokowi menginginkan durasi kampanye Pemilu 2024 bisa efisien dan berkualitas demi efektifitas di tengah keterbatasan durasi masa kampanye.

"Presiden menyampaikan, kegiatan kampanye agar efisien, efektif dan berkualitas, bisa mengedukasi masyarakat dalam memperkenalkan siapa peserta pemilu apa visi dan misinya yang dalam durasi waktu tidak terlalu panjang," terang Hasyim.

Menjawab keinginan Jokowi, Hasyim menjelaskan, KPU sudah merancang harapan konstitusi yaitu kampanye bisa digelar selama 90 hari. Sebab, dalam durasi tersebut tedapat kaitan antara penyelenggaraan kampanye dengan pengadaan logistik.

"Karena sistem Pemilu kita ini sistem Pemilu proporsional dengan daftar calon terbuka. Sehingga logistik utama pemilu ada dua, surat suara dan formulir penghitungan suara di tps, di dua jenis logistik ini ada nama calon," tutur Hasyim.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbeda dengan Pemilu 2019

Banner Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Presiden Jokowi dukung pemangkasan durasi kampanye Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sebagai informasi, dalam dua periode pemilu sebelumnya, durasi kampanye berlangsung berbeda-beda. Pada Pemilu 2014, durasi kampanye ditetapkan adalah selama 15 bulan.

Berlanjut pada Pemilu 2019, durasi kampanye berkurang hingga separuhnya atau selama 6 bulan 3 minggu. Selanjutnya, pada periode berikutnya atau Pemilu 2024, dipastikan durasi kampanye hanya akan berlangsung 3 bulan saja.


Infografis

Infografis Jadwal dan Usulan Tahapan Pemilu Serentak 2024
Infografis Jadwal dan Usulan Tahapan Pemilu Serentak 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya