Jakarta Tuan Rumah Forum Urban 20, Anies Undang Delegasi Los Angeles hingga Tokyo

Anies menyatakan pentingnya event seperti ini untuk saling bertukar pikiran, ide, dan gagasan guna menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

oleh Winda Nelfira diperbarui 27 Agu 2022, 11:37 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2022, 11:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan aktivasi awal kawasan Kota Tua pasca revitalisasi (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan aktivasi awal kawasan Kota Tua pasca revitalisasi (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors Summit yang akan diselenggarakan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bakal memimpin siklus U20 kelima 2022 tersebut.

Acara ini akan diselenggarakan selama dua hari pada 30 hingga 31 Agustus 2022 dan akan menjadi puncak dari forum kepemimpinan U20 di Jakarta tahun ini.

U20 Mayors Summit akan dihadiri 12 delegasi kota dari Los Angeles, Rotterdam, Tokyo, Tshwane, Mumbai, Sydney, Berlin, Sao Paulo, Madrid, Moskow, Buenos Aires, Istanbul. Sementara itu, 10 delegasi kota lainnya akan hadir secara virtual yaitu Amsterdam, Istanbul, Izmir, Johannesburg, Lisboa, Milan, Moskow, New York, Osaka, dan Roma.

Sementara, untuk kota pengamat (observer) akan dihadiri 15 delegasi yang akan hadir secara fisik.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia. 

Adapun tantangan itu antara lain, pemulihan krisis akibat pandemi Covid-19, darurat iklim, dan peningkatan ketimpangan struktural. Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi Covid-19.

Anies juga mengundang kepala daerah anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama. Pertama, investasi kesehatan dan perumahan rakyat. Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan. Ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan.

 


Kota Sebagai Garda Terdepan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh  Cakung, Jakarta Timur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Anies menyatakan pentingnya event seperti ini untuk saling bertukar pikiran, ide, dan gagasan guna menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Menurutnya kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan.

"Dengan semakin mengkotanya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota," jelas Anies dalam keterangannya, Sabtu (27/8/2022).

Ada tiga acara pendukung yang akan diselenggarakan secara paralel pada 30 Agustus mendatang di Hotel Fairmont Jakarta dan Perpustakaan Nasional. Dimulai pada pukul 09.00 -11.30 WIB. 

Sementara, pada acara utama akan berlangsung Diskusi Pleno oleh para pemimpin kota. Sedangkan, Anies bakal hadir di pleno kedua untuk membahas "Cities for all, cities for the future: Achieving inclusive and sustainable housing, mobility, and energy in urban areas". 

Di hari kedua, 31 Agustus 2022 akan diselenggarakan upacara serah terima U20 Communique oleh U20 Co-chair Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Presidensi G20.

Anies juga menyatakan bahwa ada sejumlah hal yang menandai sebuah kota disebut maju. Salah satunya ditandai dengan banyaknya pejalan kaki di tengah kota.

Hal tersebut diungkapkan Anies saat membuka aktivasi awal Kota Tua pascarevitalisasi. Aktivasi awal tersebut ditandai dengan menggelar Festival Batavia Kota Tua.

"Wajah masa depan kota itu ditandai dengan satu, didominasi oleh pejalan kaki," kata Anies di kawasan Kota Tua, Plaza Lada, Jakarta Barat, Jumat, 26 Agustus 2022.

Anies mengatakan kawasan Kota Tua saat ini dalam tahap akhir revitalisasi. Wajah baru Kota Tua, kata Anies dibangun untuk mewakili kota di masa depan, yaitu diperuntukkan khusus pejalan kaki.


Kota Tua Sebagai Kawasan Rendah Emisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh  Cakung, Jakarta Timur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan kawasan Kota Tua sebagai kawasan rendah emisi. Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas udara di sekitar lokasi, serta mengurai kemacetan. 

Termasuk menyiapkan fasilitas pejalan kaki seluas lebih kurang 29.000 meter persegi. Di antaranya di Plaza Lada, Kemukus, Plaza Transit BEOS, dan Promenade Kali Besar Utara.

"Dan di sinilah diterapkan LEZ (low emission zone), kawasan zona emisi rendah," ujar Anies.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan penataan stasiun KRL, halte Transjakarta, serta pembangunan MRT dengan rute Kota Tua dalam rangka menjadikan kawasan Kota Tua semakin mudah dijangkau dengan transportasi publik.

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya