Jokowi Yakin Indonesia Mampu Menjuarai Piala AFF 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih optimis dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF 2022.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 29 Des 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 22:00 WIB
Saksikan Laga Indonesia vs Thailand, Presiden Jokowi Sempatkan Beri Minuman dan Berfoto Bersama Suporter
Presiden Joko Widodo (tengah duduk) saat jeda laga timnas Indonesia melawan Thailand pada lanjutan kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022). Laga berakhir imbang 1-1 meski Indonesia sempat unggul lewat gol yang dicetak Marc Anthony Klok lewat titik putih. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih optimis dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF 2022.

Hal itu dia sampaikan usai menonton langsung aksi anak asuh Shin Tae Yong yang ditahan imbang oleh Kesebelasan Thailand dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada sore hari ini.

"Optimistis dong, mainnya bagus banget kayak begitu," kata Jokowi di GBK Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (29/12/2022).

Dia memastikan, optimismenya bukan hanya sekedar ekspektasi. Sebab menurut penilaiannya, Timnas Indonesia memiliki permainan yang apik sepanjang laga sore hari tadi.

Maka bukan sebuah hal mustahil, jika Timnas Indonesia bisa terus melaju hingga babak final di kejuaraan AFF tahun ini.

"Seluruh pemain timnas kita sudah mati-matian dan hasilnya sudah kita lihat, 1-1. Saya kira yang paling penting bisa masuk semifinal, masuk final, itu yang kita harapkan," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ulasan Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menggebrak di menit ke-1. Namun umpan pendek Egy gagal dimanfaatkan Yakob Sayuri dengan baik karena bola terlebih dahulu diambil kiper.

Thailand membuka lewat Suphanan di menit ke-12. Namun umpannya tak mampu disambut Teerasil Dangda.

Permainan kedua tim berlangsung keras, kedua tim sama-sama ngotot untuk ambil bola dari lawan. Maka itu, skor pun masih 0-0 hingga menit ke-15.

Dendy Sulityawan buka peluang di menit ke-17. Namun sundulannya tidak tepat sasaran saat manfaatkan umpan Asnawi.

Indonesia mendapatkan peluang lewat Fachrudin Aryanto di menit ke-25. Namun sundulannya masih melambung ke atas gawang Thailand.

Menit ke-39, Witan berhasil merebut bola dari kiper. Namun dia tak mampu mencetak gol ke gawang yang kosong.

Hingga babak pertama berakhir, Indonesia masih ditahan 0-0 oleh Thailand pada laga ketiga grup A Piala AFF 2022.

Indonesia langsung menggebrak di babak kedua. Asnawi membuat Indonesia dapatkan penalti di menit ke-48. Ini setelah tembakannya mengenai tangan Bunmathan. Marc Klok sukses mengeksekusi penalti dengan baik sehingga membuat Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Thailand bermain dengan 10 pemain di menit ke-63 usai Sanrawat dikartumerah. Dia melanggar Saddil dengan keras sehingga harus keluar lebih awal. Thailand membuka peluang lewat bola mati dari tendangan sudut. Namun dua kali kesempatan di menit ke-69 gagal berbuah gol.

Indonesia kembali buka peluang lewat Asnawi. Namun tendangannya di menit ke-71, masih melambung ke atas gawang. Yakob Sayuri pun mendapatkan peluang tapi tembakannya masih melebar di menit ke-74.

Thailand berhasil samakan skor lewat Sarach Yooyen di menit ke-79. Tembakan jarak jauhnya mengenai kaki Ricky Kambuaya dan masuk ke gawang Indonesia sehingga skor menjadi 1-1.

Indonesia berusaha menambah gol di menit ke-92. Namun tendangan bebas Marc Klok masih terlalu lemah sehingga skor 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya