Polda Metro Jaya Gelar Program Jumat Curhat di 30 Titik, Apa Itu?

Program Jumat Curhat dibuat jajaran Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk menyerap aspirasi warga terkait persoalan keamanan lingkungan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 01 Jan 2023, 08:23 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 08:15 WIB
Polda Metro Jaya menggelar kegiatan Jumat Curhat di 30 titik
Polda Metro Jaya menggelar kegiatan Jumat Curhat di 30 titik. Kegiatan ini dibuat untuk menyerap aspirasi warga terkait persoalan keamanan lingkungan. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menggelar kegiatan Jumat Curhat di 30 titik wilayah hukum Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Kegiatan itu ditujukan untuk menyerap aspirasi warga terkait persoalan keamanan lingkungan.

Dalam kegiatan itu, Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis, mengaku pihaknya banyak menyerap aspirasi dari warga lewat program tersebut. Salah satunya, terkait penambahan fasilitas keamanan agar kejahatan dapat ditekan.

"Kami akan langsung menindaklanjuti dengan membantu membangun posko keamanan dan menambah fasilitas CCTV di lingkungan tersebut," kata Auliansyah dalam keterangannya, Sabtu (31/12/2022).

Tak hanya itu, Auliansyah juga menyerap aspirasi warga terkait edukasi membuat konten media sosial yang tidak melanggar hukum dan cara menangkal kejahatan siber.

"Kami pun langsung memberikan penjelasan dengan rinci berbagai tips tentang hal tersebut," tuturnya.

Selain itu, Auliansyah mengatakan, pihaknya juga mendapat aspirasi warga terkait pendampingan pengelolaan UMKM, seperti cara memiliki izin hingga memasarkan produk.

Auliansyah memaparkan, program Jumat Curhat itu dilaksanakan sesuai arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Tujuannya agar Polri dapat mencegah aksi kejahatan melalui kegiatan pemberdayaan warga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kampung Tangguh Jaya

Polda Metro Jaya menginisiasi program Kampung Tangguh Jaya (KTJ)
Polda Metro Jaya menginisiasi program Kampung Tangguh Jaya (KTJ). Dalam program itu, masyarakat diharapkan tangguh secara kesehatan, keamanan, ketertiban dan kesejahteraan. (Istimewa)

Salah satunya, kegiatan itu dilakukan melalui program Kampung Tangguh Jaya (KTJ). Dalam program itu, masyarakat diharapkan tangguh secara kesehatan, keamanan, ketertiban dan kesejahteraan.

Melalui program itu, kata Auliansyah, pihaknya akan terus membantu warga agar mandiri ekonomi dengan memiliki usaha sendiri maupun berkelompok di lingkungan terkecil.

"Berupa pembudidayaan Ikan Lele dan pembangunan areal hidroponik; pengembangan usaha rumah tangga seperti pengolahan bahan bekas industri berupa ban mobil bekas yang diproses menjadi perabot rumah tangga, minuman kemasan, dan lain sebagainya,” ucap Auliansyah.

Sementara di bidang keamanan, kata Auliansyah, Polda Metro Jaya telah lama menggerakkan portal lingkungan atau one gate system. Tujuannya, untuk melakukan kontrol sosial sehingga keamanan menjadi sistematis dan terukur.

"Sebagaimana arahan Irjen Pol Fadil Imran, bahwa menangkap pelaku kejahatan adalah sebuah kebanggaan, namun mencegah masyarakat menjadi korban kejahatan ialah kemuliaan, maka kami pun akan terus hadir dengan berbagai inisiatif pencegahan kejahatan,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya