Gagal Nanjak, Mobil Wisatawan Masuk Jurang di Kawasan Puncak Salak Bogor

Peristiwa bermula saat mobil Toyota Avanza hendak melintasi tanjakan tajam di kawasan Puncak Salak Bogor. Namun, mobil tidak kuat menanjak dan bergerak mundur.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 01 Jan 2023, 22:18 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 22:18 WIB
Mobil Wisatawan Masuk Jurang di Puncak Salak Bogor
Satu unit mobil wisatawan masuk jurang di jalur menuju wisata Puncak Salak, Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Minggu (1/1/2023) sore. (Foto:Liputan6/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta Satu unit mobil wisatawan masuk jurang di jalur menuju wisata Puncak Salak, Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Minggu (1/1/2023) sore.

Minibus warna hitam itu diduga tak kuat menanjak kemudian berjalan mundur dan masuk ke jurang, setelah sebelumnya menabrak dinding serta pagar rumah warga.

"Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Saat kejadian mobil dalam perjalanan menuju wisata Puncak Salak," ujar Ade Wahyudi, warga setempat.

Peristiwa bermula saat mobil Toyota Avanza hendak melintasi tanjakan tajam. Namun, mobil tidak kuat menanjak dan bergerak mundur.

"Saat sopir injak rem, mobil tetap mundur ke kanan," jelasnya. 

Mobil itu kemudian terus bergerak hingga menabrak dinding depan rumah dan pagar milik warga, lalu terjun ke jurang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seluruh Penumpang Luka

Akibat kejadian ini, seluruh penumpang mengalami luka. Namun, hingga berita ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah korban. Warga langsung mengevakuasi korban dan membawanya ke rumah sakit terdekat.

"Setahu saya korban luka ada ibu dan anak. Totalnya belum tahu. Yang pasti tidak ada korban jiwa," ucap Iyus Yusuf, anggota Pol PP Kecamatan Tamansari.

Dari keterangan pengurus RT setempat, korban berasal dari Cikalicing, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Rencananya, mereka hendak berwisata ke Puncak Salak.

"Sampai pukul 19.30 WIB, mobil itu masih belum dievakuasi. Kondisinya ringsek," pungkasnya. 


Jalur Puncak Bogor Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Jalur Alternatif

Penutupan Jalur Puncak Bogor di titik Simpang Polingga KM 46 Tol Jagorawi.
Penutupan Jalur Puncak Bogor di titik Simpang Polingga KM 46 Tol Jagorawi. (Dok. Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sementara itu, jalur Puncak Bogor ditutup tepat pukul 18.00 WIB 31 Desember 2022 hingga pukul 06.00 WIB 1 Januari 2023.

Jalur mengarah Puncak ditutup di titik Simpang Polingga KM 46 Tol Jagorawi. Penutupan jalur menggunakan barrier oleh petugas Satlantas Polres Bogor disaksikan oleh Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus.

"Car free night atau penutupan jalur ini tujuannya untuk mengurangi kepadatan saat malam pergantian tahun di Puncak. Jangan sampai (kendaraan) stuck di atas," kata Yusri usai penutupan jalur Puncak.

Menurutnya arus kendaraan dari Jakarta yang akan mengarah Puncak dialihkan ke beberapa jalur alternatif seperti Sukabumi maupun Jonggol.

"Namun untuk roda dua dan warga setempat masih kita perbolehkan masuk. Itu pun kita cek, sortir betul," kata dia.

Kemudian, tepat pukul 22.00 WIB sepanjang jalur Puncak betul-betul steril, semua kendaraan tidak ada lagi bisa masuk kawasan Puncak. Terkecuali, mobil ambulans, damkar, dan kendaraan dinas yang bertugas pengamanan Tahun Baru.

"Tanpa kecuali. Karena di atas pasti sudah penuh. Dan nanti jam 00.15 WIB, selepas pergantian tahun diberlakukan satu arah atau one way ke arah Jakarta," terangnya.

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya