MRT Jakarta Fase 3 Koridor Timur-Barat Bakal Membentang dari Bekasi hingga Banten

Pembangunan moda transportasi MRT Jakarta Fase 3 atau East-West dari Cikarang, Bekasi ke Jakarta direncanakan dimulai pada 2024 mendatang.

oleh Winda Nelfira diperbarui 17 Feb 2023, 20:24 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 20:23 WIB
Melihat Progres Pembangunan MRT Fase 2 di Monas
Terowongan bawah tanah yang akan menjadi akses MRT pada pembangunan proyek MRT Fase 2 di Monas, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Jarak antarstasiun sekitar 0,6-1 kilometer dengan sistem persinyalan Kendali Kereta Berbasis Komunikasi (CBTC) dan sistem operasi otomatis tingkat 2. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan moda transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) East-West dari Cikarang, Bekasi ke Jakarta direncanakan dimulai pada 2024 mendatang. Rute MRT Jakarta Fase 3 tersebut, bakal berakhir di Balaraja, Tangerang Banten.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto baru saja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

Penandatangan itu menjadi wujud dukungan antarpemerintah daerah yaitu Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bekasi untuk pembangunan MRT Jakarta rute Cikarang-Jakarta-Balaraja.

Pembangunan MRT fase 3 ini dibagi menjadi dua fase antara lain fase 1 (Kembangan-Medan Satria) dan fase 2 (Kembangan-Balaraja dan Medan Satria-Cikarang). Pada 2024, pembangunan akan dimulai dari fase 1 tahap 1 (Tomang-Medan Satria).

"Baratnya dimulai dari Provinsi Banten di Balaraja, melewati DKI di Tomang, kemudian masuk ke Kota Bekasi dan terus ke Cikarang di kabupaten," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jumat (17/2/2023).

PT MRT Jakarta melalui akun resmi Instagram @mrtjakarta menyampaikan bahwa total fase 3 koridor East-West MRT Jakarta (Cikarang-Jakarta-Balaraja) ini akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer (km). Kemudian, akan terdapat setidaknya sekitar 14 stasiun mulai dari Stasiun Karang Tengah hingga Stasiun Balaraja.

 


Rencana Stasiun MRT Bekasi-Jakarta-Balaraja

Berikut rincian rencana pembangunan stasiun MRT Bekasi-Jakarta-Balaraja

1. Fase 3B Timur (Bekasi, Jawa Barat 20,438 km)

Cikarang, Cibitung, Wanajaya, Sumber Jaya, Karang Satria, Harapan Baru, Kaliabang, Medan Satria

2. Fase 3A (DKI Jakarta 33,764 km)

Ujung Menteng, Pulo Gebang, Cakung Barat, Penggilingan, Pulogadung, Perintis, Pakulonan Timur, Pakulonan Barat, Sumur Batu, Cempaka Baru, Galur, Senen, Kwitang, Kebon Sirih, Thamrin, Cideng, Petojo, Roxy, Grogol, Tomang, Arjuna Selatan, Tanjung Duren, Kebon Jeruk, Teknologi, Batu Mulia, Kembangan.

3. Fase 3B Barat (Banten 29,900 km)

Karang Tengah,Hasyim Asyari, Kunciran, Panunggangan, Kebon Nanas, Kelapa Dua, Danau Ranau, Bencongan, Kadu, Bunder, Otonom, Pasir Gadung, Cibadak, Balaraja.

Infografis MRT Jakarta Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit
Infografis MRT Jakarta Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya