Jokowi Tekankan Pembebasan Lahan di KIPP IKN Jangan Sampai Rugikan Warga

Jokowi mengingatkan Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono agar ganti rugi pembebasan lahan jangan sampai merugikan masyarakat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Feb 2023, 18:15 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2023, 18:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono saat ditemui wartawan di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). (Dok. Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono agar ganti rugi pembebasan lahan jangan sampai merugikan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi kabar soal warga yang kecewa karena ganti rugi pembebasan lahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dibawah harga pasar.

"Kemarin sore sudah saya bicarakan dengan Pak Bambang, bahwa jangan sampai masyarakat dirugikan," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Dia pun memberikan beberapa opsi terkait proses pembebasan lahan agar masyarakat tidak merasa dirugikan. Misalnya, ganti untung dan pemberian ganti lahan yang lain.

"Ada beberapa opsi, baik ganti untung, atau juga relokasi diberikan lahan yang lain. Saya kira ada beberapa opsi, pilihan lain sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan," jelasnya.


Optimis HUT RI 2024 di Gelar di IKN

Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).
Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). (Dok. Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sementara itu, Jokowi optimistis HUT Kemerdekaan 17 Agustus tahun 2024 dapat digelar di Istana Kepresidenan IKN. Saat ini, proses pembangunan Istana Presiden di IKN masih terus berlangsung.

"Kalau melihat lanskap dan lain-lainnya, tadi saya sudah bicara dengan perancangnya, pelaksana di lapangan, supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimis, Insya Allah selesai," tutur Jokowi.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya