AHY Disebut Cocok Gantikan Zainudin Amali Jadi Menpora, Jokowi: Surat Pengunduran Diri Belum Ada Kok Diganti

Presiden Jokowi sendiri belum memutuskan siapa pengganti Zainudin Amali. Jokowi mengaku belum menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 03 Mar 2023, 11:29 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 11:29 WIB
Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pernyataan kepada awak media usai menggelar rapat terbatas bersama Anies Baswedan di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Dalam rapat terbatas tersebut membahas bahwa Partai Demokrat telah resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut-sebut oleh pengamat pantas menggantikan Menpora Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena fokus di PSSI.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo menyebut posisi Menpora bisa saja diisi kader dari Partai Golkar. Tapi di sisi lain, tak tertutup kemungkinan kursi tersebut ditawarkan untuk tokoh lain, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Presiden Jokowi sendiri belum memutuskan siapa pengganti Zainudin Amali. Jokowi mengaku belum menerima surat pengunduran diri Zainudin Amali.

"Sampai saat ini belum ada surat ke Pak Menteri Sekretaris Negara dari Pak Menpora, belum ada," kata Jokowi di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Karena belum adanya surat pengunduran diri Amali, Jokowi belum berbicara banyak mengenai kemungkinan sosok baru yang akan mengisi posisi Menpora.

"Suratnya belum ada kok ganti," kata Jokowi.

Presiden Jokowi pada 21 Februari 2023 lalu mengatakan Zainudin Amali memang secara informal sudah mengatakan ingin mengundurkan diri dari jabatan Menpora karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI periode 2023-2027.

Namun, Amali baru sebatas mengajukan pengunduran diri secara informal dan belum mengajukan prosedur resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," kata Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi Wakil Ketua PSSI

Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Menpora Zainudin Amali (kanan) memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). "Kita vonis kartu merah untuk para mafia bola. Sepakbola kita sulit berkembang selama mafia pengatur skor belum kita tendang," ujar Erick dalam keterangan persnya di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diketahui, Zainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis, 16 Februari 2023.

Dalam KLB itu, terpilih sebagai Ketua Umum PSSI adalah Erick Thohir yang juga Menteri BUMN dan Ratu Tisha terpilih menjadi Wakil Ketua II PSSI.

Setelah terpilih, Amali menjelaskan dirinya ingin fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola nasional. Dia mengatakan Presiden Jokowi juga telah memberikan izin kepada dirinya untuk fokus membina sepak bola.

"Sudah jangan dijelaskan panjang-panjang lagi itu. Masa kalian tanya lagi. Jadi, beliau (Presiden) sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir, Ratu Tisha dan teman-teman Exco PSSI," kata Amali pada Senin (20/2).

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya