Sekjen Golkar: Airlangga Sudah Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Jokowi

Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menyodorkan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 14 Mar 2023, 14:53 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2023, 14:53 WIB
Rapat Pleno Perdana Partai Golkar
Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menghadiri rapat pleno perdana di DPP Golkar, Jakarta, Senin (29/1). Dalam rapat pleno perdana itu, Ketua Umum Airlangga Hartarto mengumpulkan kepengurusan DPP Partai Golkar baru. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menyodorkan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali ke Presiden Joko Widodo.

"Calon Menpora sudah ketua umum kita sudah berikan ke Presiden. Kita tinggal tunggu Presiden milih yang mana dari tiga calon yang diusulkan," kata Lodewijk di kompleks parlemen Senayan, Selasa (14/3/2023).

Namun, Lodewijk enggan membeberkan siapa saja tiga nama yang disodorkan Airlangga ke Presiden Jokowi. Ia hanya menyebut tiga nama itu tak jauh berbeda dari yang beredar di publik.

Adapun tiga nama yang santer beredar adalah Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin.

"Tidak jauh dari nama-nama yang beredar, karena katakan masing-masing inginkan banyak tuh, ketua umum menyeleksi tiga yang disampaikan ke presiden sesuai menyampaikan berdasarkan seleranya dia kan, presiden juga punya kriteria," kata dia.

Menurut Lodewijk, Menpora baru harus memiliki kemampuan dalaM bidang pemuda dan olahraga. Apalagi? Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serahkan Pilihannya ke Jokowi

Menpora, Ketua NOC Indonesia dan Presiden Jokowi
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berjalan bersama Presiden RI Joko Widodo pada acara penyambutan Kontingen SEA Games 2021 Vietnam. (Biro Pers Istana/Lukas)

Meski demikian ia menyebut semua bergantung pada kriteria yang cocok dengan Jokowi.

"Dari pemuda dan olahraga gitu loh, ngurusi pemuda siapa yang punya ke situ, apa kriteria itu. Pak Jokowi yang tahu kita nggak tahu," ujarnya.

Diketahui Zainuddin Amali resmi mundur sebagai Menpora lantaran ingin fokus pada tugas barunya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya