Libur Idul Adha, Polda Metro Jaya Siagakan Pengamanan di Tempat Ibadah dan Wisata

Polda Metro Jaya menyiapkan berbagai pengamanan menyambut momen libur panjang hari raya Idul Adha 1444 H yang dimulai Rabu (28/6/2023) sampai dengan akhir pekan ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Jun 2023, 07:07 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 07:07 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan berbagai pengamanan menyambut momen libur panjang hari raya Idul Adha 1444 H yang dimulai Rabu (28/6/2023) sampai dengan akhir pekan ini. Upaya itu dilakukan agar momen libur dan ibadah Idul Adha berjalan aman.

"Terkait pengamanan tentu menjalankan ibadah, beberapa titik direncanakan, dari Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan-pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (28/6/2023).

Selain tempat ibadah dalam rangka Idul Adha, kata Trunoyudo, pengamanan juga akan berkonsentrasi di beberapa titik tempat wisata. Karena dimungkinkan lokasi wisata akan jadi tempat kepadatan masyarakat.

"Beberapa lokasi wisata yang menjadi sasaran pada hari libur bersama keluarga ini juga menjadi konsentrasi untuk pengamanan," ujarnya.

Meski demikian, secara data rinci untuk kekuatan personel dan teknis pengamanan akan disampaikan dalam waktu dekat. Sehingga untuk sementara dia mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan libur panjang ini dengan tertib.

"Kami juga turut serta mengimbau dan mengharapkan seluruh masyarakat manfaatkan betul libur bersama," jelas dia. Kemudian berhati-hati dalam perjalanan," tutur Trunoyudo.

Sebelumnya, Pemerintah telah memutuskan menambah cuti bersama tahun 2023. Cuti bersama Idul Adha 2023 atau 1444 Hijriah pada 28 dan 30 Juni 2023. Sehingga, libur Idul Adha jika ditambah dengan cuti bersama menjadi 3 hari yaitu 28,29 dan 30 Juni 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas menjelaskan, perubahan ini untuk kepentingan masyarakat dalam merayakan Idul Adha 2023. Selain itu, untuk memacu perekonomian nasional.

"Momen Idul Adha kali ini bersamaan dengan musim liburan anak sekolah. Sehingga sesuai apa yang disampaikan Bapak Presiden, ini diharapkan semakin meningkatkan perekonomian lokal secara merata ke seluruh daerah," jelas Anas saat Konferensi Pers Cuti Bersama Idul adha 1444 H/2023 M di Kantor Kemenko PMK, Kamis 22 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gerakkan Perekonomian

FOTO: Libur Panjang, Sejumlah Kendaraan Antre Masuk Kawasan Ancol
Sejumlah kendaraan antre untuk memasuki kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jalarta, Kamis (29/10/2020). Selain tingginya minat warga berwisata di masa libur panjang, antrean ini juga disebabkan pengalihan buka tutup pintu masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anas mengatakan, setiap libur panjang terbukti mampu menggerakkan perekonomian, khususnya di daerah-daerah kecil.

"Seperti disampaikan Bapak Presiden, kebijakan cuti bersama ini akan turut mendorong tumbuhnya aktivitas perekonomian ke berbagai daerah, memperkuat pemulihan ekonomi nasional karena peredaran uang di masyarakat juga akan semakin tinggi," imbuhnya.

Menurut dia, libur Idul Adha yang berdekatan dengan momentum libur sekolah, diharapkan juga bisa semakin meningkatkan kualitas manajemen keluarga Indonesia, dengan waktu yang berkualitas (quality time) untuk seluruh anggota keluarga.

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri menetapkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sebagai cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi. Adapun pada tanggal 29 Juni 2023 merupakan hari libur nasional memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Penetapan hari libur itu ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya