Badko HMI Jabodetabeka-Banten Puji Kinerja Menhub Budi Karya Sumadi

Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten, Adhiya Muzakki mengapresiasi kinerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 27 Jul 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2023, 14:02 WIB
Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten, Adhiya Muzakki.
Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten, Adhiya Muzakki. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten, Adhiya Muzakki mengapresiasi kinerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Adhiya, kinerja Menhub Budi dinilai sangat progresif dan sesuai dengan target. Hal itu bisa dilihat dari capaian kinerja Menhub selama empat tahun terakhir.

"Selama dipimpin Pak Budi, Menhub terus mengalami peningkatan yang signifikan dari segi realisasi anggaran, capaiannya pun juga progresif," kata dia dalam keterangannya, Kamis (27/7/2023).

Adhiya menyebut bahwa Sepanjang tahun 2022 ada 35 PSN di sektor transportasi yang meliputi bidang perkeretaapian 14 PSN; bidang perhubungan udara 6 PSN dan bidang perhubungan laut 15 PSN.

"Walaupun beberapa masih tahap pengerjaan, tapi progressnya sudah tampak dan terasa manfaatnya di masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, Adhiya juga mencatat, hingga akhir tahun 2022, Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan sejumlah pembangunan, seperti pelabuhan penyeberangan dari target 36 lokasi terlaksana 11 lokasi. Pembangunan jalan kereta api dari target 7.451 Kmsp sudah terbangun 6642 Kmsp, dan lainnya.

"Hampir semuanya sudah tercapai sesuai target. Waktu pak Menhub masih ada satu tahun lagi. Kami yakin pak Menhub akan menyelesaikannya," jelas Adhiya.

Pembangunan tersebut dinilai Adhiya sudah memiliki dampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, yang secara tidak langsung akan meningkatkan PDB nasional, penyerapan tenaga kerja, meningkatkan pontensi angkutan orang dan barang dari daerah 3TP ke daerah yang lebih maju/perkotaan di Jawa maupun luar Jawa.

Hal itu, kata Adhiya selaras dengan tiga target fokus kinerja yaitu aspek pembangunan infrastrukur transportasi, meningkatkan konektivitas wilayah, serta pelayanan dan keselamatan transportasi di seluruh wilayah Indonesia. "Ketiga aspek tersebut cukup berhasil di tangan Menhub," terangnya.

Adhiya beserta pihaknya optimis Menhub Budi mampu menyelesaikan apa yang sudah dicanangkan dan dimulai. Pihaknya siap mengawal kinerja Menhub yang masih berjalan atau belum selesai.

"Tentunya kami akan mengawal kinerja dan pekerjaan mana saja yang belum selesai dan harus diselesaikan di akhir sisa masa jabatan," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Laporan Keuangan Kemenhub 2022 Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Kementerian Perhubungan Tahun 2022. Opini WTP ini merupakan yang ke-10 kali berturut-turut yang berhasil diraih sejak tahun 2013.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan rasa syukur atas capaian positif ini dan berkomitmen untuk menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dari BPK yang perlu ditindaklanjuti.

Menhub menyampaikan apresiasi atas peran BPK dalam memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dan memberikan evaluasi perbaikan.

"Kami seluruh jajaran Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi tersebut secara maksimal," ujar Menhub pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaaan BPK atas laporan keuangan Kemenhub Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Lebih lanjut Menhub juga memberikan apresiasi kepada seluruh insan perhubungan yang telah bekerja keras dalam menyukseskan program-program pembangunan serta menjaga integritas dalam menjalankan kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK RI Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Nyoman Adhi Suryadnyana menyampaikan bahwa jajaran Kemenhub telah berusaha keras untuk melaksanakan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara akuntabel dan transparan

Ia menyebut, banyak upaya-upaya yang telah dilakukan jajaran Kemenhub sehingga dalam pemeriksaaan Laporan Keuangan Tahun 2022 ini BPK tidak menemukan permasalahan signifikan yang berdampak pada kewajaran penyajian laporan keuangan.

“Tentunya ini adalah prestasi yang pantas dibanggakan, sepuluh tahun berturut-turut Kemenhub berhasil meraih WTP,” tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya