Polres Jakpus Usut Penipuan Tiket Konser Coldplay, Kerugian Capai Rp1,3 Miliar

Aparat Polres Metro Jakarta Pusat tengah mengusut kasus dugaan penipuan 400 tiket konser Coldplay di GBK, Senayan, Jakarta. Total kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar lebih.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 16 Nov 2023, 11:53 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 11:53 WIB
Jelang Konser Coldplay
Masa penantian mereka yang sudah mengantongi tiket konser Coldplay, berakhir sudah karena grup band asal Inggris ini akan menyapa para penggemar di SUGBK malam nanti. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan band asal Inggris Coldplay ke Jakarta meninggalkan kenangan pahit bagi sejumlah penonton. Banyak dari mereka yang menjadi korban penipuan pembelian tiket konser Coldplay. Polres Metro Jakarta Pusat pun turun tangan melakukan penyelidikan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerangkan, pihaknya saat ini telah menerima laporan terkait dugaan penipuan 400 tiket Coldplay. Adapun, kerugian ditaksir mencapai Rp1,3 miliar.

"Kalau dilaporkan di Polres Jakpus penipuan atas 400 tiket. Total Rp 1,3 M dan beberapa juga masih ada di Polres Jakarta Pusat," kata Susatyo dalam keteranganya, Kamis (16/11/2023).

Susatyo mengatakan, modus kejahatannya yakni mereka memesan tiket konser Coldplay. Namun, hingga hari H, tiket yang dipesan tak kunjung diberikan.

"(Korban) ada dalam kota dan luar kota," ujar dia.

Kasus penipuan tersebut saat ini masih dalam tahap penyelidikan. "Pasti kami akan memeriksa dan klarifikasi kepada masing-masing korban tersebut," ucap Kapolres Jakpus menandaskan.

73 Orang Korban Mengadu

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 73 orang penikmat band asal Inggris, Coldplay kena tipu. Mereka pun membuat laporan ke Polres Metro Jakpus.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan, 73 orang mengadu karena merasa korban penipuan.

"Iya 73 orang datang ke Polres, cuma langsung kita tenangkan. Kita kan mikir bagus juga mereka datang ke Polres, kita kan takut di luar ada emosi atau apa," kata Chandra saat dihubungi, Rabu (15/11/2023).

Chandra menjelaskan para korban awalnya berkomunikasi dengan memesan tiket Coldplay. Mereka kemudian menyetorkan uang sesuai dengan nominal yang diminta oleh pelaku. Namun, hingga kini justru para korban tak kunjung mendapatkan tiket yang dijanjikan.

"Dia beli tapi tidak dapat tiket," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Polres Jaksel Tangkap 1 Penipu Tiket Konser Coldplay

Pelaku penipuan tiket konser Coldplay, ABF (22) dan W (24) diringkus polisi. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)
Pelaku penipuan tiket konser Coldplay, ABF (22) dan W (24) diringkus polisi. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Sementara itu, aparat Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) juga membongkar kasus penipuan tiket konser Coldplay. Salah satu korbannya adalah artis Susan Sameh.

Satu orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Adapun kasus penipuan tiket Coldplay ini diusut penyidik Polres Metro Jaksel setelah menerima laporan dari beberapa korban.

Kasatreskrim Polres Metro Jaksel, AKBP Bintoro menyatakan, satu orang pelaku inisial RA berhasil ditangkap. Adapun, modus pelaku RA membeli tiket resmi Coldplay lalu memalsukannya seakan tiket resmi dan asli.

"Dari mulut ke mulut yang bersangkutan menjual tiket ini secara langsung pada para korban dan mereka tertarik," kata Bintoro kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Bintoro mengatakan, korban terpengaruh bujuk rayuan, sehingga tergiur untuk membeli. Sebanyak 24 tiket dijual dengan harga Rp312 juta.

"Tapi saat diserahkan tiket yang diduplikat, setelah hendak ditukarkan diketahui itu tiket palsu," ujar dia.

 

 


Pelaku Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Konser Coldplay
Penonton berdatangan untuk menyaksikan konser Coldplay di GBK, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Para penonton sudah mulai memasuki venue sejak pukul 13.00 WIB, sementara konser baru dimulai pada pukul 21.00 WIB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Atas perbuatannya, RA ditangkap di daerah Mampang. Ketika itu, dia berada di salah satu rumah kemudian didatangi oleh pihak polisi bersama korban.

"Langsung dilakukan penangkapan, dan yang bersangkutan mengakui modus tindak pidana yang pelaku perbuat sehingga merugikan korban. Hasil kejahatan dipakai untuk keperluan pribadi," ujar dia.

Saat ini, pelaku pemalsuan tiket konser Coldplay ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Dia jerat Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

"Sementara untuk korbannya masih kami dalami karena yang melakukan laporan masih satu ini dan informasinya juga masih ada yang kami terima sampai sekarang. Kemungkinan ada salah satu artis ibu kota juga jadi korban dari tindak pidana ini," ujar dia.


Susan Sameh Jadi Korban

Susan Sameh (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)
Susan Sameh (Liputan6.com - M. Altaf Jauhar)

Susan Sameh mengatakan, dirinya menjadikan kasus penipuan ini sebagai pelajaran. Niat hati mau menonton secara langsung penampilan band Coldplay tapi malah kena tipu.

"Sebenarnya aku enggak masalahin uangnya sumpah, cuman ini pelajaran bahwa ini tindakan tak benar. Aku sudah rugi banget waktu, aku yang harusnya hari ini sudah ada di lokasi syuting aku masih terlibat dalam satu projek, aku udah jauh-jauh hari untuk nonton Coldplay dan ditipunya kenapa sih mesti hari H," ujar dia.

"Aku bingung nyari tiket lagi di mana," dia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya