Warga Purwabakti Bogor Terdampak Gempa Magnitudo 4 akan Direlokasi

Iwan menyampaikan rencana relokasi tersebut mengingat mayoritas warga terdampak bencana gempa Bogor itu tinggal di lahan hak guna usaha (HGU) PTPN VIII.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 10 Des 2023, 08:32 WIB
Diterbitkan 10 Des 2023, 08:32 WIB
Gempa Bogor
Bupati Bogor Iwan Setiawan, saat meninjau korban bencana alam gempa bumi, Sabtu (9/12/2023). (Liputan6.com/Achmad Sudarno).

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan merelokasi pemukiman warga terdampak gempa bumi magnitudo 4,0 pada Jumat (8/12/2023).

Kini, sebanyak 77 kepala keluarga (KK) atau 260 jiwa di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, masih mengungsi. Dampak guncangan gempa, tercatat 52 unit rumah rusak ringan, 18 rumah rusak sedang dan tujuh rumah rusak berat.

"Kami sudah merencanakan itu. Kalau warga mau direlokasi, nanti kita siapkan. Karena kita masih punya berapa hektar tanah di Cigudeg," kata Bupati Bogor Iwan Setiawan, saat meninjau korban bencana alam gempa bumi, Sabtu (9/12/2023).

Iwan menyampaikan rencana relokasi tersebut mengingat mayoritas warga terdampak bencana tinggal di lahan hak guna usaha (HGU) PTPN VIII.

"Jika direlokasi kesana, sudah pasti nyaman tidak rentan bencana dan tidak akan ada pengusiran maupun pengosongan," ujarnya.

Sementara ini, untuk memenuhi kebutuhan dasar selama tinggal di tempat pengungsian, Pemkab Bogor telah menyalurkan bantuan sembako seperti telur, beras, minyak goreng, dan selimut serta velbed atau tempat tidur. Termasuk kebutuhan untuk anak-anak korban bencana.

"Kamar mandi dan toilet umum juga sudah kami sediakan. Insya Allah kita fasilitasi semua warga yang terdampak bencana ini," terangnya.

Sementara itu Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin yang turut meninjau lokasi bencana gempa bumi di Purwabakti menuturkan untuk lokasi relokasi nanti akan ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Nanti lahannya disiapkan. Alhamdulillah, Kabupaten Bogor sangat cepat dalam penanganan pasca bencana ini. Itu yang harus kita tunjukan sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gempa Bogor

Gempa bumi kembali menggetarkan Indonesia jelang akhir pekan, Jumat (8/12/2023). Hingga pukul 20.00 WIB, hanya satu kali di satu wilayah gempa hari ini terjadi di Bumi Pertiwi.

Lindu tersebut dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi pada pukul 02:00:45 WIB di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Pusat gempa berada di darat 25 kilometer barat daya Kota Bogor," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Lindu dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) III di Kalapanunggal Sukabumi. Gempa yang menggetarkan itu memiliki kekuatan magnitudo 4 dengan kedalaman 5 kilometer.

Episenter gempa berada pada koordinat titik 6.73 Lintang Selatan (LS) dan 106.61 Bujur Timur (BT).

Infografis Journal Minimnya Kewaspadaan Terhadap Bencana Gempa Bumi di Indonesia
Minimnya Kewaspadaan Terhadap Bencana Gempa Bumi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya