Tebing Telung Lintang di Trenggalek, Destinasi Menarik Buat Penyuka Alam Bukan Cuma Panjat Tebing

Dengan pemandangan perbukitan dan suasana alam yang asri, Tebing Telung Lintang menjadi destinasi menarik untuk melepaskan penat dan lari dari kepadatan kota.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 12 Des 2023, 16:43 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 16:43 WIB
Tebing Telung Lintang di Trenggalek
Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin saat di kawasan Tebing Telung Lintang.

Liputan6.com, Trenggalek Bagi para pecinta alam dan penyuka olahraga ekstrem seperti panjang tebing, pasti sudah tak asing lagi dengan destinasi Tebing Telung Lintang di Desa Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Area ini jadi lokasi favorit bagi mereka yang ingin aktivitas menantang adrenalin dan melatih kemampuan memanjat tebing.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa Tebing Telung Lintang tidak hanya menarik buat para pemanjat , kamu yang menyukai alam dan suka dengan aktivitas hiking juga bisa mengunjungi Tebing Telung Lintang. 

Dengan pemandangan perbukitan dan suasana alam yang asri, Tebing Telung Lintang menjadi destinasi menarik untuk melepaskan penat dan lari dari kepadatan kota. Kawasan ini bahkan bisa menjadi tempat yang seru untuk melakukan aktivitas senam bersama kelompok maupun komunitas. Masyarakat desa dan sekitarnya sudah sering kali menggelar kegiatan olahraga senam dengan instruktur dan iringan musik penuh semangat.

Tebing Telung Lintang di Trenggalek
Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin saat di kawasan Tebing Telung Lintang.

Dalam sebuah kunjungan ke Tebing Telung Lintang, Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin pun sempat mengikuti kegiatan senang bersama masyarakat yang didominasi oleh ibu-ibu. Sang Bupati dengan cekatan mengikuti gerakan instruktur dengan iringan musik yang asyik.

Diketahui, Pemkab Trenggalek tengah berupaya mengembangkan destinasi Tebing Telung Lintang agar semakin dikenal masyarakat luas, tidak hanya untuk penggemar olahraga ekstrem dengan minat khusus tetapi juga mereka yang menyukai destinasi wisata alam.


Festival Panjang Tebing

Tebing Telung Lintang di Trenggalek
Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin saat di kawasan Tebing Telung Lintang.

Aktivitas panjat tebing di Tebing Telung Lintang masuk dalam program unggulan 100 Desa Wisata. Pemkab Trenggalek tengah berupaya mengembangkan destinasi agar semakin dikenal masyarakat luas, khususnya penggemar olahraga ekstrem dengan minat khusus.

Selama ini, Tebing Telung Lintang telah dipercaya menjadi venue untuk latihan dan festival panjat tebing di Trenggalek. Peminatnya tak hanya dari Trenggalek tetapi juga pemanjat tebing dari Kabupaten/Kota lain.

Setiap tahunnya, Tebing Telung Lintang juga menjadi lokasi untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan, dimana  pemanjat profesional membentangkan bendera raksasa berukuran 20x20 meter di atas tebing setinggi 100 meter. Kegiatan upacara ini  turut dihadiri oleh semua perangkat Desa dan Camat serta seluruh jajaran OPD dari Kapolsek dan Danramil, serta komunitas pecinta alam dari Trenggalek maupun daerah lain. 

Kegiatan upacara bendera ini sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di kawasan Tebing Telung Lintang di Desa Gandusari. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya