Polisi Bongkar Praktik Aborsi Ilegal di Apartemen Kelapa Gading, 5 Orang Ditangkap

Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading berhasil membongkar praktik aborsi ilegal yang dijalankan lima orang tersangka di sebuah apartemen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis 14 Desember 2023 lalu.

oleh Tim News diperbarui 20 Des 2023, 20:35 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 20:35 WIB
Polisi membongkar praktik aborsi ilegal di apartemen kawasan kelapa gading, jakarta utara.
Polisi membongkar praktik aborsi ilegal di apartemen kawasan kelapa gading, jakarta utara. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading berhasil membongkar praktik aborsi ilegal yang dijalankan lima orang tersangka di sebuah apartemen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis 14 Desember 2023 lalu.

"Terungkap berkat informasi masyarakat, tim langsung bergerak melakukan penyelidikan di lokasi yang dimaksud,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan, dalam keteranganya, Rabu (20/12/2023).

Dalam operasi penggerebekan yang dilakukan, Gidion menyebut kelima tersangka yakni perempuan inisial D (49), perempuan inisial OIS (42), perempuan inisial AF (43), perempuan inisial AAF (18), dan perempuan inisial S (33).

"Ada lima orang yang diamankan. Tersangka ini perannya ada yang mengaku sebagai dokter, asisten, kemudian orang tua dan pasien," katanya.

Lalu, D (49) nekat melakukan praktek aborsi ilegal padahal tidak memiliki kapasitas medis sedang OIS (42) asisten yang mempromosikan dan memasarkan praktek tersebut.

“D (49) ini tidak mempunyai kapasitas medis untuk melakukan aborsi, dibantu OIS (42) sebagai marketing. Melakukan praktek secara mobile, kebetulan saat diamankan tersangka menyewa unit kamar di apartemen Kelapa Gading ini,” bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Patok Tarif hingga Rp12 Juta

Polisi membongkar praktik aborsi ilegal di apartemen kawasan kelapa gading, jakarta utara.
Polisi membongkar praktik aborsi ilegal di apartemen kawasan kelapa gading, jakarta utara. (Dok. Istimewa)

Menurut pengakuan D (49), ada sekitar 20 janin yang diaborsi menggunakan jasanya. Dengan mematok tarif mencapai Rp10 juta hingga Rp12 juta untuk satu pasien.

“Ada 20 janin selama dua bulan ini. Tarifnya sekitar Rp10 juta hingga Rp12 juta,” ucap Gidion.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 53 ayat (1) Jo. Pasal 428 UU RI No. 17 tahun 2023 tentang kesehatan dan atau Pasal 436 UU RI No. 17 tahun 2023. Pasal 45A UU RI no. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

“Ancaman hukuman penjara selama 10 tahun,” pungkas Gidion.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya