Jamwas Kejagung Dalami Jaksa Terlibat Korupsi Dana Kesehatan Tapanuli Tengah

Jamwas Kejagung memastikan mengusut kasus dugaan korupsi dana kesehatan di Kabupaten Tapanuli Tengah yang melibatkan oknum jaksa.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 09 Jan 2024, 03:34 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 03:34 WIB
Ilustrasi Kejaksaan Agung RI (Kejagung)
Gedung Kejaksaan Agung RI (Kejagung). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Inspektorat Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung) masih melakukan pemeriksaan terhadap oknum jaksa yang diduga terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng).

Perkara tersebut sejauh ini ditangani oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut). Diketahui, kasus dugaan korupsi tersebut dibongkar oleh Wakajati Bangka Belitung Sugeng Riyanto yang saat ini ditugaskan sebagai Penjabat Bupati Tapanuli Tengah.

Kejagung pun merespons penanganan perkara rasuah dana BOK yang mencapai Rp90 miliar dan sempat viral itu.

Menurut Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, tim Jamwas masih melakukan proses pemeriksaan internal terhadap oknum jaksa yang diduga menerima aliran dana dari pihak yang berpotensi melakukan tindak pidana korupsi.

"Masih proses pemeriksaan internal," tutur Ketut saat dikonfirmasi wartawan, Senin (8/1/2024).

Ketut menegaskan, permasalahan di internal kejaksaan yang melibatkan Kajati Sumut Idianto dan Wakajati Bangka Belitung Sugeng Riyanto akan menjadi perhatian Kejagung.

Sejauh ini, proses penyidikan korupsi dana BOK di Dinkes Tapanuli Tengahmasih berjalan dan telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. "Tentu akan menjadi perhatian kami," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kejagung Lakukan Pemantauan dan Asistensi

Lebih lanjut, dia meyakini jajaran Kejati Sumut akan menyelesaikan kasus dugaan korupsi dana BOK yang telah merugikan negara hingga puluhan miliar rupiah itu. Kejagung akan melakukan pemantauan dan asistensi atas penanganan perkara tersebut.

"Saya kira Kejati Sumut bisa menyelesaikannya. Kita lihat perkembangannya ya," Ketut menandaskan.

 


Kasus Korupsi Jaksa di Tapteng Sempat Viral

Sebelumnya, pada akhir Desember 2023 lalu tim Jamwas Kejagung telah turun ke Sibolga untuk melakukan pemeriksaan terhadap beberapa jaksa yang diduga menerima aliran dana korupsi BOK di Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sugeng Riyanto selaku anggota kejaksaan aktif, yang saat ini mengemban tugas sebagai Penjabat Bupati Tapteng pun mendapatkan ancaman dari pihak yang diduga terlibat dalam skandal mega korupsi di Tapanuli Tengah.

Videonya pun sempat viral di sosial media dan berbagai lapisan masyarakat memberikan dukungan terhadap Sugeng Riyanto, yang dinilai berhasil membongkar kasus dugaan korupsi itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya