Kala Jokowi Malam Mingguan di Mal Gadong Brunei Darussalam

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan "blusukan" di Ibu Kota Brunei Darussalam pada Sabtu, 13 Januari 2024 malam.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Jan 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2024, 14:00 WIB
Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan "blusukan" di Ibu Kota Brunei Darussalam pada Sabtu, 13 Januari 2024 malam. Jokowi "malam mingguan" dengan berkunjung ke The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan.

Kehadiran Jokowi di pusat perbelanjaan tersebut disambut meriah para pengunjung yang membuat suasana mal makin ramai. Tak sedikit yang menyapa Jokowi dan meminta untuk foto bersama.

Siti, salah seorang pengunjung asal Indonesia, mengaku sangat bangga bisa bertatap muka langsung dengan Jokowi. Ini kali pertamanya Siti berjumpa dengan Jokowi.

"Ini _first time_ (bertemu Presiden Jokowi). Semoga sehat selalu, panjang umur," ucap Siti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (14/1/2024).

Hal serupa dirasakan oleh pengunjung asal Indonesia lainnya, Susi. Warga asal Kalimantan Barat tersebut juga mengaku sangat senang bisa bertemu Jokowi.

"Pertama kalinya, makanya tadi di bawah terus ke atas kejar sampai sini," ujar dia.

Tak hanya pengunjung asal Indonesia, warga asli Brunei Darussalam pun turut menyapa dan berfoto bersama Jokowi. Zainuddin yang datang bersama anaknya, Hafizah, merasa beruntung bisa berfoto dengan Presiden Jokowi.

"Alhamdulillah kita orang merasa beruntung banget. Juga Pak Jokowi panjang umur, murah rezeki, datang ke sini lagi," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ngopi

Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Setelah berkeliling mal sambil menyapa warga dan pengunjung yang hadir, Jokowi singgah di area pujasera. Jokowi dan rombongan pun ngopi sejenak sambil berbincang hangat sebelum kemudian kembali ke tempatnya bermalam.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan sejumlah pengusaha Brunei Darussalam (konsorsium investor) di Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan, Sabtu, 13 Januari 2024 malam.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memaparkan potensi investasi dan rencana pemerintah dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Saya ingin bercerita mengenai Ibu Kota Nusantara. Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (14/1/2024).


Sampaikan Progres Pembangunan Inti

Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
Jokowi "malam mingguan" di The Mall Gadong di pusat kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menurut Jokowi, pemerintah akan membangun IKN sebagai kota hutan yang pintar dengan 70 persen area sebagai area hijau. Selain itu, 80 persen transportasi di IKN merupakan transportasi publik yang berbasis energi hijau.

"Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan--Borneo--sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, juga menciptakan magnet ekonomi baru," ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan progres pembangunan inti yang telah mencapai 70 persen dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024.

Dia menuturkan saat ini juga telah banyak investasi yang masuk dan memulai pembangunan infrastruktur yang ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

"Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, dan ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan," jelas Jokowi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya