Banjir Rendam Ratusan Rumah di Bandar Lampung, BNPB Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada korban jiwa atas bencana banjir yang melanda kota Bandar Lampung, Lampung, Jumat 12 April 2024.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 13 Apr 2024, 13:18 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2024, 13:17 WIB
Banjir merendam pemukiman warga di Bandar Lampung, Jumat 12 April 2024. (Foto: BPBD Kota Bandar Lampung)
Banjir merendam pemukiman warga di Bandar Lampung, Jumat 12 April 2024. (Foto: BPBD Kota Bandar Lampung)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada korban jiwa atas bencana banjir yang melanda kota Bandar Lampung, Lampung, Jumat 12 April 2024.

"Kepastian tersebut didapatkan berdasarkan informasi faktual dari tim satuan tugas Badan Penanggungan Bencana Daerah setempat di lapangan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dilansir dari Antara, Sabtu (13/4/2024).

Ia pun memastikan, genangan banjir yang merendam sekitar 789 unit rumah warga kota Bandar Lampung saat ini sudah berangsur surut, dibantu oleh proses penyedotan air dengan pompa yang disegerakan oleh BPBD Bandar Lampung.

Adapun ratusan unit rumah warga yang terdampak itu berada di wilayah Pesawahan Teluk Betung, Pakuan dan Pesawahan Teluk Betung Selatan, Bakung dan Olok Gading Teluk Betung Barat.

Ia menyebutkan, meskipun kondisi sudah kondusif tapi tim satuan tugas masih disiagakan di setiap lokasi kejadian untuk mempercepat proses evakuasi dan penanggulangan bila terjadi banjir susulan.

"Penyiagaan petugas dilakukan seiring analisa dari Stasiun Meteorologi BMKG Klas I Radin Inten yang menyebutkan, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir masih berpotensi mengguyur Bandar Lampung dan sekitarnya hingga dua hari ke depan atau sampai Minggu," tutur Abdul Muhari.

Atas kondisi tersebut, BNPB menghimbau, masyarakat setempat untuk mempertebal kewaspadaan, begitupun pemerintah daerah yang diharapkan dapat mengintensifkan pengawasan pemukiman yang ada di kawasan perbukitan.

"Bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam harap segera evakuasi warga di kawasan perbukitan ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Bandar Lampung

Ilustrasi suasana banjir rob di dekat kawasan tanjung emas
Ilustrasi suasana banjir. (Foto :Titoisnau)

Sebelumnya, hujan deras mengakibatkan banjir di Kota Bandar Lampung, Lampung, pada Jumat 12 April 2024. Berdasarkan laporan BNPB, banjir merendam 789 rumah.

Pusdalops BNPB menyebut banjir dipicu oleh intensitas curah hujan tinggi yang terjadi Jumat pukul 02:00 WIB. Wilayah terdampak banjir meliputi Kelurahan Pesawahan di Kecamatan Teluk Betung, Kelurahan Gedung Pakuan dan Pesawahan di Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kelurahan Bakung dan Olok Gading di KecamatanTeluk Betung Barat. 

Informasi dari BPBD Kota Bandar Lampung, banjir di sejumlah wilayah kota Bandar Lampung berangsur surut. Penanganan banjir Tim Satgas BPBD Kota Bandar Lampung melakukan upaya evakuasi pada warga yang rumahnya terendam, dan pengeringan banjir dengan pompa.

Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kota Bandar Lampung pada Sabtu (13/4/2024) pada siang hari berawan dan sore hari hujan, sedangkan pada Minggu (14/4/2024) kondisi cuaca berawan siang harinya, pada sore cuaca hujan disertai petir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya