Survei Proximity: 61,7 Persen Warga Jakarta Tidak Puas dengan Kinerja Heru Budi

Whima memaparkan hanya sedikit masyarakat yang menyatakan puas dengan kinerja Heru Budi selama memimpin Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 31 Mei 2024, 09:13 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 09:13 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyoal Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022 DKI Jakarta. (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Proximity Indonesia merilis hasil survei tentang evaluasi pemerintahan DKI Jakarta periode 2022-2024. Hasilnya, mayoritas warga Jakarta tidak puas dengan kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Data menunjukan bahwa lebih dari 60 persen (tidak puas 51,50 persen dan sangat tidak puas 10,60 persen) masyarakat Jakarta menyatakan ketidakpuasannya pada kinerja Pejabat Gubernur Heru Budi Hartono," kata CEO Proximity Indonesia Whima Edy Nugtoho dalam konferensi pers di kawasan Petamburan, Jakarta Barat, Kamis 30 Mei 2024.

Whima memaparkan hanya sedikit masyarakat yang menyatakan puas dengan kinerja Heru Budi selama memimpin Jakarta. Presentase-nya kurang dari 40 persen dengan rincian 34,60 persen menyatakan puas dan 3,60 persen menyatakan sangat puas.

"Secara umum masyarakat menilai bahwa Jakarta tidak mengalami perkembangan siginifikan di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Heru Budi Hartono," ujar Whima.

Total, ada 48,60 persen warga Jakarta yang menilai perkembangan Jakarta di bawah kepemimpinan Heru Budi sama saja.

Lalu, ada 16,30 persen warga lainnya yang menyatakan perkembangan Jakarta semakin baik sejak dipimpin Heru Budi. Sementara itu, 35,10 persennya menilai perkembangan Jakarta justru semakin buruk saat dipimpin Heru Budi.

Warga Jakarta menilai pengangguran, pengendalian harga kebutuhan pokok, masalah pemberantasan korupsi, dan pendidikan menjadi persoalan yang perlu diselesaikan oleh pemerintahan Jakarta untuk lima tahun ke depan.

"Sementara persoalan lain seperti kesehatan, kemacetan, infrastruktur dan lain-lain mendapatkan presentase kurang dari 5 persen," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Metode Survei

Adapun survei, dilakukan Proximity Indonesia pada periode 16 hingga 25 Mei 2024 dengan populasi survei adalah seluruh warga Jakarta yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Metode pengambilan data dilakukan melalu wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat kesalahan atau Margin of Error (MOE) ±3,46 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kemudian, sampel responden tersebar secara proposional pada 80 kelurahan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Infografis Ragam Tanggapan Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya