Manchester United Pantau Eddie Howe, Bersiap Ganti Erik ten Hag?

Manchester United dilaporkan menaruh minat pada Eddie Howe dari Newcastle United karena posisi Erik ten Hag terus dipertanyakan di Old Trafford.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 27 Sep 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 09:00 WIB
Foto: Tundukkan MU via Drama Adu Penalti, Man City Sabet Trofi Community Shield 2024
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberi instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Manchester City pada laga Community Shield 2024 di Wembley Stadium, London, Sabtu (10/8/2024). (AP Photo/David Cliff)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United dilaporkan menaruh minat pada Eddie Howe dari Newcastle United karena posisi Erik ten Hag terus dipertanyakan di Old Trafford.

Setan Merah mengalami awal musim yang tidak konsisten di bawah arahan pelatih asal Belanda tersebut, yang kini memasuki tahun ketiganya di Theatre of Dreams. Mereka hanya mampu meraih kemenangan dalam dua dari lima pertandingan pembuka Liga Premier.

Hasil imbang tanpa gol melawan Crystal Palace di Selhurst Park pada hari Sabtu menempatkan Man United di posisi ke-11 klasemen sementara, tertinggal empat poin dari Arsenal yang menduduki posisi keempat.

Spekulasi mengenai masa depan Ten Hag semakin menguat menyusul kekalahan telak 3-0 yang diderita Setan Merah di kandang sendiri melawan rival abadi Liverpool sebelum jeda internasional.

Namun, kemenangan meyakinkan 3-0 atas Southampton dan kemenangan besar 7-0 melawan Barnsley baru-baru ini sedikit mengurangi tekanan yang dihadapi mantan pelatih Ajax tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terdapat Celah Untuk MU Merekrut Eddie Howe

Foto: 5 Klub Liga Inggris yang Dinahkodai oleh Pelatih Lokal pada Musim Ini
Newcastle United menunjuk Eddie Howe sebagai pelatih kepala menggantikan Steve Bruce pada tahun 2021. Sejak kehadirannya, The Magpies dinilai cerdik dan efektif untuk melakukan transfer pemain. Hingga pekan kesembilan, Howe berhasil membawa Newcastle menempati posisi keenam dengan raihan 14 poin. (AFP/Paul Ellis)

Berdasarkan laporan dari Football Insider, serangkaian kemenangan belakangan ini tampaknya tak menghentikan Manchester United untuk tetap memantau beberapa kandidat potensial pengganti Erik ten Hag.

Disebutkan bahwa Setan Merah masih mengamati perkembangan situasi Eddie Howe di Newcastle United. The Magpies saat ini berjuang keras untuk kembali ke kompetisi Eropa setelah finis di peringkat ke-7 pada musim 2023-24.

Terungkap bahwa Howe, yang sebelumnya melatih AFC Bournemouth, sedang mengalami ketegangan hubungan dengan direktur olahraga Newcastle, Paul Mitchell. Keduanya dikabarkan berselisih paham selama beberapa bulan terakhir.

Howe merasakan pengaruhnya dalam proses perekrutan pemain telah berkurang secara signifikan. Bahkan, sang pelatih dan Mitchell dilaporkan belum berkomunikasi sejak berakhirnya bursa transfer musim panas lalu.

Di sisi lapangan, Newcastle United mencatatkan awal musim yang cukup solid. Mereka kini menempati posisi ke-6 klasemen Liga Premier setelah meraih tiga kemenangan dari lima pertandingan awal mereka.


Memiliki Karakter Menarik

Eddie Howe
Calon pelatih Timnas Inggris berikutnya adalah Eddie Howe. Howe sendiri bisa dikatakan salah satu pelatih muda yang naik daun di Inggris. Namun sang pelatih dilaporkan masih berkomitmen untuk menangani The Magpies, sehingga kemungkinan tidak mau mengambil pekerjaan ini. (Adrian DENNIS / AFP)

Mengingat Ten Hag belum sepenuhnya meyakinkan jajaran petinggi Manchester United akan kemampuannya sebagai solusi jangka panjang di posisi manajer yang penuh tekanan, langkah untuk mengamati situasi kompleks Howe di Newcastle terasa masuk akal.

Pelatih berusia 46 tahun tersebut memiliki catatan prestasi yang mengesankan di kancah Liga Premier Inggris bersama Bournemouth dan Newcastle. Ia berhasil mentransformasi klub terakhirnya dari tim yang terancam degradasi menjadi pesaing kuat di Liga Champions.

Citra positif Howe di media disebut-sebut menjadi faktor penarik utama bagi Manchester United. Klub ini selalu mencari sosok berkarakter kuat untuk mengelola dan melindungi ruang ganti yang dipenuhi bintang-bintang ternama.

Setan Merah juga dikabarkan tengah menjajaki opsi-opsi lain sebagai pengganti potensial Ten Hag. Salah satunya adalah upaya untuk menarik minat pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya